• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 16 Mei 2013

Reset dan Interrupt Pada MC68HC11F1

RESET DAN INTERRUPT PADA MIKROKONTROLER MC68HC11F1

          Masih melanjutkan pembahasan mikrokontroler MC68HC11F1, pada pertemuan yang ketujuh untuk sesi sistem mikrokontroler kali ini akan kita bahas tentang reset dan interrupt pada mikrokontroler MC68HC11F1. Nah untuk memahani tentang bahasan tersebut silahkan ikuti dan simak uraian berikut ini.

1. Reset
Unit mikrokontroler MC68HC11F1 memiliki empat macam reset, yaitu :
- Pin masukan external reset aktif low
- Fungsi power on reset
- Clock monitoring failur
- Computer operating properly (COP) watchdog-timer timeout

a. Pin Reset
Untuk memenuhi keperluan reset external, disediakan pin untuk reset aktif low. Yang mana lamanya waktu reset logika low adalah paling cepat 8 kali siklus E-clock.

b. Power On Reset (POR)
Power on reset adalah pendeteksian sinyal reset ketika terjadi perubahan tegangan VDD dari positip ke logika rendah. Pada prakteknya power on reset ini adalah pembuatan delay selama beberapa watu pada pin reset agar ketika power supply dipasangkan akan menghasilkan logika rendah pada pin RESET dengan cara membuat rangkaian seri resistor capasitor.

c. Computer Operating Properly (COP)
          Dalam mikrokontroler MC68HC11F1 terdapat sebuah timer watchdog yang secara otomatis menghitung waktu time out program dalam tetapan waktu yang spesific. Jika timer COP watchdog mengijinkan untuk time out, maka suatu reset akan dilakukan, dimana pin RESET akan di-drive ke logika low untuk mereset mikrokontroller dan sistim external. COP Watchdog dapat menguji atau melihat apakah program berjalan dengan baik atau terjadi kesalahan, untuk keperluan ini kita harus membuat software untuk menetapkan waktu watchdog. Jika watchdog tidak diset ulang maka dia akan me-reset system yang berarti akan kembali ke program awal.
          Fungsi reset COP dapat dilakukan dengan memprogram bit kontrol NOCOP dari register sistim konfigurasi (CONFIG). Pertama kali diprogram, kontrol bit ini akan dibersihkan kalau tidak ada power supply, dan fungsi COP ini aktif atau tidak tergantung dari software.
          Bit kontrol proteksi (CR1 dan CR0) dalam register pilihan konfigurasi (OPTION) memberikan kemungkinan untuk memilih satu dari empat rate timeout. Tabel di bawah ini memperlihatkan hibungan antara CR1 dan CR0 terhadap periode COP timeout untuk beberapa variasi frekenuensi clock.

Tabel 1. COP Timeout Periods

         Urutan langkah untuk me-resetting timer watchdog adalah sebagai berikut :
- Tulis $55 ke register reset COP (COPRST)
- Tulis $AA ke register COPRST

2. Interrupt
          Selain interrupt type reset, masih terdapat 17 interrupt hardware dan satu interrupt software yang dapat dilakukan dari banyak kemungkinan sumber. Interrupt ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu maskable dan nonmaskable interrupt. Limabelas interrupt dapat dimasker melalui bit I pada register kode kondisi (Condition code register CCR). Semua interrupt hardware pada chip unit mikrokontroler dikontrol oleh bit local secara individual.
          Interrupt software adalah nonmaskable. Pin masukan interrupt external XIRQ adalah interrupt yang nonmaskable karena XIRQ tidak dapat dimasker oleh software sejak dienablekan. Meskipun demikian XIRQ dapat dimasker selama reset. Opcode illegal juga termasuk interrupt yang nonmaskable.
          Real-time interrupt menyediakan sebuah programmable periodic interrupt yang ter-maskable oleh bit I dalam register CCR atau bit RTI enable pada register timer interrupt mask 2 (TMSK2). Rate berabasis pada E-cock dan software untuk memilih factor pembagi E-clock sebesar E dibagi 2 pangkat 13, E dibagi 2 pangkat 14, E dibagi 2 pangkat 15 atau E dibagi 2 pangkat 16.

Tabel 2. Daftar Vector Interrupt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar