• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Jumat, 04 Oktober 2013

Prosedur Pengukuran/Pengujian Tahanan Isolasi Dengan Megger

PROSEDUR PENGUKURAN/PENGUJIAN TAHANAN ISOLASI DENGAN MENGGUNAKAN MEGGER (MEGA OHM) ANALOG

          Tahanan isolasi adalah tahanan yang terdapat diantara dua kawat saluran (kabel) yang diisolasi satu sama lain atau tahanan antara satu kawat saluran dengan tanah (ground). Pengukuran tahanan isolasi digunakan untuk memeriksa status isolasi rangkaian dan perlengkapan listrik, sebagai dasar pengendalian keselamatan. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur atau menguji tahanan isolasi suatu kabel adalah Megger (MegaOhm). Secara prinsip mengger terdiri dari dua kumparan V dan C yang ditempatkan secara menyilang seperti terlihat pada gambar1 di bawah ini. Kumparan V merupakan besarnya arus yang mengalir adalah E/Rp dan kumparan C merupakan besarnya arus yang mengalir adalah E/Rx. Rx adalah tahanan yang akan diukur. Jarum dapat bergerak disebabkan oleh perbandingan dari kedua arus, yaitu sebanding dengan Rp/Rx atau berbanding terbalik terhadap tahanan yang akan diukur.

Gambar 1. Diagram rangkaian sebuah Megger (MegaOhm)

          Variasi tegangan tidak akan berpengaruh banyak terhadap harga pembacaan, karena hasilnya tidak ditentukan dari sumber tegangan arus searah. Sumber tegangan arus searah adalah sumber tegangan tinggi, yang dihasilkan dari pembangkit yang diputar dengan tangan. Umumnya tegangannya adalah 100 V, 250 V, 500 V, 1000 V atau 2000 V. Sedangkan daerah pengukuran yang efektif adalah 0,02 sampai 20 MegaOhm dan 5 sampai 5.000 MegaOhm. Tetapi pada sekarang pengujian tahanan isolasi menggunakan sumber tegangan tinggi dari tegangan tetap sebesar 100 V sampai 1.000 V yang didapat dari baterai sebesar 8  V sampai 12 V dan disebut Megger dengan baterai (lihat gambar 2). Alat ini membangkitkan tegangan tinggi lebih stabil dibanding dengan yang menggunakan generatar diputar dengan tangan.

Gambar 2. Konstruksi Megger menggunakan baterai

          Seperti yang ditunjukkan pada gambar 2, bagian-bagian external megger ini dijelaskan sebagai berikut:
(1) Jarum penunjuk
(2) Kaca, difungsikan untuk mengeliminir kesalahan parallax dalam pembacaan.
(3) Skala
(4) Check baterai
(5) Tombol pengaktif meter
(6) Lubang line untuk colok oranye dan lubang earth untuk colok hitam
(7) Probe meter dengan penjepit
(8) Probe meter runcing, juga sebagai pencolok pengecekan beterai.

A. Pengukuran Tahanan Isolasi
          Pengukuran tahanan isolasi untuk perlengkapan listrik dapat menggunakan megger, yang mana pengoperasiannya pada waktu perlengkapan rangkaian listrik tidak bekerja atau tidak dialiri arus listrik. Secara umum bahan isolasi yang digunakan sebagai pelindung dalam saluran listrik atau sebagai pengisolir bagian satu dengan bagian lainnya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Harga tahanan isolasi
antara dua saluran kawat pada peralatan listrik ditetapkan paling sedikit adalah 1000 x harga tegangan kerjanya. Misal tegangan yang digunakan adalah 220 V, maka besarnya tahanan isolasi minimal sebesar : 1000 x 220 = 220.000 Ohm atau 220 KOhm. Ini berarti arus yang diizinkan di dalam tahanan isolasi 1 mA/V. Apabila hasil pengukuran nilai lebih rendah dari syarat minimum yang sudah ditentukan, maka saluran/kawat tersebut kurang baik dan tidak dibenarkan kalau digunakan. Waktu melakukan pengukuran tahanan isolasi gunakan tegangan arus searah (DC) sebesar 100 V atau lebih, hal ini dimaksudkan untuk dapat mengalirkan arus yang cukup besar dalam tahanan isolasi. Di samping untuk menentukan besarnya tahanan isolasi, nilai tegangan ukur yang tinggi juga untuk menentukan kekuatan bahan isolasi dari saluran yang akan digunakan. Walaupun bahan-bahan isolasi yang digunakan cukup baik dan mempunyai tahanan isolasi yang tinggi, tetapi masih ada tempat-tempat yang lemah lapisan isolasinya, maka perlu dilakukan pengukuran.

B. Prosedur Pengujian Tahanan Isolasi
          Sebelum menggunakan alat pengujian tahanan isolasi perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Melakukan pengecekan kondisi batere megger dengan menghubungkan colokan oranye ke line dan B check (lihat gambar 3). Baterai masih dalam kondisi baik, jika jarum menunjuk pada tanda huruf B di peraga megger (lihat gambar 4).

Gambar 3. Pengecekan kondisi bateray megger

Gambar 4. Bateray dalam kondisi masih baik

2. Meter siap digunakan, dengan menghubungkan colokan oranye ke lubang line dan colokan hitam ke lubang earth (lihat gambar 5).

Gambar 5. Megger siap digunakan

3. Yakinkan bahwa kawat/kabel yang akan diukur tahanan isolasinya tidak terhubung dengan sumber tegangan (tidak berarus).
4. Hubungkan colokan oranye dan colokan hitam dengan ujung-ujung kawat/kabel yang akan diukur tahanan isolasinya, kemudian tekan tombol pengaktif megger dan baca penunjukkan jarum (lihat gambar 6).

Gambar 6. Mengukur/menguji tahanan isoasi kabel

C. Pengujian Tahanan Isolasi Pada Instalasi Listrik
          Jika kawat/kabel listrik terdiri dari dua kawat saluran misal kawat fasa (P) dan kawat netral (N), maka tahanan isolasinya adalah : 
(1) antara kawat fasa (P) dengan kawat netral (N),
(2) antara kawat fasa (P) dengan tanah (G), 
(3) antara kawat netral (N) dengan tanah (G). 
          Pada saat melakukan pengukuran tahanan isolasi antara fasa (P) dan netral (N), hal pokok yang perlu diperhatikan adalah memutus atau membuka semua alat pemakai arus yang terpasang secara paralel pada saluran tersebut, seperti lampu-lampu, motormotor, voltmeter, dan sebagainya. Sebaliknya semua alat pemutus seperti : kontak, penyambung-penyambung, dan sebagainya yang tersambung secara seri harus ditutup.

Gambar 7. Pengujian tahanan isolasi antara fasa (P) dengan netral (N)

          Di samping digunakan untuk mengetahui keadaan tahanan isolasi, juga untuk mengetahui kebenaran sambungan yang ada pada instalasi. Jika terjadi sambungan yang salah atau hubung singkat dapat segera diketahui dan diperbaiki. Gambar 8 dan 9 di bawah ini mencontohkan pengujian tahanan isolasi pada instalasi listrik bangunan baru.

Gambar 8. Pengujian tahanan isolasi antara fasa (P) dengan tanah (G)

Gambar 9. Pengujian tahanan isolasi antara netral (N) dengan tanah (G)

Sedangkan untuk pengujian tahanan isolasi antara jaringan instalasi dengan tanah/ground (G), hal pokok yang perlu diperhatikan adalah memasang semua alat pemakai arus yang terpasang secara paralel pada saluran tersebut, seperti lampu-lampu, motormotor, voltmeter, dan sebagainya. Semua alat pemutus seperti : kontak, penyambung-penyambung, dan sebagainya yang tersambung secara seri harus ditutup.

Gambar 10. Pengujian tahanan isolasi antara instalasi dengan tanah (G)

115 komentar:

  1. nilai minimum :

    1000 Ohm (1 kOhm) setiap 1 Volt tegangan Kerja
    Jika tegangan kerja 220 V, berarti minimum tahanan isolasi adalah

    1000 Ohm x 220 = 220000 Ohm atau 220 kOhm

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, jika inputnya pake tegangan 24 DC cara ukurnya apakah sama ,,1000 x 24 = 24.000 ohm = minimum 24 kohm

      Hapus
    2. Bagaimana cara pengukuran tahanan isolator tegangan tinggi

      Hapus
    3. Referensi dari mana yg menyebutkan 1000 ohm utk tiap 1 volt tegangan kerja.
      Terimakasih

      Hapus
  2. gan, kenapa pada saat fasa dan netral semuanya dilepas dan kenapa pada saat ground semuanya malah dipasang? tujuan dan prinsip dasarnya gimana? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat pengukuran tahanan isolasi antara fasa atau netral dengan ground semua saklar dan beban dilepas agar tidak ada kontak antara kabel fasa atau netral dengan tanah melalui beban yang digoundkan. Sedangkan pada saat pengukuran tahanan isolasi antara instalasi dengan gound semua saklar dan beban ditutup agar terdeteksi jika terjadi kebocorn arus dari instalasi ke tanah.

      Hapus
    2. Pak Margiono, mohon jawabannya. Apa perbedaan antara pengukuran isolasi antara phasa atau netral dengan ground dengan pengukuran tahanan isolasi antara INSTALASI dengan ground.. makasih banyak pak sebelumnya.

      Hapus
    3. Perbedaannya pada kabel instalasi yang diukur tahanan isolasinya, kabel untuk phasa dan kabel untuk netral kan masing-masing (berbeda)

      Hapus
    4. Pak bagimana kalau tahanan isolasi untuk trafo 380 volt , bagaimana cara pengujiannya jika terdapat masalah ? Mohon dibals
      Trmhksh

      Hapus
    5. makna hasil pengukuran panjang kabel (5000 ± 5) mm

      Hapus
  3. Gan..!! untuk fase atau netral dgn grounding, yg colokan grounding dihubungkan kmn?, trus yg installasi dgn grounding colokan installasinya menggunakan kabel fase test megger, trus yg installasi di hubungkan ke kabel mana Netral ap fasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. colokan earth dihubungkan ke tanah, trus yang colokan line dihubungkan ke salah satu kabel instalasi boleh kabel fasa atau netral

      Hapus
  4. gan,untuk tahanan isolasi klo dari phasa ke netral ukuran bagusnya (layak pakai), tetep 220K atau biasanya lebih kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. itukan minimum berarti palaing kecil, kalau di bawah itu berarti belum memenuhi syarat

      Hapus
    2. Gan kalo pengukuran tahanan antara phase dengan grouds batasan maksimal yg maseh boleh digunakan berapa?

      Hapus
  5. Gan maaf sy masih bingung, mengenai ketika pengukuran antara fasa P dgn N maka semua kontak /pemutus atau yg lain'y yg terhubung secara seri harus ditutup, maksud ditutup ini apa saklar di kondisi on atau off?

    & juga ketika pengukuran antara installasi dengan earth/ground knp sama juga kontak2nya ditutup, padahal dilihat dri gambar Agan ini yg tersambung Seri ada yg diberi silang & ada yg tdk.. sy bingung itu maksud'y bagaimana Gan?.

    kan penjelasan Agan ini pengetesan antara P&N juga instalasi & E .. semua kontak2 yg seri sama2 ditutup dari dua pengetesan itu, tapi kenapa gambar ada yg di SILANG & ada yg tdk kontak2 yg terpasang secara Seri tersebut ?

    Mohon penjelasan'y ya Gan karena sy masih awam :)

    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Maksud ditutup itu dihubungkan atau di-on-kan
      - Tanda silang dalam lingkaran itu simbol lampu lebih dari satu, sedangkan lingkaran yg gak diberi silang itu simbol hanya sebuah lampu,
      - Sebaiknya belajar lagi simbol-simbol listrik bro....

      Hapus
  6. Nah klo dlm ruangan bgmn cara pentanahan'y ga?.. oiya gan tolong jelaskan jg secara lengkap cara penggroundingan untuk membuang daya sisa ketika instalasi/panel di off kan?

    Mohon jwb'n nya?

    BalasHapus
  7. Ya sama saja, dalam ruangan kan ada lantai yg terhubung ke tanah. Daya sisa itu biasanya tersimpan dalam kapasitor yang terhubung ke beban, tapi kalau beban sudah diputus berarti pada jaringan instalasi tidak ada lagi daya sisa.

    BalasHapus
  8. Kalo data pengukuran isolasi trafo 13,8 kv ada nggak om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dibahas dalam buku "Merancang dan Membuat Trafo Daya Kecil", silahkan baca di buku tersebut

      Hapus
  9. Kalau untuk yang 3 fasa gmna gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja dengan pengukuran tahanan isolasi pada jaringan 1 fasa, cuman pada jaringan 3 fasa ada tiga kabel phasa yang harus diukur yaitu phasa R, S dan T. Kalau pada jaringan1 fasa kan hanya 1 kabel phasa

      Hapus
  10. Ukuran penampang minimal hantaran pentanahan tembaga tanpa pelindung mekanis berapa min?

    BalasHapus
  11. Pak besar tahanan isolasi kabel instalasi yg diperbolehkan menurut PUIL itu brp?

    BalasHapus
  12. Pak. Mugiono, kalau megger apakah ujung kabel yang satu dengan yang lain perlu d lepas semua, maksudnya ujung kabel satu d lepas dr instalasi lampu yg sdh terpasang, dan ujung kabel satunya lagi juga d lepas dr mcb, apa salah satu saja yg harus lepas,
    dan apakah bisa kalau tanpa d lepas, apakah bisa kalau salah satu saja yg d lepas, yaitu yg di mcb saja yg lepas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedua kabel harus dilepas dari sumber dan dari beban, seperti terlihat pada gambar-gambar di atas

      Hapus
  13. Pengujian karakteristik beban listrik gimana ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengujian karateristik beban listrik lain lagi alat ukurnya, untuk beban resistif, induktif atau kapasitif biasanya menggunakan osiloskop.

      Hapus
  14. numpang tanya pak. Kalau panel tegangan menengah itu tegangan yang masuk dc ataukah ac? lalu apakah ada perbedaan antara pengujian tahanan isolasi dengan sumber dc dengan sumber ac? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yang disuplai pada panel tegangan menengah adalah AC,tetapi kalau memang diperlukan bisa saja disuplai dengan DC. Tidak ada perbedaan pengujian tahanan isolasi antara kabel AC dan kabel DC(prosedurnya sama).

      Hapus
  15. Mohon petunjuk dan koreksi: sesuai gmbr.7
    apabila yg di uji lampu TL/Neon.
    thp1.matikan power dr panel LV.
    thp2.neon apakah perlu dilepas. sedangkan mau megger ph+netral. apakah neon tidak rusak. pd gmbr.7 voltmeter tidak dilepas apakah akan rusak atau tidak sedang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semua beban listrik harus dilepas termasuk alat ukur voltmeter, kecuali batas ukur voltmeter tersebut sesuai dengan tegangan megger

      Hapus
  16. Pak mau tanya, kenapa pengukuran tahanan isolasi dari 1 menit ke 10 menit nilainya menjadi lebih besar? Dan kenapa pengukuran kipas trafo, satunya disambung pada kontaktor dan satunya lagi di body tempat kontaktornya? Itu untuk mengetahui isolasi yg dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Perubahan nilai tahanan itu akibat pengaruh suhu, karena semakin lama isolasi kabel semakin panas.
      2. Untuk mengetahui tahanan isolasi body kontaktor, apakah ada kebocoran isolasi atau tidak.

      Hapus
  17. Maaf pak mohon koreksi kalau salah, dari hasil nilai nominal yang dijelaskan pada pembahasan diatas tidak ada memperhitungkan panjang dari cabel itu sendiri. apakah sama nilai nominalnya jika panjang cable berbeda soalnya banyak perusahan yang memakai standar IEEE untuk Minimum Acceptance Insulation Resistance Value yaitu dengan rumus 1000(KV+1)/(L/0,3048) dengan KV : Cable Voltage Rate Rating, L : Length Of Cable in meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya anda benar, klu mnggunakan standar IEEE memang diperhitungkan scara detil spt demikian. Penjelasan saya diatas hnya scara garis besar berdasarkan PUIL 2000

      Hapus
  18. Pak mau tanya, bagaimana cara mengukur tahanan isolasi koduktor/penghantar 150kV jika masih terdapat induksi (cara yg dilakukan menggrounding utk beberapa saat namun induksi tetap ada dikarnakan konduktor sisi sebelahnya bertegangan). Alat ukur yg digunakan tersedia "guard" tapi blm paham cara menggunakannya. Mohon jawabannya pak terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat mengukur tahanan isolasi jaringan harus tidak bertegangan atau sumber tegangan listrik harus dimatikan. jadi klu masih bertegangan hasilnya tidak akan akurat

      Hapus
  19. Om mau tanya kenapa hasil pengukuran tahan isolasi 3 fasa dri menit ke 1 sampai menit ke 10 hasil ukur semakin naik?? Dikarenakan faktor apa ya??

    BalasHapus
  20. Salam Sejahtera,

    Kami PT. Mektan Babakan Tujuh Utama
    Perusahaan Suplaier Pengadaan Barang
    Kontraktor, Pelaksanaan Bangunan Teknik Sipil
    Konsultan Rekayasa Teknik Sipil
    Fakultas Teknik Jurusan Sipil
    Politeknik Bangunan
    SMK jurusan Bangunan/Teknologi

    Perusahaan jasa Laboratorium Geoteknik
    Dinas Pekerjaan Umum
    Kabupaten, Kota, Dan Provinsi
    Bina Marga, Pengairan dan Cipta Karya

    HUBUNGI KAMI DI :

    PT.Mektan Babakan Tujuh Utama
    Jl. Raya Batujajar Blok. A No.1, Puspa Regency, Bandung Barat 40561
    022-686.6302
    081.220.636.447/0878.2553.3347

    Email :
    Mektan1974@yahoo.com
    mbtoriginal@yahoo.com

    Website :
    www.mektan.com
    www.mbtoriginal.com
    www.alatlabsipil.com

    BalasHapus
  21. Pak mau tanya menghitung tahanan isolasi pada trafo apa sama caranya dengan yang diatas?

    BalasHapus
  22. Ya sama, tapi klu utk trafo tah minimal per volt standardnya lebih tinggi sekitar 5000 ohn per volt teg kerja

    BalasHapus
  23. gan saya mau tanya?saya punya stator generator untuk mengetahui kalau stator masih layak digunakan bagaimana?kalau saya ukur ohm antar phase menunjukan 0.000 di avo digital.itu kan karena lilitan kawatnya besar jadi ohm menunjukan 0.000.apa benar begitumas yrim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk mengetahui hubungan kontak antar phasa kumparan stator ya benar spt itu, tapi klu utk mengetahui kebocoran tahanan isolasi kawat kumparan ya harus pakai negger

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  26. saya mau nanya mengenai penjelasan di atas . di atas bpk menjelaskan bhwa tidak ada pebedaan mengenai pengujian isolasi pada alat yang bekerja di teganan Ac atau Dc. pertanyaan saya " kenapa uji isolasi menggunakan teganagan Dc??" lalu apa bedanya uji isulation tester dengan uji Hipot tester?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena alat utk nenguji tahanan isolasi (megger) saat ini banyak menggunan sumber DC

      Hapus
  27. Pak mau tanya, apa dasar pengukuran IP kenapa ambilnya perbandingan menit ke 1 dan ke 10? Lalu range standar IP yg benar beserta kategorinya berapa? Trims

    BalasHapus
  28. ninggalin jejak, mksh ilmunya

    BalasHapus
  29. Mas mau nanya nih
    Saya megger motor induksi tegangan kerja 380vac 15kw menggunakan megger digital Kyoritsu
    Saya megger terminal V-Ground, V-U,dan V-W dengan skala 2000Megaohm, hasilnya terbaca sama semua "OL",
    Sementara terminal yang lain U-Ground hasilnya 1500 dan 44 Megaohm,
    Yang OL tadi maksudnya apa ya mas, makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Overload, maksudnya range skala gak mencukupi shg hasil gak terbaca, jdi range skala harus dibesarkan lagi

      Hapus
  30. maaf mau tanya kalau pengujian tahanan instalasi dengan ground bacaan pada alat bagusnya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk teg 220v minimal 220 KOhm, utk teg 380v minimal 380 KOhm, jika lebih besar lebih bagud

      Hapus
  31. Pak klo mengukur dengan megger dan mengenai hasilnya yang baik itu lebih besar atau lebih kecil

    BalasHapus
  32. Gan infonya ya,untuk mengukur tahanan isolasi kabel hv yang sdh terpasang di lokasi,berapa jarak minimal konduktor yg dimegger dengan tegangan live 20kv untuk tidak mempengaruhi hasil megger

    BalasHapus
  33. Pak mau tanya, Apakah yang terjadi jika dalam pengukuran
    terdapat hasil data sama dengan “nol” dan jelaskan pula apakah yang terjadi jika tahanan
    isolasi sama dengan “∞” ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hasilnya 0 brrt isolasi kabel bocor dan tdk mmnh syarat. Jika hasilnya tak terhingga brrt isolasi kabel sangat bagus dan sangat mmnh syarat

      Hapus
  34. Pak maaf mau tanya, lalu apa yg harus dilakukan, setelah megger test, tahanan isolasi tidak memenuhi syarat? Apakah dirombak isolatornya atau gimana pak?

    BalasHapus
  35. Oiya,generator di poweplant saya bekerja, type generator AC tiga pahase, excitaci methodnya = AC brushless, katanya brushless, tapi kok di deket slip ring generator di pasang brush pak? Hitam hitam kayak semacam arang hangus2 gitu, saya pegang saya ambil jari saga ikut kotor hangus pak, mungkin itu semacam sikat arang(brush) ya pak..trs maksud nya gimana pak? Excitaci brushless tp kok di pasang brush? Pada area deket slip ring rotor generator, brush itu

    BalasHapus
  36. Di generator juga ada main exciter nya pak, pmg (pilot exciter) juga ada pak, panel avr juga ada pak, pilot(pmg)-AC--> silicon rectifier -DC--> AVR --> main exciter-AC--> rotating rectifier-DC--> Rotor winding, maaf pak boleh minta penjelasan maksud dari alur excitasi tersebut gg pak? Dari jalur excitaci trsbt kok bisa generator menghasilkan arus AC? sedangkan arus akhir excitaci ke rotor winding adalah DC?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca di buku sistem pembangkit tenaga listrik

      Hapus
  37. Pak mau tanya,bagaimana jika terdapat hasil data sama dengan nol .maksudnya apa pak ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scroll ke atas sdh pertanysan spt itu dan sdh dijawab

      Hapus
  38. Mau nanya pak , untuk standar pengujian tahanan isolasi itu berapa ya pak ?

    BalasHapus
  39. Pak mohon penjelasannya, berapakah batasan panjang jaringan maksimal yang bisa diukur oleh megger? bagaimana ketentuannya mengenai batas ukur ini?.. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batasan panjang gak ada, yg penting tegangan kerja instalasi ditempat yg kita ukur memenuhi standard teg nominal, utk instalasi penerangan teg kerja min 2% x Vn, utk instalasi tenaga teg kerja min 5% x Vn

      Hapus
  40. Pak mau tanya, apakah kondisi motor yg di megger digital dg terbaca OL itu kondisi motor maaih layak pakai? Dan harus range brp?

    BalasHapus
  41. Apakah motor yg kita megger dg megger digital terbaca OL itu masih layak pakai? Dan harus range brp pada megger?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. OL itu Over Limit berarti sudah melawati batas range pengukuran di megger.

      Hapus
  42. Kalau pengukuran trafo 11kV apakah perkalianya tetap 1000π ?

    BalasHapus
  43. Pak bisa bertanya? standar pengukuran tahanan isolasi di sisi 150 kv hasil yang bagus brp yaa?

    BalasHapus
  44. Pak, saya mau nanya saya melakukan pengukuran pda elctromotor 200kw dengan menggunakan megger digital , saya ukur antar phase nilainya 0.05 sekian dengan ada indikasi display merah pak apakah dengan nilai segitu posisi motor aman?
    Posisi electromotor baru dapat di rewainding..trma kasih

    BalasHapus
  45. Pak, saya mau nanya saya melakukan pengukuran pda elctromotor 200kw dengan menggunakan megger digital , saya ukur antar phase nilainya 0.05 sekian dengan ada indikasi display merah pak apakah dengan nilai segitu posisi motor aman?
    Posisi electromotor baru dapat di rewainding..trma kasih

    BalasHapus
  46. Tanya pak, kalau megger Fasa ke Netral tapi tidak melepas bola lampu, hanya mematikan saklar apa bisa ?

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Maaf mau nanya. Kenapa untuk pengukuran antara fasa (primer) dan fasa-netral (sekunder) nilainya harus 0 ya? Makasi

    BalasHapus
  49. Maaf mau tanya sya punya genset 20kva 380v, bru selesai di repaire gulungan setelah sya megger antara R-S, R-T, S-T, R-N, S-N, T-N, bgus semua tpi R-G=21 Megaohm, S-G=22megaohm, T-G= 21 mega ohm, N-G=23 mga ohm di ukur pada range 500Volt bgus apa jelek pak thanannya mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai IEEE 43.2000, insulation winding dibawah nilai standard, perlu di lakukan cek lebih lanjut dari teknis pengerjaan rewinding, spesifikasi dan sertifikasi.

      Hapus
  50. Gan, kalo ada link video lengkapnya boleh lihat??

    Terimakasih

    Salam kenal
    Jasa Instalasi Listrik Bandung

    BalasHapus
  51. kalau instalasi listtik pakai sambungan nya lasdop bukan isolasi apakah bisa dimager bagus hasil nya.

    BalasHapus
  52. Bagian instalasi listrik yang tidak dikukur tahanan isolasinya adalah….


    Pilih salah satu:
    a. Antara penghantar fase dengan penghantar nol
    b. Antara penghantar netral dengan ground
    c. Antara penghantar fase dengan fase
    d. Antara penghantar netral dengan netral
    e. Antara penghantar fase dengan penghantar pengaman

    BalasHapus
  53. Sebuah rangkaian listrik pada ruangan lembab memiliki tegangan kerja 220 V. Nilai tahanan isolasi paling minimal pada rangkaian listrik tersebut adalah:


    Pilih salah satu:
    a. 2.2 kΩ
    b. 2200 Ω
    c. 22 kΩ
    d. 220 kΩ
    e. 220 Ω

    BalasHapus
  54. Sebuah instalasi listrik 220 V diukur tahanan isolasinya yaitu antara penghantar fasa dan penghantar netral. Didapatkan hasil pengukuran sebesar 15 kΩ. Kondisi dari keadaan tersebut adalah….


    Pilih salah satu:
    a. Kondisi instalasi dalam keadaan baik dan tahanan baik
    b. Kondisi instalasi dalam keadaan baik dan tahanan normal
    c. Kondidi instalasi dalam keadaan baik dan tahanan buruk
    d. Kondisi instalasi dalam keadaan buruk dan tahanan buruk
    e. Kondisi instalasi dalam keadaan buruk dan tahanan baik

    BalasHapus
  55. Diketahui Instalasi listrik memiliki tegangan kerja sebesar 220 V, Jenis Tegangan megger yang cocok digunakan untuk mengukur tahanan isolasi pada rangkaian tersebut adalah

    BalasHapus
  56. Diketahui sebuah instalasi listrik memiliki tegangan kerja 380 V. Tegangan Kerja yang digunakan adalah 500 V. Tahanan isolasi minimal dari rangkaian listrik tersebut adalah….


    Pilih salah satu:
    a. 712000 Ω
    b. 615000 Ω
    c. 610000 Ω
    d. 722000 Ω
    e. 675000 Ω

    BalasHapus
  57. Bagian instalasi listrik yang tidak dikukur tahanan isolasinya adalah….


    Pilih salah satu:
    a. Antara penghantar fase dengan penghantar nol
    b. Antara penghantar netral dengan ground
    c. Antara penghantar fase dengan fase
    d. Antara penghantar netral dengan netral
    e. Antara penghantar fase dengan penghantar pengaman

    BalasHapus
  58. 1. Berikut adalah prosedur pengukuran tahanan isolasi untuk jenis megger metriso 5000 yang telah disusun secara acak

    A. Lakukan elektrikal zero check

    B. Mekanikal zero check pada kondisi megger off

    C. Pilih tegangan ukur melalui saklar

    D. Check batere apakah dalam kondisi baik

    E. Pasang kabel test ke peralatan yang diukur

    F. On-kan megger, baca tampilan pada skalanya

    Urutan prosedur penggunaan megger diatas adalah



    Pilih salah satu:
    a. A-C-B-E-D-F
    b. D-B-A-E-C-F
    c. D-A-B-C-E-F
    d. A-B-C-D-E-F
    e. D-F-C-A-B-E

    BalasHapus
  59. Perhatikan gambar di bawah ini

    gambar

    Gambar diatas adalah proses pengukuran isolasi instalasi listrik pada hubungan netral dengan ground. Jika jumper merah dan jumper hitam ditukar posisinya yang terjadi adalah….


    Pilih salah satu:
    a. Meger tidak akan bekerja
    b. Megger tidak akan menunjukkan hasil ukur
    c. Megger tetap menunjukkan hasil ukur yang sama
    d. Megger tetap menunjukkan hasil ukur yang sama
    e. Megger tetap akan berfungsi normal

    BalasHapus
  60. Sebutkan nilai tahanan isolasi minimum yang dipersyaratkan oleh puil 2011 untuk
    sirkit insatalasi dengan tegangan nominal 0-250V, 250-500V & 500-1000V

    BalasHapus
  61. Langkah apa yg saya ambil selaku pemeriksa,apabila dari hasil pengukuran tahanan isolasi kabel pelanggan tegangan menengah 20kV diperoleh angka sebesar 15.000 Ohm? Dan berapa minimal tahanan isolasi kabel TM 20kV tersebut

    BalasHapus
  62. Langkah apa yg saya ambil selaku pemeriksa,apabila dari hasil pengukuran tahanan isolasi kabel pelanggan tegangan menengah 20kV diperoleh angka sebesar 15.000 Ohm? Dan berapa minimal tahanan isolasi kabel TM 20kV tersebut

    BalasHapus
  63. Bagaimana cara mengukur resistansi dan isolasi?

    BalasHapus
  64. terimakasih atas penjelesannya gan...

    BalasHapus
  65. Pak mau tanya, jika di megger hasilnya 0 masalahnya di mana? Dan solusinya apa?

    BalasHapus
  66. mohon bimbingan nya pak mar....
    yg di maksud COMP pd megger dn fungsinya pak...???
    dn yg di maksud kalibrasi penggunaan merger

    BalasHapus
  67. mohon bimbingan nya pak mar....
    yg di maksud COMP pd megger dn fungsinya pak...???
    dn yg di maksud kalibrasi penggunaan merger

    BalasHapus
  68. mohon bimbingan nya pak mar....
    yg di maksud COMP pd megger dn fungsinya pak...???
    dn yg di maksud kalibrasi penggunaan merger

    BalasHapus
  69. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

    ? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
    ? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
    ? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
    ? Free Chips 1.500.000
    ? Free Chips 1.000.000
    ? Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    => Bonus Cashback 0.3%
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
    => Bonus New Member 10%
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

    • Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
    • Pusat Bantuan ituDewa

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ituDewa Livechat

    BalasHapus
  70. bagus kak, sharing materinya sangat bermanfa'at. saya suka.

    BalasHapus
  71. Pak Guru boleh tanya apakah ada list nya standard internasioanl nya utk hasil megger dan highpot yg tegangan kerja 20kV ...terima kasih

    BalasHapus
  72. Pak Guru boleh tanya apakah ada list nya standard internasioanl nya utk hasil megger dan highpot yg tegangan kerja 20kV ...terima kasih

    BalasHapus
  73. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Kaporit tablet,cair & serbuk
    Freon R 22 dll

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    Almunium
    Bata api std 230*114*65 mm
    Bata Api Sk 34 itu bs ketahanan 1400°
    Bata Api Sk 36 bs tahan 1600°
    Semen sk 34 dan 36
    Masing2 sama ketahanan suhunya

    BalasHapus