• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Jumat, 08 Maret 2013

Program PLC Untuk Kontrol Pengisian & Pengosongan Tangki Cairan

PROGRAM PLC ZELIOSOFT UNTUK MENGENDALIKAN PENGISIAN DAN PENGOSONGAN TANGKI CAIRAN

          Pada pertemuan yang ke 15 dalam sesi kontrol PLC kal ini, kita akan bahas tentang program PLC zeliosoft untuk pengisian dan pengosongan tangki cairan secara otomatis. Adapun prinsip kerja atau cara kerja dari peralatan ini adalah sebagai berikut :
         Untuk memulai proses pengisian dan pengosongan tangki cairan, tekan tombol start (T1) yang akan mengakibatkan katup 1 (V1) membuka sehingga cairan akan mulai mengalir ke dalam tangki dan pada saat yang sama motor pencampur (mixer) mulai bekerja. Jika level permukaan cairan pada tangki sudah terpenuhi, yang diindikasikan dengan bekerjanya level switch atas (S1), maka katup 1 (V1) tertutup dan motor pencampur (mixer) berhenti bekerja. Selanjutnya katup 2 (V2) terbuka dan cairan mulai mengalir keluar dari tangki.
          Jika level cairan turun sampai dengan sensor level switch bawah (S2), maka katup 2 (V2) akan tertutup. Proses ini akan berulang terus sampai empat kali, yang ditandai dengan menyalanya lampu I1 (End) dan berbunyinya speaker I2 (Sound) apabila siklus empat kali telah tercapai.. Dan untuk memulai kembali tekan tombol reset (T3) dilanjutkan tekan tombol start (T1). Untuk lebih jelasnya perhatikan dengan seksama gambar-gambar berikut ini.

1. Skema Proses :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

2. Program PLC Zeliosoft dalam Ladder Diagram (LD) :

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

3. Program PLC Zeliosoft dalam Function Block Diagram (FBD) :

*) unuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

4. Diagram Pengawatan pada Perangkat PLC Zelio

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

1 komentar:

  1. pak saya ada tugas buat program dari zelio dengan FBD, yang inputnya ada 5 dan outputnya ada 3, bisa bantu gak pak

    BalasHapus