• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 23 Mei 2013

Modul Mikrokontroler VEDCLEMPS

MODUL  DAN TRAINER MIKROKONTROLER VEDCLEMPS

          Mikorkontroler MC68HC11F1 telah kita bahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, nah sekarang pada pertemuan yang ketigabelas untuk sesi sistem mikrokontroler giliran membahas mikrokontroler VEDCLEMPS. Untuk memahami apa itu mikrokontroler VEDCLEMPS, langsung saja kita ikuti dan simak penjelasan berikut ini.
          Agar chip IC mikrokontroler dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan, IC mikrokontroler harus dirangkai pada suatu board dan harus dilengkapi dengan rangkaian pendukung agar MCU tersebut dapat berinterkasi dengan banyak peralatan. Pada bahasan ini kita akan menggunakan unit mikrokontroler yang dirangkai pada suatu board dengan mode expanded yang disebut dengan VEDCLEMPS. VEDCLEMPS adalah modul mikrokontroler yang dibangun dari chip IC MC68HC11F1 (Motorola) dalam mode ”EXPANDED” yang dilengkapi dengan extended RAM 32 KByte dan EPROM 32 KByte, dikembangkan bersama dengan Herr Bruno Warnister dari GIB Bern Switzerland. Modul ini dilengkapi dengan software VEDCLEMPSWIN ditulis dengan software DELPHI di bawah operasi windows yang dalam penampakannya pada layar monitor (MENU dan keterangan lainnya) berbahasa Indonesia.
          VEDCLEMPSWIN memungkinkan pembuatan program aplikasi menjadi lebih mudah dan menrik untuk segala kebutuhan baik di dunia industri maupun untuk keperluan pendidikan dan pelatihan di sekolah dan perguruan tinggi. Dengan software tersebut kita dapat menulis, mengedit, menyimpan, mengcompile serta Download Program Assembler dari Personal Computer ke modul Microcontroller melalui sambungan serial PORT RS232. System mikrokontroler pada dasarnya diprogram dengan bahasa Assembler, tetapi dapat pula dengan bahasa C atau Pascal yang kemudian diubah ke dalam kode-kode mikrokontroler yang sesuai. Hampir pada semua 8 bit mikrokontroler mempunyai bangun yang hampir sama. Bagian yang paling utama adalah CPU (Central Prosessing Unit). CPU menginterprestasikan kode-kode pemrograman, mengatur jalannya program serta melaksanakan operasi aritmetik dan operasi logika di dalam ALU (Aritmetik Logic Unit). Tidak semua CPU dapat dioperasikan dnegan bahasa Assembler yang sama, tetapi tergantung dari pabrik pembuatnya. Untuk famili Motorola MC68HC11 dapat digunakan bahasa Assembler yang dikeluarkan (Freeware) secara khusus. Dengan freeware ini VEDCLEMPSWIN for windows dikemas menjadi software pemrograman yang menarik untuk pembuatan program-program mikrokontroler.

Gambar 1. Modul Mikrokontroler VEDCLEMPS

Gambar 2. Rangkaian Modul Mikrokontroler VEDCLEMPS

Gambar 3. Trainer Mikrokontroler VEDCLEMPS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar