• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Minggu, 02 Juni 2013

Pengkodean Program I/O Pada VEDCLEMPS

PENGKODEAN PROGRAM INPUT-OUTPUT (I/O) PADA 
MIKROKONTROLER VEDCLEMPS

          Selamat menikmati hari libur di hari minggu sobat blogger, meskipun libur tidak ada salahnya kalau sobat blogger tetap mengikuti pertemuan kali ini. Pada pertemuan yang keduapuluh satu untuk sesi sitem mikrokontroler kita lanjutkan dengan membahas pengkodean program I/O pada mikrokontroler VEDCLEMPS. Nah untuk memahami tentang penkodean program I/O tersebut, silahkan simak uraian berikut ini.
          Kita akan mencoba membaca data dari deretan 8 buah saklar yang terhubung pada PORTG dan mengeluarkan data hasil pembacaan itu ke deretan 8 buah LED yang terpasang pada PORTA secara terus menerus (lihat gambar 1 berikut ini).

Gambar 1. Modul I/O Digital tersambung pada modul mikrokontroler VEDCLEMPS

          Opcode diperoleh dengan cara menerjemahkan dari buku instruksi, dan angka-angka inilah yang diketikkan pada editor software EPROM programmer atau langsung didownload ke modul mikrokontroller. Cara yang demikian amat susah dan tidak mungkin dilakukan untuk program yang panjang, nah cara yang paling baik dan mudah adalah dengan menulis program dalam assembler pada suatu text editor dengan format penulisan yang sudah baku.

Alamat         Opcode            Mnemonic            Keterangan
0000            86  FF              LDAA #FF          Mengisi data langsung #$FF ke dalam Akku A
0002            B7  10  01        STAA DDRA       Mengeluarakan isi Akku A ke DDRA (Adr $1001)
0005            86   00              LDAA #00           Mengisi data langsung #$00 ke dalamAkku A
0007            B7  10  03        STAA DDRG       Mengeluarakan isi Akku A ke DDRG (Adr $1003)
000A           B6  10  02        LDAA PORTG     Akku A diisi data dari PortG (Adr. $1002)
000D           B7  10  00        STAA PORTA      Isi Akku A diberikan ke PortA (Adr. $1000)
0010            7E  00  0A       JMP $000A           Loncat ke alamat $000A

Setelah arah masuk-keluarnya data ditentukan (di-inisialisasi), berikut ini kita akan mencoba membaca data dari deretan 8 buah saklar yang terhubung pada PORTG dan mengeluarkan data hasil pembacaan itu ke deretan 8 buah LED yang terpasang pada PORTA secara terus menerus. Sambungkanlah modul mikrokontroller VEDCLEMPS dengan kabel RS232 ke komputerdan pasangkan pula powersupply 12 V dc. Kemudian jalankan program aplkasi windows VEDCLEMPSWIN dan bukalah mode terminal. Perhatikan dan yakinkan bahwa Prompt V2.35/VEDC sudah muncul pada editor mode terminal. Selama prompt belum muncul maka kita tidak dapat menjalakan mikrokontroler. Usahakan pertama kali prompt harus muncul dengan cara menekan tombol reset atau tombol XIRQ pada modul mikrokontroller dan jika tombol ENTER pada keyboard ditekan maka pada editor terminal juga akan muncul prompt baru seperti pada tampilan gambar 2 berikut ini.

Gambar 2. Jendela Menu Terminal Program VEDCLEMPSWIN

Berikutnya salinlah kode operasi program IN_OUT diatas dengan cara mengetikan kode operasi tersebut dengan bantuan tokens “TULIS” sebagai berikut :

Gambar 3.Menulis data RAM pada jendela Menu Terminal

Untuk melihat apakah data yang sudah kita ketikkan tadi sudah masuk ke RAM dengan alamat awal 0000 atau belum, kita dapat memeriksanya dengan meggunakan tokens “BACA” sebagai berikut :

Gambar 4. Membaca data RAM pada jendela Menu Terminal

Perhatikan apakah data yang ditampilkan sudah benar atau belum, jika belum benar kita dapat memperbaikinya dengan cara menuliskan lagi data yang salah dengan tokens “TULIS” kemudian ketik alamat data yang salah dan selanjutnya ketikkanlah data yang benar, kemudian ENTER dan periksalah lagi data baru tersebut.

CATATAN :
Penulisan data yang berupa huruf A,B,C,D,E,F harus dalam bentuk huruf besar (Kapital). Jika terjadi kesalahan ketik, tombol BACKSPACE tidak berfungsi ( tidak dapat dibetulkan), untuk memperbaikinya tekan tombol ENTER maka akan ganti baris dan ulangi lagi langkah yang salah tersbut. Tokens BACA,TULIS,GOTO,REGI bebas menngunakan huruf besar atau kecil.

Apabila program yang ditulis sudah benar, kita dapat menjalankan program tersebut dengan bantuan tokens “GOTO” alamat 0000 sebagai berikut :

Gambar 5. Menjalankan program pada alamat 0000

Mainkanlah deretan saklar pada PORTG dan perhatikan nyala deretan LED pada PORTA apakah sesuai dengan kedudukan saklar, jika saklar ON maka LED menyala dan jika saklar OFF maka LED padam ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar