• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Rabu, 18 Desember 2013

Metode Imaging Lainnya Dalam Bidang Kedokteran

         Seperti yang telah kita bahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya bahwa metode imaging yang  lazim digunakan dalam bidang kedokteran ada 4 macam yaitu Magnetic Resonance Imaging (MRI), CT Scan, Ultrasonography (USG) dan PET Scan. Namun selain ke 4 macam metode imaging tersebut masih ada metode alternatif lain yang bisa digunakan dalam bidang kedokteran yaitu :

1. Thermography (Pengidera Thermal Jarak Jauh)
           Suatu thermography merupakan penginderaan thermal jarak jauh (sensor yang digunakan berupa kamera thermal) dalam penggambaran medis yang dioperasikan dengan panjang gelombang infra merah menengah antara (2,8 dan 5,5 mikrometer), piranti penggambaran lain dalam cakupan panjang gelombang 8 sampai 12 mikrometer. Hal ini juga dikenal sebagai penggambangan medis inframerah. Thermogram tubuh menunjukkan variasi temperatur, yang dapat didiagnosa untuk mengetahu berbagai penyakit dan kondisi patologi yang terdapat pada lokasi radang panas. Kebanyakan thermogram dibuat dari tubuh bagian luar, yang mana temperatur yang terukur adalah yang ada pada area kulit, variasi bagian dalam seperti dari ketegangan otot atau peradangan lokal menghasilkan temperatur lebih tinggi yang mengakibatkan aliran panas pada permukaan badan mengarah dengan konduksi langsung melalui vascular. Thermography medis umumnya terbatas pada resolusi penggambaran rendah namun nampaknya teknologi penghalusan yang digunakan terus meningkat, sekarang dalam melayani bidang kedokteran thermography merupakan alat pertama yang murah untuk menentukan diagnosa jika terdapat keganjilan yang mengharuskan adanya imaging lebih jauh dengan metoda yang lebih sensitip. 
        Thermography sangat sering digunakan dalam mammography sebagai metoda deteksi awal untuk diikuti dengan mammogram sinar x jika ditemukan ketidaknormalan secara signifikan. Thermogram dapat juga melukiskan pemanasan abnormal yang menandakan adanya peradangan. Mengenal kondisi neuropathy penyakit gula dapat dideteksi menggunakan thermography. Dalam gambar di bawah ini, kaki kanan pasien kelihatan jelas lebih dingin, disarankan sirkulasi yang berkaitan dengan kerusakan syaraf dikurangi. Dalam pasangan thermogram ini menunjukkan keefektifan perlakuan dari fibromyalgia. Dibawah ini juga menunjukkan thermogram kefektifan perawatan untuk fibromyalgia.

Gambar 1. Hasil scan thermal

          Terakhir NASA JPL telah mengembangkan suatu scanner thermal portabel yang dioperasikan dalam cakupan panjang gelombang infra merah antara 8 sampai 12 mikrometer yang dailakukan dalam penelitian angkasa medis oleh astronot. Disamping itu scanner tersebut juga dapat digunakan sebagai perangkat diagnose untuk mendeteksi penyakit tertentu, misal dari gambar otak 3D  pada gambar 1 di atas terdapat dua tumor (ditunjukkan dengan warna jingga).

2. Teknik Cardiovascular Imaging
          Teknik cardiovascular imaging adalah menggunakan unsur radioaktif untuk tabel aliran darah pembuluh jantung dan darah. Misal teknik imaging radiovascular menekankan pada pemeriksaan thalium, yang mana pasien disuntik dengan campuran thalium, kemudian dicoba-coba pada suatu treadmill, dan digambar dengan kamera sinar gama. Setelah perioda istirahat pengamatan diulangi tanpa dicoba. Gambar sebelum dan sesudah percobaan dibandingkan untuk mengungkapkan perubahan aliran darah ke jantung yang sedang bekerja. Teknik ini berguna dalam mendeteksi penghalangan nadi utama atau arterioles dalam jantung dan jaringan lain.

3. Scanning Tulang
          Scanning tulang mendeteksi radiasi dari unsur radioaktif (technetium-pp ethyldiphosphate) yang bila diinjeksikan ke dalam tubuh akan dikumpulkan dalam jaringan tulang, jaringan tulang merupakan ahlinya dalam mengumpulkan campuran fosfor. Unsur dikumpulkan dalam area aktivitas metabolik tinggi sehingga gambar yang dihasilkan menunjukkan titik terang dari aktivitas tinggi dan titik gelap dari aktivitas rendah. Scanning tulang bermanfaat untuk mendeteksi kanker, yang umumnya memiliki aktivitas metabolik tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar