• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Senin, 13 Mei 2013

Memory, Register Kontrol & Register Status MC68HC11F1

MEMORY, REGISTER KONTROL DAN REGISTER STATUS 
MIKROKONTROLER MC68HC11F1

          Menyambung pembahasan kita tentang mikrokontroler MC68HC11F1 pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, maka pada pertemuan keempat untuk sesi sistem mikrokontroler kali ini kita akan membahas tentang memory, register kontrol dan register status mikrokontroler MC68HC11F1 tersebut. Untuk memahami tentang bahasan tersebut langsung saja ikuti dan simak uraian berikut ini.

1. Memory
          Mikrokontroler MC68HC11F1 pada dasarnya mampu mengakses 64 Kbyte alamat memori external. Satu chip IC memiliki 1 Kbyte static RAM, 512 byte EEPROM dan 96 byte status dan code register. Gambar 1 di bawah ini mengilustrasikan peta memory untuk semua mode operasi.

2. Pemetaan Memory Subsystems
          Dengan menggunkan register INIT, dapat dilakukan pemetaan untuk 96 byte blok register kontrol dan register status, serta 1K RAM static ke dalam 4K boundary di memory. Setelah reset lokasi RAM pada alamat $0000 sampai dengan $03FFF dan lokasi register berada pada alamat $1000 sampai dengan $105F.
EEPROM dapat di-enable-kan dengan mengeset bit EEON pada register CONFIG.
          Pada mode expanded-nonmultiplexed dan special-test, alamat EEPROM ada pada lokasi memory $xE00 sampai dengan $xFFF, dimana x mewakili nilai dari empat bit tertinggi pada register CONFIG, pada mode single-chip, alamat EEPROM adalah pada $FE00 sampai dengan $FFFF sedangkan pada mode bootstrap ROM berada pada alamat $BF00 sampai dengan $BFFF pada saat perubahan ke mode bootstrap.
          Pengalamatan memory seharusnya tidak boleh terjadi konflik, prioritas utama adalah blok regioster dan berikutnya adalah RAM. Sedangkan pada mode bootstrap ROM mendapatkan prioritas utama setelah itu baru EEPROM.

3. Register Kontrol dan Register Status
          Ada 96 byte status register yang digunakan untuk mengontrol operasi mikrokontroller. Alamat register ini dapat direlokasikan sebesar 4 K boundary di dalam internal RAM yang defaultnya setelah reset adalah $1000 - $105F. Tabel 1 di bawah ini adalah daftar register serta alamat yang dipakai.

Tabel 1. Daftar Register Kontrol dan Register Status

4. RAM dan I/O Mapping Register (INIT)
          Register INIT adalah register 8 bit yang khusus dipergunakan untuk inisialisasi merubah default lokasi alamat RAM dan alamat register kontrol yang terdapat pada peta memory internal unit mikrokontroler. Perubahan ini hanya dapat dilakukan selama 64 siklus pertama E-clock setelah sinyal reset pada mode normal. Setelah itu register INIT menjadi register yang hanya dapat dibaca saja.

Gambar 1. RAM dan I/O Mapping Register

          Sejak register INIT diset &1 oleh reset, default alamat awal RAM adalah $0000 dan blok register kontrol dan register status berawal pada alamat $1000. RAM[3:0] khusus untuk mengatur alamat awal 1KByte RAM dan REG[3:0] khusus untuk mengatur alamat blok register kontrol dan register status. Dalam hal ini kombinasi dari empat bit RAM dan REG menjadi empat bit terbesar (Most Significant Bit MSB) dari 16-bit alamat RAM atau register yang ditulisi. Pada contoh di atas, register INIT diset dengan nilai $01 menunjukkan bahwa alamat awal blok register kontrol dan register status diatur pada posisi $1000. Sedangkan alamat awal RAM pada posisi $0000. Berikut ini adalah daftar register kontrol dan register status dengan alamat awal $1000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar