• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Rabu, 17 April 2013

Unit Memori

UNIT MEMORI DAN JENIS-JENISNYA

          Pada pertemuan ketiga untuk sesi sistem mikroprosesor kali ini, kita akan membahas tentang unit memori dan jenis-jenisnya yang biasa digunakan dalam sistem mikroprosesor. Sobat blogger tentu tidak asing lagi dengan memori kan !, dari namanya secara awam memori adalah komponen untuk menyimpan data, informasi, program dan sebagainya yang suatu saat bisa kita panggil atau buka lagi. Tapi untuk mengetahui lebih jelas tentang unit memori ini silahkan simak sajian berikut ini.

1.      Memori
         Memori merupakan komponen utama yang harus ada pada setiap sistem mikroprosesor. Dalam sistem digital memori adalah kumpulan dari beberapa sel yang dapat menyimpan informasi. Dalam hal ini memori adalah rangkaian elektronik yang dapat menyimpan dan memberikan/menyajikan kembali data atau informasi. 

          Ditinjau dari sistem akses ada dua jenis memori yaitu :
a.      Random Access Memory (RAM)
          Memori yang bisa diakses secara acak. Dalam hal ini RAM menyediakan layanan akses disembarang alamat tanpa syarat harus melewati alamat sebelumnya. Semua memori elektronik adalah RAM.

b.      Serial / Sequential Access Memory (SAM)
          Memori jenis ini ada yang memberi nama serial memori dan ada juga yang memberi sebutan sekuensial memori. Memori jenis ini menyediakan layanan akses secara seri. Artinya jika pada suatu waktu akses berada pada suatu lokasi alamat “n” ingin melanjutkan melakukan akses ke lokasi alamat “n+5” maka ia harus melalui akses alamat “n+ 1 sampai dengan alamat “n+4” baru masuk ke alamat “n+5”. Pita kaset audio adalah contoh memori kategori SAM.

          Kemudian ditinjau dari jenisnya, memori elektronik terdapat :
a.      Read Only Memory (ROM)
          Yaitu memori yang hanya bisa dibaca. Memoy jenis ini digunakan untuk menyimpan program atau data sehingga sering disebut dengan ROM BIOS yaitu jenis memori yang digunakan untuk menyimpan program basic input output. Memori yang tersipan pada ROM sifatnya permanen atau dalam istilah Non Volatile artinya isi memori tetap kendati sumber arus listrik tidak ada lagi. ROM hanya dapat diisi atau diprogram oleh pabrik. pembuatnya. Kelemahannya ROM tidak pleksibel untuk digunakan dalam berbagai keperluan

b.      Programmable Read Only Memory (PROM)
          Memori jenis ini memperbaiki kelemahan yang ada pada ROM. Pabrik dapat membuat ROM yang masih kosong dan dapat diprogram oleh user. Kelemahannya jika user ingin memperbaharui program atau data sudah tidak bisa lagi.

c.       Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM)
          Memori jenis menyempurnakan kelemahan dari PROM, program yang sudah diisikan dapat dihapus menggunakan sinar ultra violet dan dapat diisi atau diprogram kembali. Alat yang digunakan untuk menghapus data pada EPROM disebut UV Eraser. Ciri fisik dari EPROM ada celah jendela kaca pada bagian punggung IC. Sedangkan alat yang digunakan untuk memperogram EPROM dinamakan EPROM Programmer. Biasanya EPROM Programmer sudah berbasis komputer PC.

d.      Electrical Erasable Programmable Read Only Memory (EEPROM)
          Jenis memori yang menyempurnakan kekurangan EPROM yang membutuhkan alat khusus untuk memprogram dan menghapus isi memorinya. EEPROM tidak memerlukan alat khusus untuk menghapus atau memprogram. EEPROM menggunakan pulsa listrik untuk menghapus dan memprogram. EEPROM tidak memilki celah jendela kaca.

e.       Read Write Memory (RWM)
          Jenis memori yang sifatnya volatile dimana informasinya akan hilang jika sumber arus listrik yang diberikan padam.

2.      Random Access Memory
          Informasi biner dalam sebuah memori disimpan dalam sejumlah kelompok bit. Setiap kelompok bit disebut Word. Word adalah entitas bit yang bergerak ke dalam atau k eluar unit memori. Kebanyakan komputer menggunakan Word dalam kelipatan 8 bit yang disebut dengan Byte.
Bit : Binary Digit = angka biner
Byte : Susunan dari 8 angka biner (bit)
Nibble : Susunan dari 4 angka biner (bit)

          Komunikasi diantara memori dengan alat luar menggunakan :
Saluran/bus, yaitu  data input output dua arah
Saluran/bus alamat terpilih
Saluran kendali khusus yang menentukan arah aliran /transfer data.

          Sejumlah n saluran data input digunakan sebagai saluran layanan penyimpanan dan pengeluaran informasi. Sejumlah saluran kmenentukan sel-sel alamat yang diakses.
          Satu unit memori secara khusus menyatakan jumlah word yang dapat disimpan dan jumlah bit dari tiap-tiap wordnya. Saluran alamat memilih salah satu word. Setiap word di dalam memori ditemukenali oleh sejumlah saluran yang disebut Address. Alamat sebuah memori berada diantara 0 s/d 2 k – 1, dimana k = jumlah saluran address buss.



Gambar 1. Komunikasi Memori dengan Alat Luar


3.      Operasi Penulisan dan Pembacaan
          RAM dapat membentuk dua operasi yaitu :
Operasi Penulisan (Write) yaitu operasi pengalihan atau transfer data baru ke dalam sel-sel memori
Operasi Pembacaan (Read) adalah operasi pengalihan atau transfer data dari sel-sel memori ke luar.

          Tiga langkah yang harus dilakukan pada saat operasi penulisan :
Berikan alamat biner dari sel-sel word yang dituju pada saluran address buss.
Berikan bit-bit data yang akan disimpan pada saluran data buss
Aktifkan input Write.



          Dua langkah yang harus dilakukan pada saat operasi pembacaan :
Berikan alamat biner dari sel-sel word yang diambil pada saluran address buss.
Aktifkan input Read. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar