• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 04 April 2013

Simbol-Simbol Katup Pengontrol Aliran dan Tekanan

SIMBOL-SIMBOL (CARA PENGGAMBARAN) KATUP PNEUMATIK PENGONTROL ALIRAN DAN PENGONTROL TEKANAN

          Seperti yang telah disebutkan sebelumnya menurut fungsinya katup-katup pneumatik secara garis besar dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, yaitu: 1) katup pengarah atau directional way valve, 2) katup non-balik atau non-return valve, 3) katup pengontrol aliran atau flow control valve, 4) katup pengontrol tekanan atau pressure control valve5) katup penutup atau shut-off valve, dan 6) katup-katup kombinasi atau combination valves.
          Poin pertama dan poin kedua telah dibahas pada pertemuan keempat dan kelima, nah saat ini pada pertemuan keenam untuk sesi kontrol elektro pneumatik ini kita akan bahas poin yang ketiga dan keempat yaitu katup pengontrol aliran dan katup pengontrol tekanan. Oke tak pelu bertele-tele, entar sobat blogger keburu ngantuk langsung saja kita ikuti dan simak penjelasannya berikut ini.

3. Katup Pengontrol Aliran (Flow Control Valve)
          Katup pengontrol aliran adalah katup pneumatik yang berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara bertekanan yang masuk ke dalam silinder, sehingga gerakan piston dalam silinder bisa diperlambat ataupun dipercepat. Simbol-simbol atau cara penggambaran dari katup pengontrol aliran tersebut dapat digambarkan seperti pada gambar 1 dan  2 berikut ini.

 Gambar 1

Gambar 2

          Katup pada gambar 1 berfungsi untuk membatasi laju aliran udara bertekanan yang masuk ke dalam silinder, sehingga gerakan silinder dapat diperlambat. Sedangkan katup pada gambar 2 berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara bertekanan tetapi hanya satu arah saja, aliran dari lubang A ke lubang B dapat dikontrol, sementara aliran sebaliknya yaitu dari lubang B ke lubang A tidak dapat dikontrol.
          Gambar 3 adalah penerapan katup pengontrol aliran searah yang dapat disetel pada rangkaian penunda waktu. Waktu tunda dalam rangkaian pneumatik yaitu sela waktu antara operasi katup dan gerakan piston. Waktu tunda dapat dilakukan dengan cara menghubungkan seri katup pengontrol aliran searah dengan sebuah reservoir, seperti yang ditunjukkan pada gambar 3 berikut ini.

 Gambar 3 Rangkain Penunda Waktu

Rangkaian penunda waktu akan bekerja :
- Jika tombol tekan di katup 3/2 way ditekan, maka aliran udara yang dibatasi oleh katup pengontrol aliran searah akan perlahan-lahan masuk ke dalam reservoir.
- Tekanan terbentuk di dalam reservoir secara perlahan, sehingga menyebabkan waktu tunda.
- Ketika tekanan cukup tinggi, sehingga katup 5/2 way pada saat bekerja terjadi pelepasan udara dan menyebabkan piston memukul ke luar.
- Ketika tombol tekan pada katup 3/2 way kedua (yang sebelah kanan) ditekan, akan menggerakkan katup 5/2 way, sehingga terjadi pembuangan udara dan menyebabkan piston memukul ke dalam.

4. Katup Pengontrol Tekanan (Pressure Control Valve)
          Katup pengontrol tekanan adalah katup pneumatik yang berfungsi untuk mengontrol tekanan udara dengan cara mengatur laju udara pembuangan atau mengatur laju udara yang mengalir ke sistem pneumatik. Simbol-simbol atau cara penggambaran dari katup pengontrol tekanan dapat ditunjukkan seperti pada gambar 4 dan 5 berikut ini.

Gambar 4


Gambar 5

          Katup pada gambar 4 berfungsi untuk membatasi tekanan dengan cara mengatur laju udara pembuangan, sedangkan katup pada gambar 5 berfungsi untuk membatasi tekanan dengan cara mengatur laju udara yang mengalir ke sistem pneumatik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar