• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Minggu, 07 April 2013

Sistem Komponen Elektro Pneumatik

SISTEM KOMPONEN PADA KONTROL ELEKTRO PNEUMATIK

          Pada pertemuan yang kedelapan untuk sesi kontrol elektro pneumatik kali ini kita akan membahas tentang sistem komponen pada kontrol elektro pneumatik. Pada sistem kontrol elektro pneumatik terdapat empat kelompok komponen yaitu :
1. Energi Supply (Pemasok Energi), yang meliputi arus listrik dan udara bertekanan.
2. Komponen  Input (Sensor-Sensor), yang meliputi limit switch, tombol tekan dan proximity sensor.
3. Komponen Pemroses (Prosessor), yang meliputi switching logic, katup selenoid dan konverter dari pneumatik ke elektrik.
4. Aktuator dan Komponen Kontrol Akhir, yang meliputi silinder, motor listrik dan katup kontrol akhir.
Untuk lebih jelasnya mengenai komponen-komponen tersebut silahkan lihat gambar 1 berikut ini.

Gambar 1. Komponen-Komponen Elektro Pneumatik

          Komponen-komponen peralatan kontrol yang telah disebutkan di atas digambarkan oleh simbol-simbol yang mewakili fungsinya. Simbol-simbol tersebut dikombinasikan dan dirangkai sesuai dengan perencanaan fungsi dari suatu sistem atau mesin untuk melakukan pekerjaan tertentu (lihat gambar 2 dan 3).

Gambar 2. Instalasi Komponen Pneumatik

Gambar 3. Instalasi Komponen Elektrik

          Dalam menggambar rangkaian, simbol-simbol komponen secara umum ditempatkan sesuai dengan tingkatan suatu sistem. Tingkatan suatu struktur sistem dalam gambar rangkaian diatur sesuai dengan aliran sinyal (lihat gambar 4).

Gambar 4. Proses Aliran Sinyal

          Selenoid mengaktuasikan katup pengarah dan relay bisa sebagai pemroses atau fungsi pengontrol aktuator. Sebagai contoh, jika katup pengarah digunakan untuk mengontrol silinder, maka katup pengarah adalah komponen kontrol untuk kelompok ke empat (aktuator dan komponen kontrol akhir). Jika komponen tersebut didefinisikan sebagai sinyal pemroses, maka harus ditempatkan pada kelompok ketiga (komponen pemroses/prosessor), (lihat gambar 5). Sedangkan posisi switches dapat ditunjukkan seperti pada gambar 6.

Gambar 5. Susunan dan Penjabaran Komponen Kontrol

Gambar 6. Posisi Switches 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar