• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Senin, 21 Januari 2013

Mengoperasikan Motor Listrik Dari Beberapa Tempat

MENGOPERASIKAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DARI BEBERAPA TEMPAT MENGGUNAKAN KONTAKTOR MAGNET

          Kita ketemu lagi untuk yang ke 9 kalinya pada sesi kontrol elektromagnetik ini akan kita bahas mengenai pengoperasian motor induksi 3 fasa dari beberapa tempat menggunakan kontaktor magnet. Maksud dari beberapa tempat ini adalah lebih dari satu tempat, jadi bisa dua tempat, tiga tempat, empat tempat dan seterusnya, tergantung dari kebutuhan di lapangan.
          Mengoperasikan sebuah motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet dari beberapa tempat pada dasarnya hampir sama dengan mengoperasikan sebuah motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet dari satu tempat, hanya saja yang membedakan terletak pada jumlah tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop) yang digunakan. Jika mengoperasikan motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor dari satu tempat hanya mengunakan sebuah tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop), maka pada pengoperasian motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet dari beberapa tempat menggunakan tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop) lebih dari satu buah, jumlah tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop) nya tergantung dari jumlah tempat yang digunakan untuk mengoperasikan motor induksi 3 fasa tersebut. Jika dioperasikan dari dua tempat berarti menggunakan dua buah tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop), jika dioperasikan dari 3 tempat ya menggunakan 3 buah tombol tekan ON dan OFF, jika dioperasikan dari 4 tempat ya menggunakan 4 buah tombol tekan ON (Start) dan OFF (Stop), dan seterusnya.
          Yang perlu diingat dan dipahami sebagai kunci dalam merencanakan instalasi kontrol motor listrik menggunakan kontaktor magnet agar dapat mengoperasikan sebuah  motor induksi dari beberapa tempat adalah jumlah tombol tekan ON (Start) yang terletak pada masing-masing tempat harus disambung paralel (jajar) dan jumlah tombol tekan OFF (Stop) yang terletak pada masing-masing tempat harus disambung serie (deret). Sebagai contoh di bawah ini akan disajikan diagram kontrol, digaram utama dan diagram pengawatan instalasi motor induksi 3 fasa menggunakan kontaktor magnet yang dapat dioperasikan dari 3 tempat.
 Gambar 1 Diagram Kontrol 


Gambar 2 Diagram Utama


Gambar 3 Diagram Pengawatan

          Cara kerja dari rangkaian instalasi tersebut di atas dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut, jika ingin menjalankan motor dari tempat 1 tinggal tekan tombol START 1 atau jika ingin menjalankan motor dari tempat 2 tinggal tekan tombol START 2 atau jika ingin menjalankan motor dari tempat 3 ya tinggal tombol START 3. Sedangkan untuk mematikan motor juga bisa dimatikan dari ketiga tempat tersebut, untuk mematikan motor dari tempat 1 tinggal tekan tombol STOP 1 atau jika ingin mematikan motor dari tempat 2 ya tinggal tombol STOP 2 atau jika ingin mematikan motor dari tempat 3 ya tinggal tekan tombol STOP 3. Jadi motor induksi 3 fasa tersebut dapat dijalankan dan dimatikan dari ketiga tempat sesuai keinginan kita (kemauan operator).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar