• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 13 Juni 2013

Aplikasi Kontrol Motor Listrik Secara Elektromagnetik Pada Pabrik (2)

APLIKASI KONTROL MOTOR LISTRIK SECARA ELEKTROMAGNETIK 
PADA SEBUAH PABRIK (LPM.02) 

          Pada bagian ke dua untuk sesi aplikasi kontrol motor listrik secara elektromagnetik pada sebuah pabrik kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan tentang pemasangan lokal panel motor (LPM.02) yang berada di salah satu pabrik pupuk tersebut. Oke langsung saja dapat dijelaskan bahwa LPM.02 terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut :
- LPM.02 terdiri dari 7 feeder yaitu 6 feeder untuk mensuplai 6 buah motor listrik 3 fasa yang masing-masing sebagai penggerak belt conveyor 1, 2, 3 dan 4, chain conveyor 2, breeches chute dan 1 feeder untuk mensuplai lampu penerangan di sekitar LPM.02 tersebut.
- LPM.02 dilengkapi dengan 1 buah circiut breaker (CB) utama dan 7 buah circuit breaker (CB) cabnag, 6 buah kontaktor magnet dan 6 buah thermal overload relay (TOR) yang ukuran masing-masing komponen seperti terlihat pada gambar 1 berikut ini.
Gambar 1. Single line diagram LPM.02

- Pada tutup LPM.02 dilengkapi dengan 3 buah lampu indikator line (phasa) dan 3 buah mini fuse dengan ukuran seperti yang terlihat pada gambar 2 berikut ini.
Gambar 2. Wiring diagram main switch LPM.02

- Untuk rangkaian kontrol dan rangkaian utama motor belt convetor 1 terdapat komponen-komponen dengan ukuran seperti yang terlihat pada gambar 3 dan 4 berikut ini.
Gambar  3 Control diagram motor belt conveyor 1

Gambar 4. Main diagram motor belt conveyor 1

- Untuk rangkaian kontrol dan rangkaian utama motor penggerak belt conveyor 2 terdapat komponen-komponen dengan ukuran arus seperti yang terlihat pada gambar 5 dan 6 berikut ini.
Gambar 5. Control diagram motor belt conveyor 2

Gambar 6. Main diagram motor belt conveyor 2

- Untuk motor penggerak belt conveyor 3, oleh karena daya motornya sama dengan daya motor penggerak belt conveyor 1 yaitu sebesar 5,5 Kw, maka ukuran arus komponen-komponen yang terdapat pada rangkaian kontrol dan rangkaian utama motor penggerak belt conveyor 3 juga sama seperti terlihat pada gambar 3 dan 4 di atas.
- Untuk rangkaian kontrol dan rangkaian utama motor penggerak belt conveyor 4 terdapat komponen-komponen dengan ukuran arus seperti terlihat pada gambar 7 dan 8 berikut ini.
Gambar 7. Control diagram motor belt conveyor 4

Gambar 8. Main diagram motor belt conveyor 4

- Untuk rangkaian kontrol dan rangkaian utama motor penggerak chain conveyor 2 terdapat komponen-komponen dengan ukuran arus seperti terlihat pada gambar 9 dan 10 berikut ini.
Gambar 9. Control diagram motor chain conveyor 2

Gambar 10. Main diagram motor chain conveyor 2

- Untuk motor penggerak breeches chute, oleh karena daya motornya sama dengan daya motor penggerak belt conveyor 4 yaitu sebesar 3 Kw, maka ukuran arus komponen-komponen yang terdapat pada rangkaian kontrol dan rangkaian utamanya juga sama seperti yang terlihat pada gambar 7 dan 8 di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar