• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 19 September 2013

Bahaya Kebakaran & Ledakan Akibat Listrik

BAHAYA KEBAKARAN DAN LEDAKAN AKIBAT KESALAHAN/KEGAGALAN 
JARINGAN INSTALASI LISTRIK

          Banyak peristiwa kebakaran dan ledakan sebagai akibat dari kesalahan atau kegagalan jaringan instalasi listrik. Peristiwa ini memberikan akibat yang jauh lebih fatal dari pada peristiwa sengatan listrik, karena akibat yang ditimbulkannya biasanya jauh lebih hebat. Akibat kebakaran dan ledakan ini tidak terbatas pada jiwa namun juga pada harta benda. Lebih-lebih lagi bila melibatkan zat-zat berbahaya, maka tingkat bahayanya juga akan lebih dasyat dan akan merusak lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, peristiwa semacam ini harus dicegah jangan sampai terjadi.

1. Penyebab Kebakaran dan Ledakan
          Penyebab kebakaran dan ledakan akibat kesalahan atau kegagalan jaringan instalasi listrik ini antara lain karena : 
a. Ukuran kabel yang tidak memadai
          Salah satu faktor yang menentukan ukuran kabel atau penghantar adalah besar arus nominal yang akan dialirkan melalui kabel/penghantar tersebut sesuai dengan lingkungan pemasangannya, terbuka atau tertutup. Dasar pertimbangannya adalah efek pemanasan yang dialami oleh penghantar tersebut jangan melampaui batas. 
         Bila kapasitas arus terlampaui maka akan menimbulkan efek panas yang berkepanjangan yang akhirnya bisa merusak isolasi dan atau membakar benda-benda sekitarnya. Agar terhindar dari peristiwa kapasitas lebih semacam ini maka ukuran kabel harusdisesuaikan dengan peraturan instalasi listrik.

b. Penggunaan adaptor atau stop kontak yang salah
          Yang dimaksudkan di sini adalah penyambungan beban yang berlebihan sehingga melampaui kapasitas stop-kontak atau kabel yang mencatu dayanya.

Gambar 1. Pemakaian stop kontak yang salah (berlebihan)

c. Pemasangan instalasi kontak yang jelek (kurang kencang/kendor)

Gambar 2. Kontak steker yang kurang kencang (kendor)

d. Percikan bunga api pada peralatan listrik atau ketika memasukkan dan mengeluarkan steker ke stop kontak pada lingkungan kerja yang berbahaya dimana terdapat cairan, gas atau debu yang mudah terbakar.

e. Untuk daerah-daerah seperti ini harus digunakan peralatan anti percikan api.

2. Kondisi abnormal sistem kelistrikan
          Gambar 3 di bawah ini mengilustrasikan arus kesalahan (abnormal) yang sangat ekstrim yang bisa jadi menimbulkan kebakaran dan atau ledakan, yaitu :
a. Terjadinya hubung singkat antar saluran aktif L1, L2, dan L3,
b. Hubung singkat ke tanah (hubung tanah) antara saluran aktif L1, L2, L3 dengan tanah
c. Bila ada kawat netral (nol) bisa terjadi hubung singkat antara saluran aktif L1, L2, L3 dengan saluran netral (nol).
          Untuk mencegah potensi bahaya yang disebabkan oleh kondisi abnormal semacam ini adalah pemasangan alat proteksi yang tepat, seperti sekering, CB, MCB, ELCB, dan lain-lain.

Gambar 3. Jenis kesalahan/kegaglan instalasi listrik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar