• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Kamis, 08 Oktober 2015

Memperbaiki Motor Penggerak Peralatan Listrik Untuk Pertukangan

       Sudah lama rasanya penulis tidak mengisi artikel pada blog ini, oleh karena kesibukan penulis melakukan aktivitas pekerjaan. Tetapi kali ini penulis sempatkan untuk mengisinya agar ada pencerahan bagi pengunjung blog ini. Ok sobat pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang perbaikan motor penggerak peralatan listrik untuk pertukangan.
         Peralatan listrik pertukangan merupakan peralatan listrik yang digunakan untuk pekerjaan tukang baik tukang kayu, tukang besi, tukang batu dan tukang-tukang lainnya. Peralatan listrik pertukangan dapat dikelompokan menjadi 2 kelompok yaitu peralatan listrik yang berupa mesin stasioner (dipasang permanen) seperti mesin gergaji, mesin ketam, mesin router, mesin gerinda mesin bor dan sebagainya. Biasanya motor penggerak dari mesin-mesin pertukangan tersebut menggunakan motor induksi baik 1 fasa maupun 3 fasa.
       Kelompok yang kedua adalah peralatan tangan listrik portable yang mudah dibawa atau dipindah kemana-mana seperti gergaji tangan circle (hand circular saw), gergaji tangan pita (hand jig saw), ketam tangan listrik (electric hand planer), bor tangan listrik (electric hand drill), gerinda tangan listrik (electric hand grinder), router tangan listrik (electric hand router) dan sebagainya, seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar dibawah ini.

Gambar 1. Gergaji tangan circle (Hand circular saw)

Gambar 2. Gergaji tangan pita (Hand jig saw)

Gambar 3. Ketam tangan listrik (Electric hand planer)

Gambar 4. Bor tangan listrik (Electric hand drill)

Gambar 5. Gerinda tangan listrik (Electric hand grinder)

Gambar 6. Router tangan listrik (Electric hand router)

          Biasanya motor penggerak dari peralatan tangan listrik tersebut di atas menggunakan motor universal, yang merupakan motor DC serie yang diberi sumber listrik AC. Konstruksi dan bagian-bagian (komponen) dari motor universal yang digunakan pada peralatan tangan listrik tersebut seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Gambar 7. Konstruksi dan bagian-bagian motor universal

          Kerusakan yang sering terjadi pada motor penggerak peralatan tangan listrik tersebut diatas biasanya terjadi pada :

1. Kabel powernya, kerusakan pada komponen ini karena seringnya terjadi tarikan dan pemakaian sehingga kabelnya putus atau terlepas dari saklarnya. Kerusakan ini bisa ditasi dengan melakukan pengetesan hubungan kabel menggunakan multitester pada skala Ohm x1 atau x10. Jika jarum tidak bergerak atau tidak menunjuk angka tertentu berarti kabel putus atau ujung kabel terlepas dari saklarnya dan dapat diperbaiki dengan menyambungkannya kemabli. Tetapi jika putusnya kabel tidak diketahui posisinya, sebaiknya kabel power diganti dengan yang baru.

Gambar 8. Kabel power

2. Saklar On/Offnya, kerusakan pada komponen ini karena seringnya frekuensi pemakaian sehingga plat kontaknya aus atau per atau pegas spiralnya kendor. Untuk memperbaiki kerusakan pada komponen ini memang agak susah, karena biasanya saklar on/off ini telah dicor dengan material plastik sehingga tidak bisa dibuka. Maka salah satu cara mengatasinya adalah menggantinya dengan yang baru. Saklar on/off  ini juga telah beredar di pasaran dengan berbagai macam bentuk, tinggal kita sesuaikan saja dengan bentuk saklar on/off yang kita ganti. Salah satu contoh saklar on/off seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar 9. Saklar on/off

3. Sikat arangnya, komponen ini sering aus atau habis akibat gesekan dengan lamel-lamel komutator. Jika hal ini terjadi maka tinggal menggantinya dengan yang baru. Sikat arang ini banyak tersedia di pasaran baik yang hanya sikat arangnya saja maupun yang lengkap dengan pelat pemegangnya, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Gambar 10. Sikat arang

Gambar 11. Sikat arang lengkap dengan pelat pemegangnya

4. Gulungan atau kumparan magnet pada inti stator, kerusakan pada kumparan ini akibat pemakaian yang terlalu lama secara terus menerus sehingga kawat gulungan menjadi terlalu panas dan terbakar. Untuk memperbaikinya ya harus digulung ulang dengan jenis kawat email, ukuran diameter kawat email dan jumlah lilitan yang sama dengan aslinya. Bila perlu diukur lebih dulu nilai tahanan dan beratnya sebelum dibongkar, supaya dihasilkan kumparan yang sesuai dengan aslinya.

Gambar 12. Kumparan magnet pada inti stator

Skema penyambungan kumparan magnet pada inti stator dengan angker (armature rotor) ditunjukkan seperti pada gambar berikut ini.


Gambar 13. Skema kelistrikan motor universal

5. Gulungan atau kumparan angker pada armature rotor, sama seperti pada kumparan magnet inti stator, kerusakan pada kumparan ini juga terjadi akibat pemakaian yang terlalu lama secara terus menerus sehingga kawat gulungan menjadi terlalu panas dan terbakar. Untuk memperbaikinya ya harus digulung ulang dengan jenis kawat email, ukuran diameter kawat email dan jumlah lilitan yang sama dengan aslinya. Bila perlu diukur lebih dulu nilai tahanan dan beratnya sebelum dibongkar, supaya dihasilkan kumparan yang sesuai dengan aslinya. Jika sobat blogger malas untuk menggulungnya bisa langsung diganti dengan yang baru, karena angker atau armatur rotor ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk, bentuk dan ukuran, tinggal kita sesuaikan saja dengan bentuk dan ukuran angker yang kita ganti supaya bisa pas (tepat) masuk ke dalam inti statornya. Saalah satu contohnya seperti terlihat pada gambar berikut ini

Gambar 14. Kumparan angker (Armature rotor)

Tetapi jika di pasaran tidak ditemukan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan angker (armature rotor) yang sesuai atau cocok dengan angker (armature rotor) yang kita ganti, mau tidak mau ya harus digulung ulang. Cara dan langkah menggulung ulang kumparan angker (armature rotor)  tidak bisa penulis uraikan di sini karena saking banyaknya materi dan penjelasannya, tetapi bagi sobat blogger yang ingin mempelajari cara menggulung ulang angker (armature rotor) motor penggerak sekaligus cara mengoperasikan peralatan listrik pertukangan tersebut di atas bisa anda baca dan pelajari di buku “Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Pertukangan” yang tidak lama lagi segera diterbitkan. Karena salah satu cara agar peralatan listrik pertukangan awet dan tahan lama disamping melakukan perawatan rutin juga cara mengoperasikannya dengan benar sesuai prosedur  yang telah ditentukan.

135 komentar:

  1. mau tanya gmn cara gulung lilitan gerinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya baca di buku Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Untuk Pertukangan

      Hapus
    2. klo cara gulung spull sepeda motor 3 phasa gmn ? ap ad bukunya,trims

      Hapus
    3. Tolong mas gmn caranya bor listrik biar gk bunye saat di pakek

      Hapus
    4. Mau nanya gan
      Mitersaw ane kok putaranya pelan
      Ape itu penyebabya
      Yang bermasalah iku swithnya apa angkernya

      Hapus
    5. Voltase listrik dirumah om.coba d cek

      Hapus
  2. Bgmn cara mengetahui kerusakan gan?! bgmn kita tau klo yg rusak itu angker atau Spulnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumparan angker dan spul magnet pada stator dites pakai multitester

      Hapus
    2. Mas klw ukuran kawat startor buat gerinda tangan berapa

      Hapus
    3. Mas, mau tanya kalau bor merk maktec putarannya tidak bisa pelan itu di sababkan apa ya?

      Hapus
  3. Gimana cara mendapatkan buku itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunjungi www.yktpublisher.net dan hubungi no kontaknya

      Hapus
  4. kalaw mesin potong kayu merk modern motornya berputar terbalik itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. D tuker bagian kabl krbonbrs a-b jdi b- a

      Hapus
    2. Mas, klu udah di bolak balik kabel ke spul nya tpi putarn kok masih terbalik, itu apanyabya ?

      Hapus
  5. Jika mesin tsb dilengkapi dengan switch pengubah arah putaran yang berada di bawah tombol power kemungkinan tertekan ke arah sebaliknya, kembalikan ke arah sebaliknya. Tapi jika tidak dilengkapi dengan switch tersebut, berarti pemasangan kumparan magnetnya terbalik, bongkar dan pasang ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti kebalik bos... sorry aq bru menemukan blok ini yg membahas tentang Teknik...

      Hapus
  6. Saya gulung ulang mtor blender,tes cuma getar.
    Apa harus pake dioda kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin salah gulung atau kebanyakan jmlh kawatnya mas

      Hapus
    2. Mhon penjelasan,
      Saya gulung ulang ,mutar cuma stengah putaran ,ngadat,juga brlamawanan jarum jam. Arah putarnya .
      Mungkin ada skema buat saya

      Hapus
    3. Skema lilitan ada di buku pengoperasian dan perbaikan peralatan listrik pertukangan

      Hapus
    4. Boleh bertanya dan tolong bantuannya. Mesin saya scroll saw dan armaturenya terbakar wsktu uji coba potong stenlis yg seahrusnya buat potong kayu. Diamanakah saya cari armsture mesin scrooll saw tsb. saya sudah ngubek2 di market place blm ketemu barangnya..please mohon dibantu. Trmksh banyak pak

      Hapus
    5. cari di toko perkakas bro, sparepart ada banyak, merk bull

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Tks urainya dan dan sangat bermanfaat bagi kami, tp mas kenapa mesin ketam modern saya tiba2 mati dan sy sdh ganti semua angker dan bantalan jg boster tp ttp tdk hidup, itu kenapa mas, tks kami tggu jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kabel atau komponen yg belum konek, jdi hrs dicek lagi dg teliti

      Hapus
  9. Tks urainya dan dan sangat bermanfaat bagi kami, tp mas kenapa mesin ketam modern saya tiba2 mati dan sy sdh ganti semua angker dan bantalan jg boster tp ttp tdk hidup, itu kenapa mas, tks kami tggu jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kabel power ada yg putus bagian dalamnya shg sumber listrik tidak mengalir ke rangkaian, coba dichek

      Hapus
  10. Masukkan komentar Anda...bagaimana cara melepas/bersihkan lem pada angker gerinda??

    BalasHapus
  11. Maksudnya lem stlh gulungan dicelupkan ke vernish atau melepas lem utk bongkar kumparan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan..bs tau cara melepas vernish dan pastayg lengket agar mudah dan aman

      Hapus
  12. Mau tanya: bor listrik sy suaranya keras tp tenaganya kurang (dril utk tembok)sptnya tidak berfungsi dgn baik.
    Mohon bantuannya, trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada masalah pada gulungan angker atau gulungan magnetnya, coba dichek

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kami menyediakan jasa membuat komutator dynamo.atau biasa di sebut lamel..bila mau sharing silahkan hubungi ke 083820534448..domisili bandung

    BalasHapus
  15. Mau tanya Gan, Gerinda saya cepat sekali panas (cuma bisa maks 3 menit) dipakai shg nggak bisa dipegang lagi. Tolong dibalas ya. terima kasih

    BalasHapus
  16. Cek lilitan angkernya, mungkin yg konslet atau hubung singkat

    BalasHapus
  17. apakah lilitan angker bisa digulung pada bengkel gulung dinamo? atau haruskah diganti angkernya? karena tampaknya seperti sudah patent (pabrikasi) terima kasih. catatan gulungan stator sudah saya gulung ulang tapi masih panas juga. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kena pd lilitan angkernya, bisa diguling ulang atau langsung diganti angker yg baru dg ukuran yg sama

      Hapus
    2. terima kasih banyak pak atas info. semoga blog ini bisa membantu banyak orang yang awam akan persoalan peralatan listrik lainnya.

      Hapus
  18. maksih gan buat tipsnya sangat membantu,,

    BalasHapus
  19. bang.. kalo cicrcular saw saya ngegeol kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee kok bisa joget sih, mungkin ada mur baut yg kendor atau setelan mata gergaji kurang pas atau mata gergaji udah bengkok

      Hapus
  20. Bang mau nanya kalau mesin planer/ketam kayu, makanya mundur penyebabnya apa..

    BalasHapus
  21. mas saya mau tanya , saya baru beli mesin scroll saw NRT PRO. kendalanya setiap bagian2 yg terbuat dari besi itu nyetrum. termasuk baud2nya.
    kata penjualnya itu normal. padahal ini sangat mengganggu sekali listriknya bahaya.
    bagaimana mas mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan normal, ada kebocoran pd isolasi kabel atau kawat kumparan lecet yg nempel ke bodi
      Coba dicek jika ada di isokasi atau dilak ulang. Jika tdk ada lecet berarti ada kebocoran arus induksi, pasang kabel grounding spy gak nyetrum

      Hapus
    2. Gan persis pnya saya nrt pro nyetrum,pas tak cek kan ke tukang service tk bawa motornya aja kt ya tdk bermasalah,tp tak pasang lg nyetrum,apanya gan?

      Hapus
    3. Mas, saya jg pake mesin scroll saw nrt-pro, baru 3 hari pake bermsalah. Itu body nya kan berat ya, karna terbuat dari besi, tapi bs bergeser sendiri dgn suara yg kasar. Hal ini juga sering terjadi jika mesin di hidupkan walau tdk sedang memotong papan. biasanya saya langsung matikan tombol power jk sudah begitu.solusinya gmn ya Mas Admin...

      Hapus
  22. gan,,mau tanya pada bor listrik apa ada kondensatornya gak,,klo ada letaknya dimana??trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bor listrik portable gak ada. Tapi kalau bor listrik mesin duduk teg 1 fase ada pada motor penggeraknya

      Hapus
  23. gan,stator udah tak gulung semua tapi kenapa putaran arahnya normal tapi kok pelan bangeet mutarnya,suwaranya juga nggereng

    BalasHapus
  24. Mungkin ada masalah pada kumparan rotornya

    BalasHapus
  25. pak margiono, mau tanya mesin bor dan dan gerinda tangan nyetrum grounding. awalnya kerendam dan di jemur setelah kering bisa dipakai kembali tapi setelah 1 minggu kemudian saat di pakai mulai nyetrum sedikit.. mohon solusinya..apakah ada kebocoran induksi, dan kalau dilak itu di apaian ya dan biayanya berapa

    BalasHapus
  26. Mungkin setelah kerendam itu ada isolasi yg lecet, sebaiknya dilak ulang yaitu kumparan rotor dan kumparan stator dicelupkan minyak lak atau vernish yg dpt dibeli di toko listrik. Harga minyak lak per kaleng 1 liter merk hitachi sekitar 50.000

    BalasHapus
  27. Mau tanya gan, mesin bor saya merek modern, alatnya nyala tapi gear antara mata bor dengan gear dalam mesin los gt. Jadi gear mesin muter tp gear mata bor g muter. Itu gmn gan? Mohon infonya. Thx

    BalasHapus
  28. kami membutuhkan mekanik mesin profil,mesin planer,mesin circle dll

    BalasHapus
  29. pak bos, kalo angker nya nmodern circle saw bisa nggak kita ganti pake punya makita atau merk lain??

    BalasHapus
  30. gan gerinda merk makita saya hidup tpi putaranya lambat apa msalh ny gan tpi tdk panas

    BalasHapus
  31. Pagi... gan mau tanya, bor tangan listrik saya carbon brushnya keluar percikan api yang besar dan putarannya kencang tapi putus-putus atau tersendak-sendak...

    Apa yang harus diganti.?

    BalasHapus
  32. Ikut belajar nih gan,,klo mesin gergaji suaranya kasar penyebabnya apa ya gan,padahal angker baru di ganti,tpi tetep aja kasar suaranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena giginya udah aus, atau kerusakan pada bearing

      Hapus
  33. cara untuk menyambungkan kabel pada lilitan gmana caranya min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikikis lapisan email kawat terus disambungkan kabelnya dg cara disolder dan ditutup fg selongsong kabel

      Hapus
  34. Gan minta pencerahan. Planer ketam merk ats lama g dipakai begitu mau dipake bisa jalan dengan saklar hidup mati biasa tapi begitu saklar on off yang buat lama dipencet lgsng mati trs keluar asap putih. Apa angkernya terbakar ya gan. Jwbn sgt ditunggu. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu keluar asap berarti terbakar, segera ganti angker baru atau gulung ulang

      Hapus
  35. Mas, saya jg pake mesin scroll saw nrt-pro, baru 3 hari pake bermsalah. Itu body nya kan berat ya, karna terbuat dari besi, tapi bs bergeser sendiri dgn suara yg kasar. Hal ini juga sering terjadi jika mesin di hidupkan walau tdk sedang memotong papan. biasanya saya langsung matikan tombol power jk sudah begitu.solusinya gmn ya Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin teg input naik terlalu tinggi, turunkan atau stabilkan teg input dg stavol

      Hapus
    2. Makasih sarannya Mas.
      Sepertinya Scroll Saw NRt Pro ini memang ga awet mesinnya. Cape dikit udah soak. Padahal pakenya bukan nonstop lho. Apa daya, wilayah medan hanya nawarin merek NRt Pro dan sejenisnya (Modern). Ada merek lain: Makita,bagus sih, tapi agak mahal, budget masih kurang. Kelas tengah di atas NRt Pro sejenis Wipro dan Essen kosong...

      Hapus
    3. Makasih sarannya Mas.
      Sepertinya Scroll Saw NRt Pro ini memang ga awet mesinnya. Cape dikit udah soak. Padahal pakenya bukan nonstop lho. Apa daya, wilayah medan hanya nawarin merek NRt Pro dan sejenisnya (Modern). Ada merek lain: Makita,bagus sih, tapi agak mahal, budget masih kurang. Kelas tengah di atas NRt Pro sejenis Wipro dan Essen kosong...

      Hapus
  36. Saya mau nanya kalo buat nyambungin bor ke mata bor nya apa namanya

    BalasHapus
  37. Maksudnya bentuknya kaya mur yang buat nyambungin dinamo ke kepala bor

    BalasHapus
  38. Bos kalo dayanya diturunkan bisa gak?

    BalasHapus
  39. Ma, af sebelum ny mau tanya lem yg di pake untuk angaker/rotor apa ya??
    Trimakasi atas masukan moga2 tuhan yg bales amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lak atau insulating varnish, orang awam biasa nyebut minyak trafo

      Hapus
  40. Izin nanya gan.. q abis ganti anker sama magnetnya mesin propil.. setelah terpasang q tes.. kok apinya besar sama putarannya jd lambat. . Itu kenapa ya..

    BalasHapus
  41. Mohon pencerahan bro besar diameter kawat stator grenda makita 4"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktusnys ukur saja kawat bekasnya pakai mikrometer, tapi klu sdh tdk ada kawat bekasnya bisa dihitung pakai rumus yg sda di buku Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Pertukangan

      Hapus
    2. Sy susah pastikan 0.35mm atau 0.4..ragu gan.

      Hapus
  42. Maaf gan mau tanya klau jumlah lilitan angker gerinda tangan berapa lilit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dihitung dulu sesuai dg data spesifikasinya, caranya baca di buku Pengoperasian dan Perbaikan Peralatan Listrik Pertukangan

      Hapus
  43. maaf pak... saya ingin minta pencerahan... saya beli scroll saw merek modern. baru pk 2 minggu dan itupun kg nonstop, tiba2 mati total... itu penyebabnya knp yach pak? maturnuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk tahu penyebab pastinya hrs dicek dulu, kemungkinan bisa karna kabel putus, kawat lilitan putus, sikat arang lepas dsb

      Hapus
  44. Misi pak,mau tany mesin gerinda yg sy pake suara.nya kasar skli dan panasnya luar biasa,,
    Solusi.x ap ya pak..mohon di bantu,,makasih bnyak sblm.x...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek bearingnya mungkin sdh aus atau kering perlu dilunasi atau diganti, jk bearing msh bagus mkn lilitannya sdh aus

      Hapus
    2. Mau tanya mesin saya mengeluarkan api di bagian belakang anatara sikat arang dan rotor ? Kenapa ya ?

      Hapus
  45. mas mau tanya ,berapa ukuran kawat untuk lilitan angker serut

    BalasHapus
  46. nuhun kang,mohon bantuan ny bagi yg ngerti, soalnya saya newbie .
    mesin hand circular saw saya merk aizu, saat di nyalakan, mcb lngs jeglek,
    tp kl make dimmer bs nyala. knp y kang.mohon bantuannya...

    BalasHapus
  47. ma.. gerinda saya baru makita.. setelah pemakaian -/+ 2bln, tiba2 brusnya ngebros.. pertanyaan saya : bagai mana cara ngecek armature/rotor yg rusak, dilihat dari fisiknya masih bagus..
    terimakasih sebelumnya..!!

    BalasHapus
  48. Mf sblumnya,sya mo tanya gerinda tangan modern 2350b telah ganti angker tpi di brusnya keluar api?mohon pengertiannya

    BalasHapus
  49. Itu sebentar aja mas, nanti kembali setabil lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa iya mas jd takut ni. bunga api besar mesin ketam saya. ganti lilitan stator

      Hapus
  50. Gan mohon sarannya, mesin thickness planner (duduk) merk Oscar MB 104 G, biasanya normal2 saja. Tapi ini tadi dinyalakan tiba2 listrik ikut njeglek/mati, dinyalakan lagi begitu terus. Dicoba dgn mesin lain (bor atau gerinda) gak masalah listriknya.
    Kira2 mesin planner Oscar rusak di bagian mananya ya?
    Makasih.

    BalasHapus
  51. Maaf gan mau tanya lem vernis buat gulungan angker yg bagus merk apa ya?

    BalasHapus
  52. Mau tanya gan, saya punya gerinda bosch suara kasar pas kondisi mau di off kan?

    BalasHapus
  53. Mau tanya gan, saya punya gerinda bosch suara kasar pas kondisi mau di off kan?

    BalasHapus
  54. Numpang nanya gan bahan untuk mengecor armature.biar keras app namanya trimaksih sebelumnya

    BalasHapus
  55. baru. stator ketam ganti lilitan dan kern .knapa bunga api besar sekali .jumlah dan ukuran kawaj sama. mohon solusinya merk ryobi

    BalasHapus
  56. baru. stator ketam ganti lilitan dan kern .knapa bunga api besar sekali .jumlah dan ukuran kawaj sama. mohon solusinya merk ryobi

    BalasHapus
  57. Mas.. Gerinda saya Maktek MT954 mengeluarkan api pd bagian dekat karbon bruss yg gak biasanya, api nya agak besar dan berbunyi pletot pletos sperti kabel dikonsletkan.. Apa masalahnya dan bagaimana mengatasinya, padahal anker baru.. Trima kasih

    BalasHapus
  58. saya mau tanya, gimana cara ganti gear pada mesin sirkel maktec, karna susa untuk bongkar nya

    BalasHapus
  59. Apa sebabnya jumlah terminal pinout pada blender dan gerinda pada kedua angker/armature berbeda ?

    BalasHapus
  60. Om jika sirkel mengeluarkan percikan api penyebabnya apa ya

    BalasHapus
  61. Gan mau nanya.. sayabpaje scroll saw modern waktu dipakai tiba2 mati.. kira2 yg rusak apa ya gan?? Tq jwb lewat wa ya gan.. 08175421328

    BalasHapus
  62. Mau tanya gan kalau putaran mesin terlalu cepat krusakanya apa ya
    Padahal saklar/swits nya udah ganti baru...?
    Mesin bor mactek mt60

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum saya bingung banget nih bang abang...
    Saya punya mesin milling..nah kerusakannya pada meja otomatis.
    Saya bongkar ternyata rotor kapada mesin penggerak meja rusak beli sana sini gak ada..klo di gulung ulang bisa ga broo tuh rotor

    BalasHapus
  64. Master mau tanya brpa banyak lilitan stator bagian spul.gerinda tangan moderend

    BalasHapus
  65. Saya mau tanya.. Arah putaran mesin router yang benar kemana.. Arah jarum jam atau sebalik nya.. Karena Mesin saya putaran nya searah jarum jam tapi kalo di pakai enga mau makan kayu nya Mohon info nya

    BalasHapus
  66. Selamat sore bos saya mau tanya saya mesin grenda duduk mereknya maktec kalau dihidupin kok lasung mcb nya kok turun ya.itu saatnya yang 2000 waat kira2 apanya bos.

    BalasHapus
  67. Hallo mas.. bodi mesin bobok kayu merek Oscar nyetrum..kira kira penyebabnya apa ya mas? Terus bagaimana cara menanganinya? Makasih mas atas bantuannya.

    BalasHapus
  68. Bos kira kira penyebabnya mesin bobok kayu merek Oscar nyetrum? Makasih ya atas doa

    BalasHapus
  69. Kenapa ya mesin thicknees plannerku tiba tiba mati sendiri pas saat lagi keadaan buat kerja

    BalasHapus
  70. Arang yang dimesin router saya cepat habis.klu di ganti baru paling cuma 10 menit langsung habis.kira2 apanya yang bermasalah.

    BalasHapus
  71. Arang di mesin router saya cepat habis.klu diganti yang baru paling lama 10 menit habis.

    BalasHapus
  72. Mau tanyabpak,
    Kenapa mesin serut setelah ganti kabel input dan output yang ke arang/brush Malah putaranya terbalik.
    Mohon bantuannya pak..terima kasih.
    Sebelumnya

    BalasHapus
  73. buat tampilan website bisnis anda lebih menarik lagi dengan mengunakan jasa pembuatan website Jakarta

    BalasHapus
  74. Gerinda saya merek dewalt kalo saklar di on listrik langsung jepret

    BalasHapus
  75. Gerinda saya merek dewalt kalo saklar di on listrik langsung jepret

    BalasHapus
  76. Tolong kasih tulisan rumusan angker grenda Bila mana kecepatan rpmnya

    BalasHapus
  77. Bor cordles saya setelah saya bongkar ko dinamonya cuma gerak sedikit aja ya pak gak mau berputar kira2 apa masalahnya ya pak.. mhn pencerahan nya

    BalasHapus
  78. Bang...saya punya poros motornya hancur pada bagian angker...ada solusix g...m ksh

    BalasHapus
  79. pak mau tanya kalau umur armature gerinda tangan itu standar nya berapa lama?untuk pemakaian rutin.
    terima kasih

    BalasHapus
  80. Mas saya punya Gerinda cordless rnt pro. Pas di kasih on nyala sih tpi langsung mati, permasalahan pada bagian apa???

    BalasHapus
  81. mohon maaf saya mau blajar menggulung stator gerinda, mau nanya untuk memasang kabel yang menuju arangnya dari mana? ujung lilitan awal / atau ujung lilitan terakhir,?

    BalasHapus
  82. terima kasih atas berbagai pembahasan ttg motor bergerak. Blog baik tetapi agak lambat dlm diskusi. Terima kasih sdh memberi pencerahan pada anak kami

    BalasHapus
  83. Mau tanya kalo bor mini drill ryu gumparan stator nya pake kawat ukuran brapa ya

    BalasHapus
  84. Saya punya Bor listrik saat di nyalakan berputar sebentar kemudian mendengung , kemudian di bongkar saya ukur tahanan lilitan statornya sebesar 14 ohm keduanya sama , di ukur tahanan kumparan angker satu satu menghasil kisaran 2-3 ohm

    Mohon bantuannya bagaiamana agar bor bisa berjalan normal kembali sesuai data di atas terima kasih

    BalasHapus