• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Kamis, 24 Januari 2013

Pengendalian Beberapa Motor Listrik Bekerja Secara Bergantian

PENGENDALIAN BEBERAPA MOTOR INDUKSI 3 FASA YANG DAPAT BEKERJA SECARA BERGANTIAN

          Di hari libur nasional ini yang bertepatan dengan Maulud Nabi Muhammad SAW tidak terasa rupanya kali ini merupakan pertemuan ke 10 kalinya pada sesi kontrol elektromagnetik. Tak apa walaupun sekarang dalam nuansa peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, sambil mendengarkan Kutbah Maulud kita coba kali ini membahas mengenai pengoperasian atau pengendalian beberapa motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja secara bergantian.
          Pengendalian beberapa motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja secara bergantian berbeda dengan pengendalian beberapa motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja secara berurutan. Jika pada pengendalian motor yang bekerja secara berurutan, bekerjanya motor 2 menunggu motor 1 bekerja lebih dahulu, bekerjanya motor 3 menunggu motor 2 bekerja lebih dahulu dan seterusnya. Tapi untuk pengendalian motor yang bekerja secara bergantian adalah sebagai berikut, jika motor 1 bekerja, motor 2 dan motor 3 akan berhenti, jika motor 2 bekerja, maka motor 1 dan 3 akan berhenti, dan jika motor 3 bekerja, maka motor 1 dan akan berhenti.
          Pengendalian motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja secara bergantian pada pembahsana kali ini dapat dioperasikan secara manual menggunakan kontaktor magnet tanpa time delay relay (TDR), juga dapat dioperasikan secara otomatis menggunakan kontaktor magnet dengan time delay relay (TDR).

1. Pengendalian 3 buah motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet yang dapat bekerja bergantian secara manual (lihat gambar 1, 2 dan 3 berikut ini)
Gambar 1 Diagram kontrol 3 buah motor bekerja secara bergantian manual

Gambar 2 Diagram utama 3 buah motor bekerja secara bergantian

Gambar 3 Diagran pengawatan 3 buah motor bekerja secara bergantian manual

          Cara kerja pengendalian 3 buah motor induksi yang dapat bekerja secara bergantian manual dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut, jika tombol Start 1 ditekan maka motor 1 akan bekerja dan motor 2 dan 3 masih tetap berhenti, jika tombol Start 2 ditekan maka motor 2 akan bekerja, motor 1 akan berhenti dan motor 3 masih tetap berhenti, dan jika tombol Start 3 ditekan maka motor 3 akan bekerja, motor 2 akan berhenti dan motor 1 juga tetap berhenti. Sedangkan tombol Stop untuk mematikan masing-masing motor pada saat bekerja.
 
2. Pengendalian 3 buah motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet yang dapat bekerja secara bergantian otomatis (lihat gambar 2 di atas, gambar 4 dan 5 berikut ini).
Gambar 4 Diagram kontrol 3 buah motor bekerja secara bergantian otomatis

Gambar 5 Diagram pengawatan 3 buah motor bekerja secara bergantian otomatis

          Cara kerja pengendalian 3 buah motor induksi yang dapat bekerja secara bergantian otomatis dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut, pada saat tombol Start ditekan maka motor 1 akan bekerja dan TDR 1 mendapat sumber tegangan, motor 2 dan 3 masih tetap berhenti. Begitu seting waktu TDR sudah terpenuhi maka TDR 1 akan bekerja, motor 2 akan bekerja, motor 1 akan berhenti, TDR 2 mendapat sumber tegangan dan motor 3 masih tetap berhenti. Begitu seting waktu TDR 2 sudah terpenuhi maka motor 3 akan bekerja, motor 2 akan berhenti dan motor 1 tetap berhenti. Sedangkan tombol Stop untuk mematikan masing-masing motor pada saat bekerja.

16 komentar:

  1. makasih gan... berguna bget buat ane...

    BalasHapus
  2. Siang bang...

    Mohon digambarkan diagram control 2 buah motor 3 phase bekerja bergantian secara
    otomatis.
    Terima kasih bang sebeumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diagram kontrol dan utama 2 bh motor 3 fase bekerja bergantian secara otomatis telah dibahas di buku "Pengendalian Motor Listrik Secara Elektromagnetik". silahkan baca di buku tsb.

      Hapus
  3. Bila motor trsbt memakai safety valve.. Dan sensor thermal di motor.. Gimana boss rangkaian pengawatannya

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Selamat siang
    Mohon Gambar wairing 1 motor Pompa air. Untuk mengisi 1 tangki dengan 2 sumber listrik yang berbeda Mengisi secara Bergantian dengan Otomatis.di Tangki air ( motor satu mengisi tangki sampai penuh baru mati darisumber "istrik 1 ,begitu air habis motor hidup kembali dengan sumber listrik ke 2,begitu berulang ulang

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. perhatkan NO dan NC nya ada yang salah loh ...? yok kita teliti dan saling koreksi ... maaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya silahkan dikoreksi, klu ada yg salah tolong diperbaiki

      Hapus
  8. Om maaf mo minta gambar diagram 3elektromotor bergantian otomatis secara terus menerus,trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambar ada di buku pengendalian motor listrik scr elektromagnetik

      Hapus
  9. lagunya matiinnya gimana ni..... malem2 takut bangunin keluarga. tapi ini sangat membantu skema diatas luar biasa jarang ada yang upload thanks ya...

    BalasHapus
  10. Imfo nya pak saya punya pump 3 unit ingin di operasionalkan secara ototomat 1+2
    2+3
    3+1 untuk wairing nya tolong dong di sketsa

    BalasHapus