• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Senin, 19 November 2012

Perakitan Digital Proyektor "SMK-Zyrex"

          Untuk merakit digital proyektor merk "SMK-Zyrex" terlebih dahulu harus kita ketahui bagian-bagian atau komponen-komponen dari proyektor tersebut. Bagian-bagian atau komponen-komponen tersebut antara lain yaitu :
1. Casing, fan, lampu dan optik
  2. Penguat / ballast
3. Power Supply
4. Pemroses data / Prosessor
          Setelah kita mengenal komponen-komponen tersebut di atas, langkah selanjutnya adalah memasang satu-per satu komponen tersebut ke dalam casing proyektor dengan urutan sebagai berikut:
1. Fan, lampu dan optik dipsang ke dalam casing seperti pada gambar 1 di atas
2. Penguat/ballast dipasang pada bagian dasar casing dan diberi penutup PVC hitam yang telah disediakan
3. Setelah penguat/ballast terpasang dan disekrupdengan sempurna, diatasnya dipasang power supply seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
4. Setelah power supply terpasang dan diskrup dengan sempurna, diatasnya dipasang plat penyekat seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
5. Setelah itu baru dipasang rangkaian pemroses data/rosessor sepertti terlihat pada gambar di bawah ini
6. Selanjutnya diatas rangkaian prosessor tersebut dipasang plat penutup terakhir seperti terlihat pada gambar di bawah ini
7. Jangan lupa memasang skrup pada plat penutup tersebut pada lubang-lubang yang telah tersedia. Setelah semua lubang telah terpasang skrup dengan kencang barulah kita lakukan pengetesan/pengujian proyektor yang telah kita rakit dengan menghubungkan ke sumber listrik PLN.
8. Jika proyektor berfungsi dengan baik, langkah selanjutnya adalah menutupnya dengan casing penutup, dan memasang sekrup pada sluruh lubang skrup yang telah tersedia, baik pada bagian bawah maupun pada bagian belakang casing.
9. Setelah semua skrup terpasang dengan kencang, proyektor siap untuk digunakan ataupun dipasarkan.
           Perlu diketahui selama penulis menggunakan digital proyektor ini untuk kegitan pembelajaran di kelas, tidak pernah terjadi masalah apapun walaupun dipakai secara nonstop mulai dari jam 7.00 s/d 12.30, sejak tahun 2009 sampai sekarang.. Dengan demikian digital proyektor produksi dalam negeri ini dapat dikatakan mempunyai kwalitas yang tidak kalah dengan produk-produk lain yang sejenis dan yang paling penting harganya relatif murah bila dibanding dengan produk lain yang sejenis.
          Menurut penulis paparan tersebut di atas tentang perakitan digital proyektor "SMK-Zyrex" sudah cukup jelas dan mudah dipahami, namun jika para pembaca masih belum jelas dan paham juga silahkan saksikan video tutorial tentang perkaitan digital proyektor "SMK-Zyrex" ini. Tapi penulis mohon maaf karena video tersebut tidak dapat langsung disaksikan di blog ini, mungkin kapasitasnya terlalu besar sehingga sewaktu akan diupload di sini, blogger tidak mampu meresponnya. Dengan terpaksa penulis harus upload ke Youtube, jadi pembaca bisa menyaksikan video tutorial tersebut di Youtube dengan judul "Video Perakitan Projector.wmv". Atau jika anda yakin ingin menyaksikan video tutorial tersebut langsung aja klik di bawah ini

Video Perakitan Digital Projector "SMK-Zyrex"

3 komentar:

  1. mat siang pa. kebetulan kita pake produk smkzyrex. kita mau tanya kalau proyektor MP 515 dimana kita bisa dapatkan produknya di sumatera utara dan berapa harganya

    BalasHapus
  2. Tanyakan ke agen Zyrex di kota anda, harganya dulu sekitar Rp. 3 jutaan, tapi sekarang mungkin udah turun.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus