• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Minggu, 10 Maret 2013

Program PLC Untuk Kontrol Pengisian 3 Tangki BBM

PROGRAM PLC ZELIOSOFT UNTUK MENGONTROL PENGISIAN 3 BUAH TANGKI BBM SECARA OTOMATIS

          Selamat berlibur hari minggu sobat blogger, walaupun libur tidak ada salahnya kan sambil mempelajari tulisan ini. Oke untuk selanjutnya pada pertemuan yang ke 16 kali ini kita akan bahas tentang program PLC zeliosoft untuk mengontrol atau mengendalikan pengisian 3 buah tangki bahan bakar minyak (BBM) secara otomatis. Adapun proses kerja dari sistem pengisian tersebut dapat dijelaskan sevagaiberikut :
          Tiga buah tangki penyimpanan bahan bakar minyak yang dilengkapi dengan sensor level switch atas S3, S5 dan S6 untuk mengidikasi bahwa tangki telah penuh. Dan juga sensor level switch bawah S4, S6 dan S8 untuk mengindikasi bahwa tangki telah kosong. Sementara pengosongan dapat dilakukan secara manual sesuai kebutuhan.
          Sistem kontrol hanya mengijinkan proses pengisian untuk satu tangki dalam waktu yang sama, sampai salah satu tangki penuh, baru bisa melakukan pengisian pada tangki berikutnya yang telah kosong begitu seterusnya. Pengisian harus sesuai dengan urutan pengosongannya, pada awal start karena kondisi ketiga tangki dalam keadaan kosong semua, maka urutan pengisiaanya dimulai dari tangki 1 (ditandai dengan menyalanya lampu H2 dan membukanya katup Y1), jika tangki 1 sudah penuh (ditandai dengan menyalanya lampu H1 dan menutupnya katup Y1) berlanjut mengisi tangki 2 (ditandai dengan menyalanya lampu H4 dan membukanya katup Y2), dan jika tangki 2 sudah penuh (ditandai dengan menyalanya lampu H3 dan menutupnya katup Y2) berlanjut mengisi tangki 3 (ditandai dengan menyalanya lampu H6 dan membukanya katup Y3) sampai penuh (ditandai dengan meyalanyanya lampu H5 dan menutupnya katup Y3). Kemudian untuk selanjutnya karena kondisi ketiga tangki sudah penuh semua, maka urutan pengisian berikutnya tergantung pada tangki yang telah kosong lebih dahulu.
          Untuk lebih jelasnya mengenai program PLC zeliosoft untuk mengontrol atau mengendalikan pengisian 3 buah tangki BBM secara otomatis dapat dipelajari pada gambar-gambar yang telah disajikan di bawah ini.

1. Skema Proses :

 *) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

2. Program PLC Zeliosoft dalam Ladder Diagram (LD) :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

3. Program PLC Zeliosoft dalam Function Block Diagram (FBD) :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

4. Diagram Pengawatan pada Perangkat PLC Zelio :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

3 komentar: