• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 12 Februari 2013

Program PLC Untuk Traffick Light Jalan 4 Simpang 2 Jalur

PROGRAM PLC UNTUK MENGOPERASIKAN LAMPU PENGATUR LALU LINTAS (TRAFFICK LIGHT) JALAN 4 SIMPANG 2 JALUR

          Setelah kita bahas tentang program PLC untuk mengoperasikan traffick light jalan 3 simpang 2 jalur, selanjutnya pada pertemuan yang ke 9 pada sesi kontrol PLC kali ini kita akan membahas tentang program PLC untuk mengoperasikan traffick light jalan 4 simpang 2 jalur. Sebenarnya prinsip kerja antara kedua program PLC tersebut tidak jauh berbeda, hanya saja pada traffick light 4 simpang terdapat penambahan jumlah timer, output dan jumlah lampu, karena memang jumlah simpang jalannya lebih banyak.
          Seperti program PLC untuk mengoperasikan traffick light sebelumnya, pada program PLC kali ini juga akan kami sajikan dalam 2 bahasa yakni dalam bentuk Ladder Diagram (LD) dan dalam Function Block Diagram (FBD) dengan menggunakan software Zeliosoft 2 versi 4.3, tinggal pilih bahasa atau bentuk mana yang ingin sobat blogger gunakan dan kuasai, karena keduanya mempunyai fungsi dan kinerja yang sama.
          Program PLC ini hanya merupakan pengatur pergerakan atau perpindahan nyala lampu, dari lampu hijau, kuning hingga merah pada setiap simpang jalan agar tidak terjadi bentrokan, namun tidak menutup kemungkinan untuk bisa dikembangkan lagi, misalnya dengan menambah LCD 7 Segmen yang dapat menampilkan waktu penyalaan lampu, sehingga pengendara dapat mengetahui kapan waktu nyala lampu habis. Dapat juga ditambah dengan LCD 7 segmen yang dapat menampilkan teks (tulisan) berupa peringatan dan anjuran seperti "HATI-HATI DI JALAN", "SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN", "BIAR LAMBAT ASAL SELAMAT" dan sebagainya.
          Sudah tidak sabar menunggu sajian gambar-gambar tentang program PLC untuk pengendalian traffick light jalan 4 simpang 2 jalur, langsung saja simak dan pelajari sajian kami berikut ini.

1. Sketsa Jalan 4 Simpang 2 Jalur


2. Diagram Waktu Pergerakkan/Perpindahan Nyala Lampu


3. Program PLC Dalam Bentuk Ladder Diagram (LD)


4. Program PLC Dalam Bentuk Function Block Diagram (FBD)


5. Diagram Pengawatan Pada Perangkat PLC Zelio

1 komentar:

  1. Terimakasih Pak Margiono,,,artiket anda bisa saya pake utk referensi....

    BalasHapus