• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Sabtu, 19 Januari 2013

Pengasutan Motor 3 Fasa Bekerja Secara Merangkak

PENGASUTAN MOTOR INDUKSI 3 FASA YANG DAPAT BEKERJA SECARA MERANGKAK (INCHING)

          Kesempatan yang ke 8 kalinya pada sesi kontrol elektromagnetik kita akan membahas mengenai cara pengasutan motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja atau berjalan secara merangkak (inching). Menjalankan motor listrik secara merangkak (inching) banyak digunakan pada pabrik-pabrik perakitan, yang berguna untuk memindahkan barang atau benda-benda hasil perakitan dari satu unit kerja ke unit kerja berikutnya yang sesuai dengan urutan proses pekerjaannya.
          Untuk memudahkan barang atau benda-benda tersebut agar tepat berada pada posisi yang diinginkan maka perlu menjalankan motor listrik penggerak ban berjalan (belt conveyor) yang dapat bergerak atau berjalan secara merangkak (inching). Agar maksud dan tujuan tersebut dapat terwujud maka pemasangan instalasi motor listrik tersebut dapat dikendalikan dengan menggunakan sebuah kontaktor magnet (MC), sebuah thermal overload relay (TDR) dan dua buah tombol tekan (push button) ON yang dipasang paralel dan masing-masing tombol tekan ON tersebut diletakkan pada unit kerja yang berbeda.  Rangkaian instalasi motor induksi 3 fasa yang dapat bekerja secara merangkak (inching) tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini.
  Gambar 1 Diagram Kontrol Motor 3 fasa bekerja secara merangkak (inching)

Gambar 2 Diagram Utama Motor 3 fasa bekerja secara merangkak (inching)

           Cara kerja dari rangkaian tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut, apabila pekerja pada unit kerja 1 telah melakukan perkaitan dan ingin mengirinkan barang hasil rakitannya ke unit kerja berikutnya, maka pekerja pada unit kerja 1 dapat menekan tombol ON 1 (ditahan) sehingga belt conveyor akan berjalan mengantar barang hasil rakitan ke unit kerja 2 dan apabila barang hasil rakitan telah sampai pada posisi yang dikehendaki, pekerja dapat melepas tombol ON 1 sehingga belt conveyor akan berhenti. Begitu juga apabila pekerja pada unit kerja 2 ingin mengirimkan barang hasil rakitannnya ke unit kerja berikutnya, maka tinggal tekan tombol ON 2 (ditahan) dan apabila barang telah sampai ke unit kerja berikutnya pada posisi yang dikehendaki maka pekerja unit kerja 2 dapat melepaskan tombol ON 2.

4 komentar:

  1. ass wr.wb
    Sy ingin bertanya, apa benar fungsi rangk inching spt itu ? jika benar, berarti sama saja dengan rangkaian DOL tanpa self holding yah ? terima kasih
    wass wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas beda, kalau DOL adalah pengoperasian secara langsung menggunakan saklar TPST atau cameswitch bukan menggunakan MC dan PB

      Hapus
  2. Berarti nggak pake pb off dan juga nggak pake pengunci ya?

    BalasHapus