• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Senin, 04 Maret 2013

Tugas : Program PLC Untuk Mengendalikan Mesin Gergaji

PROGRAM PLC ZELIOSOFT UNTUK MENGENDALIKAN MOTOR PENGGERAK 
MESIN GERGAJI

          Pada pertemuan yang ke 13 dalam sesi kontrol PLC kali ini, kita akan membahas program PLC zeliosoft yang digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan motor-motor penggerak mesin gergaji. Untuk mengetahui pemahaman sobat blogger tentang program PLC zeliosoft yang telah sobat blogger pelajari pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, maka pada pertemuan kali ini penulis ingin memberikan tugas yang cukup sederhana bagi sobat blogger yang tertarik pada perencanaan program PLC zeliosoft ini.
          Pada pertemuan kali ini penulis mengharapkan peran aktif sobat blogger untuk benar-benar serius dalam mengerjakan tugas ini, dengan demikian jika sobat blogger sudah bisa menyelesaikan tugas ini berarti sobat blogger sudah paham dan selanjutnya penulis bisa melanjutkan bahasan-bahasan berikutnya dalam sesi kontrol PLC.
          Oke, tugas yang harus sobat blogger selesaikan antara lain adalah :
1. Merencanakan atau membuat program PLC zeliosoft, boleh dalam Ladder Diagram (LD) ataupun dalam Function Block Diagram (FBD)
2. Membuat diagram kontrolnya pada perangkat PLC Zelio
3. Membuat diagram utama pada motor-motor listrik
          Adapun skema proses, proses kerja dan prinsip kerja dari mesin gergaji tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

Skema Proses Mesin Gergaji :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

Proses Kerja Motor Gergaji :
- Mesin gergaji ini terdiri dari 2 buah motor (M1 dan M2), M1 menggerakkan piringan gergaji dan M2 menggerakkan pendorong balok kayu. M2 dapat bekerja jika M1 telah bekerja terlebih dahulu (bekerjanya M2 tergantung dari M1).
- Semua motor dioperasikan dari masing-masing tombol tekan yang ada (lihat gambar panel di atas) dan dilengkapi dengan lampu indikator yaitu H1 menyala jika M1 bekerja, H2 menyala jika M2 bekerja dan H3 menyala jika salah satu motor atau kedua motor mengalami gangguan (trouble).
- M2 dapat bekerja maju dan mundur hanya pada saat tombol ditekan saja, jika tombol dilepaskan kembali motor akan berhenti (baik untuk tombol maju maupun tombol mundur).
Jika terajdi kecelakaan dalam pengoperasian, operator dapat menekan tombol emergency, sehingga mesin akan berhenti (kedua motor berhenti) dan lampu indikator H3 akan menyala.

Prinsip Kerja Sistem Kontrol :
- Pada saat motor penggerak piringan gergaji (M1) bekerja, motor pendorong balok kayu (M2) dapat dioperasikan maju atau mundur dengan menekan tombol tekan, namun jika alat pendorong ini sudah sampai pada posisi paling depan (menyentuh limit switch) motor akan berhenti, walaupun tombol tekan untuk putaran maju tetap ditekan. Demikian juga untuk gerakkan atau putaran mundur.
- Pada saat arah motor pendorong balok kayu bergerak atau berputar maju, maka motor tersebut tidak akan bisa bergerak atau berputar mundur walaupun tombol mundur ditekan.
- Sebagai indikator bahwa motor penggerak piringan gergaji (M1) bekerja adalah lampu H1 menyala
- Sebagai indikator bahwa motor pendorong balok kayu (M2) bekerja adalah lampi H2 menyala
- Sebagai indikator bahwa mesin gergaji mengalami overload (TOR bekerja) atau gangguan/kecelakaan (ditekannya tombol emergency) adalah lampu H3 menyala.

- SELAMAT BEKERJA -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar