• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Kamis, 14 Februari 2013

Program PLC Untuk Lampu Penyeberangan Jalan 1 Jalur

PROGRAM PLC UNTUK MENGOPERASIKAN LAMPU PENGATUR PENYEBERANGAN JALAN 1 JALUR

          Masih pada sesi kontrol PLC, untuk pertemuan yang ke 10 kali ini kita akan membahas tentang program PLC untuk mengoperasikan lampu pengatur penyeberangan jalan. Menurut jenis jalan terdapat 2 jenis yaitu jalan dengan 1 jalur (arah) dan ada jalan dengan 2 jalur (arah), oleh karena itu lampu pengatur penyeberangan jalan pun terdapat 2 macam juga yakni lampu pengatur penyeberangan jalan 1 jalur dan lampu pengatur jalan 2 jalur. Kedua macam lampu pengatur penyeberangan jalan tersebut mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu sebagai berikut :
          Pada saat normal (sebelum ada penyeberang), maka lampu merah bantu untuk penyeberang (pejalan kaki) dan lampu hijau utama untuk pengendara akan terus menyala. Jika ada penyeberang (pejalan kaki) yang menekan tombol S3 atau S4, maka lampu kuning utama untuk pengendara akan langsung menyala (lampu hijau utama untuk pengendara padam) selama beberapa detik (misal 3 detik). Kemudian, setelah 3 detik maka lampu merah utama untuk pengendara akan menyala selama beberapa detik (misal 10 detik) dan lampu hijau bantu untuk penyeberang (pejalan kaki) juga akan menyala selama beberapa detik (misal 7 detik), kemudian setelah 7 detik lampu kuning bantu untuk penyeberang (pejalan kaki) akan menyala selama 3 detik. Selanjutnya, setelah 10 detik lampu merah bantu untuk penyeberang (pejalan kaki) dan lampu hijau utama untuk pengendara akan kembali menyala seperti semula sampai ada penyeberang (pejalan kaki) yang menekan tombol S3 atau S4 lagi.
          Untuk lebih jelasnya silahkan simak dan pelajari gambar-gambar yang kami sajikan di bawah ini, namun untuk kali ini yang kami sajikan hanya program PLC untuk mengoperasikan lampu pengatur penyeberangan jalan 1 jalur, sementara pogram PLC untuk mengoperasikan lampu penyeberangan jalan 2 jalur akan kami sajikan pada pertemuan berikutnya. Jadi tetap ikuti terus blog ini jika ingin mendapatkan informasi tentang program PLC tersebut.

1. Sketsa Lampu  Pengatur Penyeberangan Jalan 1 Jalur


2. Diagram Waktu Pergerakan/Pergantian Nyala Lampu

  

3. Program PLC Dalam Bentuk Ladder Diagram (LD)


4. Program PLC Dalam Bentuk Function Block Diagram (FBD)


 5. Diagram Pengawatan Pada Perangkat PLC Zelio

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar