• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 25 Juni 2013

Aplikasi Kontrol Motor Listrik Sistem Elektromagnetik Pada Pabrik (4)

APLIKASI KONTROL MOTOR LISTRIK SECARA ELEKTROMAGNETIK 
PADA SEBUAH PABRIK (LPM.04)

          Setelah sempat terhenti beberapa saat, sekarang kita lanjutkan kembali pembahasan tentang aplikasi kontrol motor listrik secara elektromagnetik pada sebuah pabrik. Pada bagian ke empat ini kita akan membahas pemasangan lokal panel motor (LPM.04) pada sebuah pabrik pupuk di suatu tempat yang telah penulis ceritakan pada pertemuan (bagian pertama) sesi aplikasi kontrol motor listrik pada sebuah pabrik.
          Oke langsung saja sobat blogger, bahwa LPM.04 pada pabrik pupuk terdapat 15 feeder yang terdiri dari 5 feeder untuk mensuplai motor listrik penggerak mesin, 3 feeder untuk mensuplai mesin pengantongan dan penjahitan kantong pupuk, 1 feeder untuk mensuplai lampu penerangan di sekitar area LPM.04 dan 5 feeder untuk cadangan. Untuk jelasnya ukuran arus nominal dari circuit breaker dan komponen-komponen kontrolnya dapat dilihat pada gambar 1 berikut ini.

Gambar 1. Single line diagram LPM.04

1. Motor penggerak screw conveyor A dan screw conveyor B
          Oleh karena ukuran daya listrik dari kedua motor penggerak screw conveyor tersebut sama besarnya yaitu 4 Kw, maka ukuran arus nominal komponen-komponen kontrol untuk kedua motor tersebut juga sama. Untuk itu di bawah ini akan ditampilkan gambar diagram utama dan diagram kontrol dari salah satu motor saja.

Gambar 2. Main diagram motor screw conveyor A

Gambar 3. Control diagram motor screw conveyor A

2. Motor penggerak oil loading pump
          Ukuran arus nominal komponen-komponen kontrol untuk motor penggerak oil loading pump dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Gambar 4. Main diagram motor oil loading pump

Gambar 5 Control diagram motor oil loading pump

3. Motor penggerak fresh air valve dan control valve
          Oleh karena ukuran daya listrik dari motor penggerak fresh air valve dan motor penggerak control valve sama besarnya yaitu 0,2 Kw, maka ukuran arus nominal komponen-komponen kontrol untuk kedua motor tersebut juga sama. Untuk itu di bawah ini akan ditampilkan gambar diagram utama dan diagram kontrol dari salah satu motor saja.

Gambar 6. Main diagram motor fresh air valve

Gambar 7. Control diagram motor fresh air valve

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar