• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 02 April 2013

Simbol-Simbol Katup Non-Balik (Non-Return Valve)

SIMBOL-SIMBOL (CARA PENGGAMBARAN) KATUP PNEUMATIK NON-BALIK (NON-RETURN VALVE)

          Seperti yang telah disebutkan pada pertemuan sebelumnya menurut fungsinya katup-katup pneumatik secara garis besar dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, yaitu: 1) katup pengarah atau directional way valve, 2) katup non-balik atau non-return valve, 3) katup pengontrol tekanan atau pressure control valve, 4) katup pengontrol aliran atau flow control valve, 5) katup penutup atau shut-off valve, dan 6) katup-katup kombinasi atau combination valves.
          Poin pertama telah kita bahas pada pertemuan keempat, sekarang pada pertemuan kelima untuk sesi kontrol elektro pneumatik kali ini kita akan bahas poin yang kedua yaitu katup non-balik atau non-return valve. Oke langsung saja kita ikuti dan simak uraian berikut ini.

2. Katup yang tidak dapat dibalik / non-balik (non-return valve)
          Katup non-balik adalah katup pneumatik yang hanya mengalirkan aliran udara dalam satu arah (aliran searah) dan tidak bisa sebaliknya. Fungsi dari katup ini mirip seperti fungsi deoda pada komponen elektronika yaitu menyearahkan arus (aliran). Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan simbol-simbol atau cara penggambaran dari macam-macam katup tersebut seperti yang terlihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Gambar 1

          Gambar1 merupakan simbol katup non-balik yang berfungsi untuk menyearahkan aliran, udara bertekanan hanya bisa mengalir dari lubang A ke lubang B tapi sebaliknya aliran dari lubang B ke lubang A terhambat. Kalau pada gambar 1 katup tidak dilengkapi dengan pegas, tapi pada gambar 2 dilengkapi dengan pegas.

Gambar 2

          Sementara pada gambar 3 merupakan simbol dari katup gerbang OR yang berfungsi sebagai gerbang OR sama seperti gerbang OR pada komponen elektronika digital yang cara kerjanya dapat dijelaskan sebagai berikut (lihat gambar 4) :

Gambar3

Gambar 4

Sebuah rangkaian OR terdiri dari dua katup 3/2 way (A dan B) yang dihubungkan secara paralel mempunyai sebuah sumber tekanan, jika salah satu tertekan, maka udara akan mengalir ke dalam silinder penggerak tunggal dan menyebabkan piston memukul keluar. Katup bola mengatur udara ke silinder dan mencegah aliran udara keluar langsung ke pembuangan, dan katup menjadi tidak aktif. Cara kerja gerbang OR tersebut dapat disimpulkan seperti pada tabel kebenaran berikut ini.
Tabel Kebenaran Gerbang OR
Keterangan: "0" menunjukkan tidak ada aliran udara dan "1" menunjukkan ada aliran udara.

          Sedangkan gambar 5 merupakan simbol dari katup gerbang AND yang berfungsi sebagai gerbang AND sama seperti gerbang AND pada komponen elektronika digital yang cara kerjanya dapat dijelaskan sebagai berikut (lihat gambar 6) :

Gambar 5

Gambar 6

Sebuah rangkaian AND terdiri dari dua katup 3/2 way (A dan B) yang dihubungkan secara seri dan akan tertekan ketika piston silinder penggerak tunggal memukul ke luar. Katup B akan kehilangan tekanan ketika katup A terbuka dan katup B akan mengontrol tekanan silinder penggerak tunggal. Cara kerja gerbang AND tersebut dapat disimpulkan seperti pada tabel kebenaran berikut ini.
Tabel Kebenaran Gerbang AND
Keterangan: "0" menunjukkan tidak ada aliran udara dan "1" menunjukkan ada aliran udara

          Gambar 7 merupakan simbol dari katup pembuang cepat yang fungsinya sama dengan katup aliran searah, cuman kelebihan dari katup ini adalah ketika ada aliran balik, maka aliran tersebut dengan cepat akan dibuang lewat lubang pembuangan R.

 Gambar 7

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar