• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Sabtu, 30 November 2013

Penerapan Ultrasonography (USG) Dalam Kedokteran

          Ultrasonography (USG) secara luas telah digunakan dalam kedokteran, karena memungkinkan untuk membuat diagnosa atau prosedur terapi dengan panduan sonography (sebagai contoh biopsi atau pengeringan cairan). Sonographer profesional adalah orang yang membuat scan untuk tujuan diagnose. Sonographer pada umumnya menggunakan transduser yang ditempatkan secara langsung dan memindah-mindahkan pada sekitar daerah yang diperiksa. Gel air digunakan sebagai penghubung ultrasonik antara transduser dan pasien.
          Ultrasonography efektif digunakan untuk imaging jaringan lunak dari tubuh. Struktur dangkal seperti otot, urat daging, test, dada dan otak neonatal digambarkan pada frekuensi yang lebih tinnggi ( 7-18 MHZ), yang mana memberikan sumbu dan pencabangan resolusi yang lebih dan baik. Susunan yang lebih dalam seperti liver dan ginjal digambarkan pada frekuensi lebih rendah dari 1 sampai 6 MHz dengan sumbu dan pencabangan resolusi lebih rendah namun penetrasi lebih besar.
          Ultrasonography telah digunakan dalam pengaturan klinis bervariasi, meliputi ilmu kebidanan dan ilmu kandungan, cardiology dan pendeteksian kanker. Keuntungan utama ultrasonography adalah bahwa struktur tertentu dapat diamati tanpa menggunakan radiasi. Ultrasononography dapat juga dilaksanakan lebih cepat dari pada sinar-X atau teknik radiografi lainnya. Beberapa pemanfataan ultrasonography untuk pemeriksaan dan pengujian antara lain :
1. Ilmu kebidanan Dan Ilmu kandungan
2. Mengukur ukuran janin untuk menentukan tanggal kelahiran
3. Menentukan posisi janin untuk melihat jika normal posisi kepala di bawah
4. Mengecek posisi plasenta untuk melihat jika perkembangan tidak sesuai, pembukaan cervix.
5. Melihat banyaknya Janin dalam kandungan
6. Mengecek jenis kelamin bayi
7. Mengecek laju pertumbuhan janin dengan pengukuran dari waktu ke waktu
8. Pendeteksian kehamilan ectopic, hidup yang mengancam situasi di mana bayi ditanamkan tuba fallopii ibu sebagai ganti kandungan.
9. Monitoring bayi selama prosedur khusus ultrasound telah sangat menolong dalam penglihatan dan pencegahan bayi selama amniocentesis (sampling cairan yang amniotic dengan suatu jarum untuk pengujian hal azas keturunan).
10. Melihat tumor indung telur danbdada
11. Dalam bidang Cardiology untuk :
a. Melihat bagian dalam jantung untuk mengidentifikasi struktur abnormal atau fungsi
b. Mengukur aliran darah sepanjang jantung dan pembuluh darah utama
12. Dalam bidang Urology untuk :
a. Mengukur aliran darah sepanjang ginjal
b. Melihat batu ginjal
c. Mendeteksi kanker prostat dini

Gambar 1. Pengujian ultrasonography selama kehamilan

Gambar 2. Sonograph sedang menunjukkan gambar kepala janin dalam kandungan

          Pada umumnya tujuan menggunakan mesin Ultrasonography pertimbangannya adalah kemampuannya dalam penggambaran. Aplikasi khusus mungkin hanya bisa diberikan dengan transduser khusus. Dinamika alami dari banyak penelitian pada umumnya memerlukan corak khusus dalam mesin Ultrasonography yang efektif, seperti transduser endovaginal, endorectal atau transesophageal. Pemeriksaan kandungan dengan ultrasonik biasanya digunakan selama kehamilan untuk mengecek perkembangan janin.
          Dalam sonogram panggul, organ pada daerah panggul dapat digambarkan dengan jelas yang meliputi kandungan dan indung telur atau kandung kecing. Orang kadang menggunakan sonogram panggul dengan tujuan untuk memeriksa kesehatan prostat dan kandung kecing mereka. Ada dua metoda untuk melakukan pemeriksaan panggul dengan ultrasonography secara internal dan eksternal. Pemeriksaan panggul sonogram internal merupakan salah satu bentuk transvaginally (untuk wanita) atau transrectally (untuk pria). Penggambaran sonogram panggul dapat menghasilkan informasi diagnostic penting yang berkaitan dengan keakuratan hubungan dari ketidaknormalan susunan organ panggul dengan yang lain dan presentasi ini bermanfaat untuk memberikan perlakuan pasien yang berkaitan dengan gejala turunnya kandungan mengenai panggul, pembesaran sehingga mengghalagi pembuangan air besar.
          Dalam sonogram abdominal, organ padat dari abdomen seperti pankreas, aorta, inferior vena cava, hati, kantong empedu, saluran pipa empedu, ginjal, dan limpa juga dapat digambarkan. Tetapi gelombang suara dihalangi oleh gas dalam bowel, oleh karenanya kemampuan diagnostik ultrasonography pada area ini agak terbatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar