• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 08 Oktober 2015

Memperbaiki Motor Penggerak Peralatan Listrik Untuk Pertukangan

       Sudah lama rasanya penulis tidak mengisi artikel pada blog ini, oleh karena kesibukan penulis melakukan aktivitas pekerjaan. Tetapi kali ini penulis sempatkan untuk mengisinya agar ada pencerahan bagi pengunjung blog ini. Ok sobat pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang perbaikan motor penggerak peralatan listrik untuk pertukangan.
         Peralatan listrik pertukangan merupakan peralatan listrik yang digunakan untuk pekerjaan tukang baik tukang kayu, tukang besi, tukang batu dan tukang-tukang lainnya. Peralatan listrik pertukangan dapat dikelompokan menjadi 2 kelompok yaitu peralatan listrik yang berupa mesin stasioner (dipasang permanen) seperti mesin gergaji, mesin ketam, mesin router, mesin gerinda mesin bor dan sebagainya. Biasanya motor penggerak dari mesin-mesin pertukangan tersebut menggunakan motor induksi baik 1 fasa maupun 3 fasa.
       Kelompok yang kedua adalah peralatan tangan listrik portable yang mudah dibawa atau dipindah kemana-mana seperti gergaji tangan circle (hand circular saw), gergaji tangan pita (hand jig saw), ketam tangan listrik (electric hand planer), bor tangan listrik (electric hand drill), gerinda tangan listrik (electric hand grinder), router tangan listrik (electric hand router) dan sebagainya, seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar dibawah ini.

Gambar 1. Gergaji tangan circle (Hand circular saw)

Gambar 2. Gergaji tangan pita (Hand jig saw)

Gambar 3. Ketam tangan listrik (Electric hand planer)

Gambar 4. Bor tangan listrik (Electric hand drill)

Gambar 5. Gerinda tangan listrik (Electric hand grinder)

Gambar 6. Router tangan listrik (Electric hand router)

          Biasanya motor penggerak dari peralatan tangan listrik tersebut di atas menggunakan motor universal, yang merupakan motor DC serie yang diberi sumber listrik AC. Konstruksi dan bagian-bagian (komponen) dari motor universal yang digunakan pada peralatan tangan listrik tersebut seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Gambar 7. Konstruksi dan bagian-bagian motor universal

          Kerusakan yang sering terjadi pada motor penggerak peralatan tangan listrik tersebut diatas biasanya terjadi pada :

1. Kabel powernya, kerusakan pada komponen ini karena seringnya terjadi tarikan dan pemakaian sehingga kabelnya putus atau terlepas dari saklarnya. Kerusakan ini bisa ditasi dengan melakukan pengetesan hubungan kabel menggunakan multitester pada skala Ohm x1 atau x10. Jika jarum tidak bergerak atau tidak menunjuk angka tertentu berarti kabel putus atau ujung kabel terlepas dari saklarnya dan dapat diperbaiki dengan menyambungkannya kemabli. Tetapi jika putusnya kabel tidak diketahui posisinya, sebaiknya kabel power diganti dengan yang baru.

Gambar 8. Kabel power

2. Saklar On/Offnya, kerusakan pada komponen ini karena seringnya frekuensi pemakaian sehingga plat kontaknya aus atau per atau pegas spiralnya kendor. Untuk memperbaiki kerusakan pada komponen ini memang agak susah, karena biasanya saklar on/off ini telah dicor dengan material plastik sehingga tidak bisa dibuka. Maka salah satu cara mengatasinya adalah menggantinya dengan yang baru. Saklar on/off  ini juga telah beredar di pasaran dengan berbagai macam bentuk, tinggal kita sesuaikan saja dengan bentuk saklar on/off yang kita ganti. Salah satu contoh saklar on/off seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar 9. Saklar on/off

3. Sikat arangnya, komponen ini sering aus atau habis akibat gesekan dengan lamel-lamel komutator. Jika hal ini terjadi maka tinggal menggantinya dengan yang baru. Sikat arang ini banyak tersedia di pasaran baik yang hanya sikat arangnya saja maupun yang lengkap dengan pelat pemegangnya, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar 10. Sikat arang

Gambar 11. Sikat arang lengkap dengan pelat pemegangnya

4. Gulungan atau kumparan magnet pada inti stator, kerusakan pada kumparan ini akibat pemakaian yang terlalu lama secara terus menerus sehingga kawat gulungan menjadi terlalu panas dan terbakar. Untuk memperbaikinya ya harus digulung ulang dengan jenis kawat email, ukuran diameter kawat email dan jumlah lilitan yang sama dengan aslinya. Bila perlu diukur lebih dulu nilai tahanan dan beratnya sebelum dibongkar, supaya dihasilkan kumparan yang sesuai dengan aslinya.

Gambar 12. Kumparan magnet pada inti stator

Skema penyambungan kumparan magnet pada inti stator dengan angker (armature rotor) ditunjukkan seperti pada gambar berikut ini.


Gambar 13. Skema kelistrikan motor universal

5. Gulungan atau kumparan angker pada armature rotor, sama seperti pada kumparan magnet inti stator, kerusakan pada kumparan ini juga terjadi akibat pemakaian yang terlalu lama secara terus menerus sehingga kawat gulungan menjadi terlalu panas dan terbakar. Untuk memperbaikinya ya harus digulung ulang dengan jenis kawat email, ukuran diameter kawat email dan jumlah lilitan yang sama dengan aslinya. Bila perlu diukur lebih dulu nilai tahanan dan beratnya sebelum dibongkar, supaya dihasilkan kumparan yang sesuai dengan aslinya. Jika sobat blogger malas untuk menggulungnya bisa langsung diganti dengan yang baru, karena angker atau armatur rotor ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk, bentuk dan ukuran, tinggal kita sesuaikan saja dengan bentuk dan ukuran angker yang kita ganti supaya bisa pas (tepat) masuk ke dalam inti statornya. Saalah satu contohnya seperti terlihat pada gambar berikut ini

Gambar 14. Kumparan angker (Armature rotor)

Tetapi jika di pasaran tidak ditemukan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan angker (armature rotor) yang sesuai atau cocok dengan angker (armature rotor) yang kita ganti, mau tidak mau ya harus digulung ulang. Cara dan langkah menggulung ulang kumparan angker (armature rotor)  tidak bisa penulis uraikan di sini karena saking banyaknya materi dan penjelasannya, tetapi bagi sobat blogger yang ingin mempelajari cara menggulung ulang angker (armature rotor) motor penggerak sekaligus cara mengoperasikan peralatan listrik pertukangan tersebut di atas bisa anda baca dan pelajari di buku “Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Pertukangan” yang tidak lama lagi segera diterbitkan. Karena salah satu cara agar peralatan listrik pertukangan awet dan tahan lama disamping melakukan perawatan rutin juga cara mengoperasikannya dengan benar sesuai prosedur  yang telah ditentukan.

16 komentar:

  1. mau tanya gmn cara gulung lilitan gerinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya baca di buku Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Untuk Pertukangan

      Hapus
  2. Bgmn cara mengetahui kerusakan gan?! bgmn kita tau klo yg rusak itu angker atau Spulnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumparan angker dan spul magnet pada stator dites pakai multitester

      Hapus
  3. Gimana cara mendapatkan buku itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunjungi www.yktpublisher.net dan hubungi no kontaknya

      Hapus
  4. kalaw mesin potong kayu merk modern motornya berputar terbalik itu kenapa ya

    BalasHapus
  5. Jika mesin tsb dilengkapi dengan switch pengubah arah putaran yang berada di bawah tombol power kemungkinan tertekan ke arah sebaliknya, kembalikan ke arah sebaliknya. Tapi jika tidak dilengkapi dengan switch tersebut, berarti pemasangan kumparan magnetnya terbalik, bongkar dan pasang ulang

    BalasHapus
  6. Saya gulung ulang mtor blender,tes cuma getar.
    Apa harus pake dioda kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin salah gulung atau kebanyakan jmlh kawatnya mas

      Hapus
    2. Mhon penjelasan,
      Saya gulung ulang ,mutar cuma stengah putaran ,ngadat,juga brlamawanan jarum jam. Arah putarnya .
      Mungkin ada skema buat saya

      Hapus
    3. Skema lilitan ada di buku pengoperasian dan perbaikan peralatan listrik pertukangan

      Hapus
  7. Gan ada yg jual circular bosch 2 mesin tapi mati harga 100rb berani beli gak ya

    BalasHapus
  8. Tks urainya dan dan sangat bermanfaat bagi kami, tp mas kenapa mesin ketam modern saya tiba2 mati dan sy sdh ganti semua angker dan bantalan jg boster tp ttp tdk hidup, itu kenapa mas, tks kami tggu jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kabel atau komponen yg belum konek, jdi hrs dicek lagi dg teliti

      Hapus
  9. Tks urainya dan dan sangat bermanfaat bagi kami, tp mas kenapa mesin ketam modern saya tiba2 mati dan sy sdh ganti semua angker dan bantalan jg boster tp ttp tdk hidup, itu kenapa mas, tks kami tggu jawabanya.

    BalasHapus