• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Senin, 03 Februari 2014

Sistem Listrik & Mekanis Armatur Lampu Penerangan Jalan

          Oke sobat, setelah kita bahas tentang sistem optik armatur lampu penerangan jalan, kali ini kita laanjutkan dengan membahas tentang sistem listrik dan sistem mekanis armatur lampu penerangan jalan, Untuk dapat memahaminya, ikuti dan simak uraian berikut ini.

2.  Sistem Listrik
          Komponen sistem listrik pada armatur lampu (luminer) penerangan jalan yang dibahas dalam bagian ini adalah ballast. Sebuah ballast diperlukan untuk semua jenis lampu HID dan lampu fluorescent (neon). Sebuah ballast pada umumnya mempunyai tiga fungsi yaitu :
-  Menyediakan dengan tepat tegangan rangkaian terbuka untuk starting penyalaan lampu (beberapa lampu HID memerlukan tambahan penyala untuk mencapai tegangan starting yang tepat).
- Menjaga lampu tetap beroperasi pada parameter desain awal. Lampu HID memiliki resistensi atau impedansi operasi yang sangat rendah. Selain itu, jika tidak ada ballast yang mengontrol lampu HID beroperasi, maka arus akan meningkat terus yang menyebabkan impedansi juga menurun terus, dan mengakibatkan arus meningkat terus hingga belebihan. Siklus tersebut akan berlanjut sampai lampu terbakar dan fenomena ini disebut dengan resistensi negatif. Ballast menyediakan fungsi kontrol dan membatasi daya tersedia untuk lampu.
-  Menyesuaikan lampu dengan salah satu line tegangan yang tersedia.

        Biasanya ballast yang digunakan pada lampu penerangan jalan adalah jenis regulator atau watt konstan. Rangkuman karakteristik jenis ballast yang biasa digunakan pada lampu penerangan jalan tersaji dalam tabel berikut ini.

Jenis Ballast
Line Tegangan
(Volt)
Variasi Lampu
Watt vs Line
Faktor kerja minimal (Cos φ)
Arus starting
Arus lampu (Faktor puncak)
Rugi Ballast
Line (volt)
Lampu (watt)
Regulator atau watt konstan
120/240
atau
240/480
+10%
+3–5%
90 %
Lebih rendah daripada saat operasi
1,6-1,8
17% s/d 30%


          Ballast untuk lampu sodium tekanan tinggi yang terletak dalam armatur lampu, satu-satunya pengecualian jika akan digunakan untuk penerangan area pejalan kaki maka ballast dapat dipasang pada tiang.

3. Sistem Mekanis
          Sistem mekanis armatur lampu (luminer) berfungsi untuk mengenas semua komponen optik dan listrik agar aman, rapi dan menarik. Sistem ini terdiri dari rumah luminer,  soket support lampu, slipfitter, engsel dan kancing mekanis untuk memungkinkan siap mengakses interior luminer, dan bermacam-macam aneka perangkat keras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar