PEMBUATAN PROGRAM DENGAN MENGGUNAKAN FORMAT ASSEMBLER PADA MIKROKONTROLER VEDCLEMPS
Pada pertemuan yang keduapuluh tiga untuk sesi sistem mikrokontroler kali ini kita lanjutkan dengan membahas pembuatan program dengan menggunakan format assembler pada mikrokontroler VEDCLEMPS. Untuk menulis program assembler pada suatu text editor, susunan penulisan harus diperhatikan. Penulisan dan penempatan instruksi yang tidak mengikuti aturan akan menyebabkan program tersebut tidak dapat di-compile ke bahasa mesin. Proses meng-compile yang sukses akan menghasilkan file dengan extensi *.S19 dan file *.LST. File S19 inilah yang berisi kode operasi (bahasa mesin) yang akan di-download ke mikrokontroller VEDCLEMPS. Adapun susunan penulisan program assembler adalah sebagai berikut :
Kolom Kolom Kolom Kolom
Pertama Kedua Ketiga Keempat
Label Mnemonic Operand Kommentar
* Programm pertamaku In_Out
* Isi PortG dikeluarkan ke PortA
* Bagian Pendefinisian ---------------------------------------------------------------------------
PORTA equ $1000 Dengan EQU alamat $1000 = label PORTA
DDRA equ $1001
PORTG equ $1002
DDRG equ $1003
org $0000 Alamat awal Program di RAM
* Bagian Inisialisasi ------------------------------------------------------------------------------
Inisial ldaa #$FF Akku A diisi data #$FF
staa DDRA Isi Akku A dikeluarkan ke DDRA
ldaa #$00 Akku A diisi data #$00
staa DDRG Isi Akku A dikeluarkan ke DDRG
* Bagian Program utama ---------------------------------------------------------------------------
Lagi ldaa PORTG Membaca PortG dan memasukannya ke Akku A
staa PORTA Mengeluarkan isi Akku A ke PortA
jmp Lagi Loncat ke label Lagi
* Selesai ------------------------------------------------------------------------------------------
end Akhir program
1. Membuat File Baru
Pilihlah sub menu Baru LEMPS *.ASC pada menu Berkas seperti terlihat pada tampilan gambar 1 berikut ini.
Gambar 1. Sub menu membuat file Baru LEMPS * ASC
Sehingga akan muncul satu jendela baru yaitu editor assembler berisi format urutan penulisan program assembler lengkap dan runtut yang sudah disediakan dengan nama file NONAMA.ASC seperti berikut :
Gambar 2. Jendela Editor
Berikutnya salinlah program BLINKER di bawah ini dengan memasukkan ke editor tersebut :
Gambar 3. Program Blinker pada editor
2. Menyimpan File
Pilihlah sub menu Simpan pada menu Berkas sehingga akan muncul satu jendela baru yaitu Menyimpan data seperti terlihat pada tampilan gambar 4 berikut ini.
Gambar 4. Sub menu menyimpan file
Atau dengan cara lain yang lebih mudah kita tinggal klick saja pada toolbar dengan gambar disket seperti gambar 5 di bawah ini.
Gambar 5 Toolbar menyimpan file
Gantilah nama file NONAME.ASC yang terdapat pada kotak isian nama file menjadi nama baru BLINKER.ASC seperti gambar 6 berikut ini:
Gambar 6. Jendela mengganti nama file
3. Menghimpun ( meng-compile ) File
Menghimpun ( meng-compile ) adalh membuat file baru dengan format S19 atau BOO dari file dalam format assembler. Dengan menghimpun kita akan memperoleh file yang berisi kode operasi dari program yang kita buat dengan bahasa assembler secara otomatis ( komputer yang mengerjakan sendiri pengkodean kembali instruksi assembler ). File dalam format S19 ini yang akan dikirimkan melalui kabel RS232 ke modul mikrokontroller.
Gambar 7. Sub Menu menghimpun file
Untuk menghimpun, pilihlah sub menu Menghimpun pada menu Menghimpun S19 seperti terlihat pada tampilan gambar 7 di atas. Atau dengan cara lain kita dapat menekan tombol fungsi F9 pada keyboard atau dengan cara lain lagi yaitu dengan mengklick toolbar dengan gambar icon seperti gambar 8 di bawah ini :
Gambar 8. Toolbar menghimpun file
Berikutnya komputer akan memproses compileing dan menampilkan hasilnya pada jendela baru. Pada jendela ini akan muncul informasi apakah proses compileing berhasil atau terjadi kesalahan. Jika berhasil akan diperoleh file baru dalam format S19 atau BOO dan abapila terdapat kesalahan maka tidak akan dihasilkan file tersebut. Banyaknya kesalahan akan ditampilkan pada jendela ini. Informasi kesalahan 0 berarti file berhasil dicompile tanpa ada kesalahan. Setelah muncul jendela Finished - Assembler, tutuplah jendela tersebut, karena setiap kali kita melakukan copileing akan selalu muncul satu jendela satu informasi seperti itu.
Gambar 9. Jendela menghimpun file
4. Mencari Kesalahan
Apabila pada proses compileing ( menghimpun ) muncul informasi adanya kesalahan. Sebagai contoh ditunjukkan seperti gambar berikut ini :
Gambar 10.Jendela hasil menghimpun file
Bahwa telah terjadi satu kesalahan. Kesalahan yang dimaksud tersebut dapat kita lihat dengan cara memilih sub menu Cari Kesalahan [^] pada menu Cari seperti terlihat pada tampilan gambar 11 di bawah ini.
Gambar 11. Sub Menu mencari kesalahan penulian
Atau dengan cara menekan tombol Control + E pada keyboard atau dengan cara yang paling cepat dengan meng-klick toolbar dengan gambar icon seperti di bawah ini :
Gambar 12. Toolbar mencari kesalahan penulisan
Berikutnya akan muncul jendela baru seperti gambar 13 berikut ini :
Gambar 13. Jendela penunjukkan kesalahan
Perhatikan bahwa terjadi kesalahan pada perintah jmp Utama. Kode kesalahan yang ditunjukkan adalah Error 235. Untuk menmgetahu keslahan apa yang dimaksud, kita dapat melihatnya pada sub menu Assembler M68HC11 pada menu Manual seperti terlihat pada tampilan gambar 14 berikut ini.
Gambar 14 Sub Menu Assembler M68HC11
Dari menu manual sub menu assembler M68HC11 kita peroleh informasi : ERROR 235 Tanda (Difinisi) tidak dikenal, Syntaxerror, Format Bilangan. Kita perhatikan bahwa Label Utama tidak diketemukan. Sekarang kita harus melihat dan meneliti kembali program yang kita buat apakah label Utama memang benar tidak ada ?.
Gambar 15. Kesalahan penulisan huruf "U"
Perhatikan bahwa ternyata label Utama memang tidak ada yang ada adalah label utama. Penulisan label harus sama persis berkaitan dengan besarnya huruf yang dipakai. U dan u adalah tidak sama ! Untuk memperbaikinya samakanlah label yang dipakai, yaitu : Perintah jmp Utama diganti dengan jmp utama atau label utama diganti dengan label Utama. Setelah diperbaiki lakukanlah proses menghimpun lagi sampai diperoleh kesalahan 0.
5. Mengisikan ( Download )
Mengisikan adalah mengirim data file S19 melalui kabel RS232 ke modul mikrokontroller. Download dilakukan dengan cara memilih sub menu Mengisikan pada menu Menghimpun S19 seperti terlihat pada tampilan gambar 16 berikut ini.
Gambar 16 Sub Menu mengisikan
Atau dengan cara menekan tombol fungsi F8 pada keyboard atau dengan cara yang paling cepat yaitu dengan meng-klick toolbar gambar icon berikut ini :
Gambar 17 Toolbar mengisikan
Berikutnya akan muncul jendela baru seperti gambar 18 berikut ini :
Gambar 18 Jendela mengisikan file S19
Kita pilih file S19 yang kita kehendaki untuk diisikan ke mikrokontroller dan selanjutnya jawablah OK. Selama proses mengisikan akan muncul tampilan proses mengisikan pada sisi bawah jendela VEDCLEMPS. Tunggulah sampai proses menunjukkan 100 % selesai yang ditunjukkan oleh progress bar sepeti berikut ini.
Gambar 19 Progress bar selama proses pengisian (download)
Berikutnya jika proses download berhasil akan muncul jendela baru editor mode terminal dengan informasi nama file dengan disertai data alamat awal program seperti terlihat pada tampilan gambar 20 berikut ini.
Gambar 20. Jendela Terminal VEDCLEMPS
Pada prompt V2.35/VEDC> kita dapat menjalankan program dengan cara yang sama seperti sebelumnya yaitu dengan menuliskan tokens GOTO 2000 atau dengan meng-klick tombol fungsi berikut ini.
Gambar 21. Tombol menjalankan program
6. Menghimpun dan mengisikan (Compile + Download)
Proses menghimpun dan mengisikan (compile + download) dapat kita lakukan sekali jalan saja dengan cara menekan toolbar dengan gambar icon berikut ini :
Gambar 22. Toolbar menghimpun sekaligus mengisikan
Selanjutnya komputer akan meng-compileing file assembler yang kita buat sekaligus mengisikannya langsung ke mikrokontroller melalui kabel RS232.
ESSII TECH melayani Jasa Pembuatan Program dan Software untuk sarana penunjang suatu kegiatan kerja untuk perorangan, perusahaan, maupun organisasi. dengan layanan Full Customize dimana program atau software yang kami buat dapat disesuaikan dengan alur atau proses bisnis di perusahaan atau organisasi yang akan menggunkan program atau software tersebut. sehingga tidak terjadi kasus seperti Perusahaan yang harus mengikuti alur kerja atau proses bisnis yang ada didalam program atau software tersebut, dan itulah yang menjadi salah satu kelebihan kami dibandingkan dengan Jasa Pembuatan Program dan Jasa Pembuatan Software lain ataupun program yang sudah dalam bentuk package dan bundling.
BalasHapusLink : http://essiitech.com/jasa-pembuatan-program