• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Rabu, 27 November 2013

Kegunaan CT Scan dan Perawatannya

          Untuk bahasan terakhir pada sesi CT Scan kali ini kita akan membahas tentang kegunaan CT Scan dan perawatannya. Oke untuk mengetahui kegunaan CT Scan dalam bidang kedokteran dan cara perawatannya ikuti uraian berikut ini.

1. Kegunaan CT Scan
          CT scan mempunyai kemampuan unik untuk menggambarkan kombinasi dari jaringan lunak, tulang dan jaringan darah. CT scan merupakan satu peralatan terbaik untuk belajar abdomen dan paru-paru, juga mampu mendiagnosa kanker dan merupakan metoda untuk mendiagnose paru-paru, hati, dan kanker pankreas. Aplikasi lain dari CT Scan meliputi :
- Mendiagnosa dan evaluasi perawatan penyakit jantung.
- Mendiagnosa stroke akut.
- Mendiagnosa dan evaluasi perawatan untuk penyakit vaskuler
- Mengukur kepadatan mineral tulang untuk mendetaksi penyakit tulang osteoporosis.
- Mendiagnosa dan mengevaluasi perawatan luka traumatis.
- Juga dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah sinus dan bagian dalam telinga karena dapat menghasilkan gambar resolusi tinggi dari susunan jaringan lunak dan tulang lembut.
          CT Scan dapat memberikan informasi detail untuk hampir semua bagian tubuh meliputi :
- Otak, vessel, mata, telinga bagian dalam dan sinus.
- Dada, hati, jantung, aorta, paruparu
- Leher, bahu dan tulang belakang
- Tulang panggul dan tulang pinggul, sistem reproduksi lakilaki dan perempuan, kandung kencing dan gastrointestinal.

Gambar 1. Hasil CT Scan Otak

Gambar 2. Hasil CT Scan Jantung dan Torax

2. Perawatan CT Scan
          Peralatan CT imagng biasanya yang dibeli dengan pelayanan kontrak dari produsen atau pihak ketiga melayani pembeli antara lain meliputi tabung sinar x dan penggantian bagian lain serta pelayanan perbaikan darurat. Petugas departemen teknologi biomedical dan ahli ilmu fisika medis boleh juga melakukan cek pemeliharaan tahunan untuk pencegahan kerusakan, sebaiknya dilakukan kalibrasi bulanan, pengecekan kualitas gambar pengujian, dan memonitor dosis radiasi.
          Suatu program pengendalian mutu secara menyeluruh yang meliputi evaluasi resolusi gambar, akurasi dosis radiasi pasien, pemrosesan gambar, sistem performan keseluruhan dan corak kualitas gambar harus diikuti sesuai standar operasi prosedur (SOP). Teknolog radiasi mungkin memerlukan staf tenaga teknik untuk membantu perawatan dan pelayanan perbaikan. 
          Kebanyakan produsen CT Scan menawarkan cara diagnostik jarak jauh pada peralatan produksi mereka dengan memfasilitasi perbaikan dari permasalahan sistem. Komunikasi melalui internet dan telepon dengan pelayanan personal memungkinkan melakukan diagnostic software, misalnya melayani penggantian onderdil, download software untuk menyelesaikan masalah, atau pemberitahuan segera masalah operasional untuk diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar