• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Kamis, 30 Januari 2014

Jenis-Jenis Armatur Lampu Penerangan Jalan

          Dalam pokok bahasan kali ini, akan dibahas mengenai peralatan penerangan yang berhubungan dengan desain penerangan jalan yang antara lain meliputi :
-   Jenis-jenis armatur lampu (Luminer)
-   Sistem pendukung armatur lampu (Luminer)
-   Layanan kabinet
-   Pemilihan peralatan penerangan
Tetapi untuk pertemuan kali ini hanya akan dibahas tentang jenis-jenis armatur lampu (luminer) yang banyak digunakan untuk penerangan jalan. Sedangkan mengenai sistem pendukung luminer, layanan kabinet dan pemilihan perelatan penerangan jalan akan dibahas pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

A.  JENIS-JENIS ARMATUR LAMPU (LUMINER)
          Armatur lampu (Luminer) adalah unit penerangan lengkap yang terdiri dari lampu bersama dengan komponen-komponennya yang dirancang untuk mendistribusikan cahaya, untuk meletakan dan melindungi lampu, dan untuk menghubungkan lampu ke catu daya. Komponen  Armatur lampu (Luminer) yang akan dibahas dalam uraian berikut ini dapat dikelompokkan menurut fungsinya yaitu sebagai berikut :
-   Sistem Optical
-   Sistem Listrik
-   Sistem Mekanik
          Beberapa faktor yang mempengaruhi pemlihan jenis luminer yang akan digunakan yaitu Luminer harus menjadi tipe standar yang dipertahankan dan disetujui oleh instansi yang terkait seperti dinas lalu lintas dan angkutan jalan raya, polantas PLN dan sebagainya. Luminer untuk penerangan jalan biasanya harus berkaca dangkal seperti bergaya “kepala kobra”, bergaya "kepala vertikal", atau bergaya "tiang tinggi". Namun, dalam keadaan tertentu luminer bergaya "kotak sepatu" juga perlu digunakan. Luminer bergaya kotak sepatu sangat cocok untuk lampu penerangan interior di area peristirahatan, dimana pemerintah daerah yang bertugas menjaga dan merawat lampu, perlengkapan lampu dan dekorasi lampu lainnya yang digunakan. Sebaiknya luminer harus memiliki photocells yang merupakan sumber listrik cadangan ketika sumber listrik utama dari PLN tidak dapat mensuplai daya listrik. Beberapa gambar berikut ini merupakan jenis-jenis luminer standar yang banyak digunakan.

Gambar 1. Jenis armatur lampu bergaya kepala kobra (cobra head style)

Gambar 2. Jenis armatur lampu bergaya kepala vertikal (vertical head style)

Gambar 3. Jenis armatur lampu bergaya tiang tinggi (high mast style)

Gambar 4. Jenis armatur lampu bergaya kotak sepatu (shoebox style)

Gambar 5. Jenis armatur lampu bergaya dekorasi (decoratif style)

Gambar 6. Jenis armatur lampu bergaya kotak sepatu dengan lensa tunduk
(shoebox with drop lens) untuk area peristirahatan (rest area)

Gambar 7. Jenis armatur lampu untuk jalan di bawah jembatan (bridge underpass)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar