• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Jumat, 29 November 2013

Pengertian dan Penggambaran UltraSonoGraphy (USG)

        Kelompok pokok bahasan yang ke tiga mengenai peralatan elektronik untuk keperluan diagnosa kedokteran adalah ultrasonographi atau yang biasa disebut USG. Untuk pertemuan yang perdana dalam sesi ini kita bahas dulu tentang pengertian dan penggambaran USG.

1. Pengertian Ultrasonography
          Ultrasonography adalah teknik penggambaran medis yang menggunakan gelombang suara (ultrasonik) dan pantulannya. Teknik yang digunakan serupa dengan pantullation yang digunakan pada ikan paus dan dolfin, seperti halnya SONAR yang digunakan oleh kapal selam. Proses dalam ultrasonography pada saat digunakan adalah sebagai berikut :
- Mesin ultrasonik mengirim pulsa suara frekuensi tinggi sampai 5 MHz ke dalam tubuh dengan menggunakan probe.
- Perjalanan gelombang suara ke dalam tubuh dan membentur suatu batas antar jaringan (misalnya antara cairan dan jaringan lembut, antara tulang dan jaringan lembut).
- Sebagian gelombang suara direfleksikan kembali ke probe, sementara beberapa berjalan lebih jauh sampai mencapai batas lain dan direfleksikan.
- Gelomban pantul diambil probe dan diteruskan ke mesin.
- Mesin menghitung jarak dari probe ke jaringan atau organ dengan menggunakan kecepatan suara dalam jaringan (5,005 ft/s atau 1540 m/s) dan waktu dari setiap pantulan (biasanya dalam seper-jutaan detik).
- Mesin memperagakan jarak dan intensitas pantulan pada layar monitor, membentuk gambar dua dimensi seperti ditunjukan pada gambar 1 di bawah ini.
- Dalam ultrasononography pada umumnya jutaan pulsa dan pantulan dikirim dan diterima setiap detik. Probe dapat dipindahkan sepanjang permukaan tubuh dan mencapai variasi sudut pandang.

Gambar 1. Ultrasonik pertumbuhan janin (umur 12 minggu) dalam kandungan ibu.
Pandngan samping bayi ditunjukkan (kanan ke kiri) kepala, leher, badan dan kaki

2. Penggambaran Ultrasonography
          Medical Ultrasonography merupakan suatu penggambaran diagnostik yang didasarkan pada frekuensi suara ultrasonik, teknik yang digunakan untuk memvisualisasi otot dan organ tubuh internal, untuk dilihat ukuran, struktur, luka atau kemungkinan adanya penyakit. Sonography kandungan biasanya digunakan untuk pemeriksaan kehamilan dan secara luas telah dikenal oleh masyarakat dengan istilah USG. Dalam fisika istilah ultrasound diaplikasikan pada semua energi akustik yang mempunyai frekuensi di atas kemampuan pendengaran manusia (20 000Hz atau 20 KHz). Diagnostik scanner sonogtraphy pada umumnya bekerja pada frekuensi 2 sampai 18 MHz, ratusan kali lebih besar dari pada batasan di atas. Pilihan frekuensi dengan pertimbangan antara resolusi gambar dan kedalaman imaging, frekuensi rendah menghasilkan resolusi kuang memenuhi harapan, namun penggambarannya jauh lebih dalam ke dalam tubuh.

Gambar 2.Bayi dalam kandungan dilihat dengan sonogram (USG)

Gambar 3. Perkembangan bayi umur 29 minggu dilihat dengan USG 3 Dimensi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar