• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Sabtu, 13 April 2013

Latihan Menyusun Rangkaian Kontrol Silinder Kerja Ganda

LATIHAN MENYUSUN/MEMBUAT RANGKAIAN KONTROL SILINDER KERJA GANDA DALAM SISTEM ELEKTRO PNEUMATIK

          Pada pertemuan sebelumnya telah dijelaskan cara atau tahapan menyusun atau membuat rangkaian kontrol silinder kerja ganda dalam sistem elektro pneumatik. Nah untuk pertemuan keempatbelas pada sesi kontrol elektro pneumatik kali ini agar sobat blogger dapat menyusun atau membuat rangkaian kontrol silinder kerja ganda tersebut, sobat blogger harus berlatih menyusun atau membuat rangkaian kontrol silinder kerja ganda dari soal-soal yang akan disajikan berikut ini.

Soal Latihan :
1. Buatlah rangkaian kontrol silinder kerja ganda, dimana batang piston silinder harus keluar jika tombol dari dua katup 3/2 ditekan bersamaan. Dan silinder harus kembali ke posisi awal jika salah satu atau kedua tombol tersebut di lepas !

2. Buatlah rangkaian kontrol silinder kerja ganda, dimana batang piston sebuah silinder kerja ganda akan keluar jika salah satu atau kedua dari kedua pushbutton ditekan. Dan jika kedua pushbutton tidak ditekan (dilepas) maka batang silinder akan masuk (kembali) !

3. Buatlah rangkaian kontrol silinder kerja ganda, dimana batang piston sebuah silinder kerja ganda akan keluar jika sebuah pushbutton 3/2 ditekan. Dan batang piston akan tetap keluar sampai pushbutton kedua ditekan dan pushbutton pertama sudah dilepas (tidak ditekan). Silinder akan tetap pada posisi semula sampai sinyal start baru diberikan.  Kecepatan keluar dan masuk batang piston diatur sedemikian rupa sehingga mempunyai kecepatan yang sama !

          Agar dapat membuat rangkaian kontrol dari soal-soal latihan tersebut di atas, sobat bloger harus mengikuti tahapan-tahapan seperti yang telah dijelaskan pada pertemuan ketigabelas. Untuk membuantu sobat blogger menyusun atau membuat rangkaian kontrol tersebut di bawah ini disajikan tahapan yang kedua yaitu gambar instalasi komponen pneumatik yang terdiri dari aktuator, komponen kontrol akhir dan energy supply.

Untuk soal no. 1 :

Untuk soal no. 2 :

Untuk soal no. 3 :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar