• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 11 Februari 2014

Jenis-Jenis Kabinet (PHB) Lampu Penerangan Jalan

          Dalam bahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa peralatan penerangan yang berhubungan dengan desain penerangan jalan antara lain meliputi :
-    Jenis-Jenis armatur lampu (Luminer)
-    Sistem Pendukung Armatur lampu (Luminer)
-    Pemilihan peralatan penerangan
-    Layanan kabinet (Panel Hubung Bagi)

          Poin pertama, kedua dan ketiga telah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, nah kali ini kita lanjutkan dengan membahas poin yang keempat yaitu mengenai layanan kabinet atau panel hubung bagi untuk lampu penerangan jalan. Untuk mengetahui layanan dan jenis-jenis kabinet (panel hubung bagi) yang digunakan pada lampu penerangan jalan silahkan sobat ikuti dan simak uraian berikut ini. 
          Titik layanan listrik (feedpoint) pada kabinet (PHB) penerangan jalan yang lengkap antara lain terdiri dari :
-   Pemutus rangkaian dan fotocell yang berfungsi sebagai kontrol lampu
-   Sebuah pondasi beton atau baja dan tiang untuk pemasangan lampu
-    Terminal listrik untuk sambungan kabel penghantar dari perusahaan layanan listrik (PLN)
-   Terminal untuk pembumian (grounding)
-   Sebuah alat ukur dan socket alat ukur bila diperlukan.

1. Layanan Kabinet (PHB) Tipe Sekunder  L1
          Jenis ini adalah layanan kabinet (PHB) yang dipasang di bawah lantai yang berisi blok distribusi listrik, pemutus rangkaian utama 2 kutub ukuran 2-100 ampere dan pemutus rangkaiaan cabang 1 kutub ukuran 8-20 ampere. Jenis ini memungkinkan untuk rangkaian 4 kawat yang bekerja pada kabinet (PHB) yang terdiri dari 2 kawat berarus (fasa), 1 kawat netral dan 1 kwat pentanahan. Masing-masing kawat bekerja dengan kapasitas beban 32 amp. Dalam sistem tegangan 220 volt, dapat menampung armatur lampu (luminer) HPS 106-250 watt. Dalam layanan kabinet (PHB) jenis ini juga disediakan sebuah photocell yang berfungsi untuk mengontrol operasi lampu.


Gambar 1. Kabinet )PHB) penerangan tipe sekunder L1

2. Layanan Kabinet (PHB) Tipe Sekunder L2
         Jenis ini adalah layanan kabinet (PHB) yang dipasang di bawah lantai yang berisi blok distribusi listrik, pemutus rangkaian utama 2 kutub ukuran 2-100 ampere dan pemutus rangkaiaan cabang 1 kutub ukuran 16-20 ampere. Jenis ini memungkinkan untuk rangkaian 4 kawat yang bekerja pada kabinet (PHB) yang terdiri dari 2 kawat berarus (fasa), 1 kawat netral dan 1 kwat pentanahan. Masing-masing kawat memiliki kapasitas beban 32 ampere. Dalam sistem tegangan 220 volt, dapat menampung armatur lampu (luminer) HPS 213-250 watt. Dalam layanan kabinet (PHB) jenis ini juga disediakan sebuah photocell yang berfungsi untuk mengontrol operasi lampu.

Gambar 2. Kabinet (PHB) peneangan tipe sekunder L2

3. Layanan Kabinet (PHB) Tipe Sekunder A
         Jenis ini adalah layanan kabinet (PHB) yang dipasang menempel pada tiang yang isinya identik dengan isi kabinet (PHB) type sekunder L1, dengan pemutus rangkaian utama 2 kutub 100 ampere dan pemutus rangkaian cabang 1 kutub 8-20 ampere. Jenis ini memungkinkan untuk rangkaian 4 kawat yang bekerja pada kabinet (PHB) yang terdiri dari 2 kawat berarus (fasa), 1 kawat netral dan 1 kwat pentanahan. Masing-masing kawat memiliki kapasitas beban 32 ampere. Dalam sistem tegangan 220 volt, dapat menampung armatur lampu (luminer) HPS 106-250 watt. Dalam layanan kabinet (PHB) jenis ini juga disediakan sebuah photocell yang berfungsi untuk mengontrol operasi lampu.

Gambar 3. Kabinet (PHB) penerangan tipe sekunder A

4. Layanan Kabinet (PHB Tipe Sekunder B
          Jenis ini adalah layanan kabinet (PHB) yang dipasang menempel pada tiang yang isinya identik dengan isi kabinet (PHB) type sekunder L2, dengan pemutus rangkaian utama 2 kutub 60 ampere dan pemutus rangkaian cabang 1 kutub 4-20 ampere. Jenis ini memungkinkan untuk rangkaian 4 kawat yang bekerja pada kabinet (PHB) yang terdiri dari 2 kawat berarus (fasa), 1 kawat netral dan 1 kwat pentanahan. Masing-masing kawat memiliki kapasitas beban 32 ampere. Dalam sistem tegangan 220 volt, dapat menampung armatur lampu (luminer) HPS 53-250 watt. Dalam layanan kabinet (PHB) jenis ini juga disediakan sebuah photocell yang berfungsi untuk mengontrol operasi lampu.

Gambar 4. Kabinet (PHB) penerangan tipe sekunder B

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar