• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Minggu, 02 Maret 2014

Langkah 2 Proses Desain Penerangan Jalan

2.     Langkah Desain 2 adalah Pemilihan Luminer dan Peralatan Tiang
          Catatan berikut ini merupakan pertimbangan yang harus diikuti dalam pemilihan luminer dan peralatan tiang yaitu sebagai berikut :

a.  Jenis sumber cahaya yang dipilih akan menentukan output lumen lampu, efektivitas lampu, kebutuhan energi, lama hidup lampu, warna cahaya, pengendalian optik, sensitivitas suhu dan dampak lingkungan . Jenis cahaya sumber lampu yang dipilih dalam langkah ini, tentu saja akan mempengaruhi langkah proses desain selanjutnya. Berbagai jenis sumber lampu yang digunakan dalam aplikasi penerangan jalan telah dibahas pada pokok bahasan sebelumnya (jenis-jenis lampu penerangan jalan)..

b.  Menentukan peralatan tiang yang diinginkan, dapat melihat berbagai jenis peralatan tiang yang telah dibahas pada pokok bahasan sebelumnya (jenis-jenis tiang lampu penerangan jalan), jika mempertimbangkan penerangan tiang tinggi dan mempertimbangkan kepekaan terhadap area perumahan.

c.  Ukuran sumber cahaya dan tinggi pemasangan secara langsung saling berkaitan, oleh karena itu mereka dipilih sebagai kombinasi bukan secara individual. Pemanfaatan informasi mengenai cahaya lampu yang sebenarnya dari sebuah sumber cahaya yang digunakan dalam luminer tertentu pada ketinggian pemasangan tertentu dapat ditentukan dari data photometri yang tersedia dari produsen peralatan penerangan. Contoh data photometri dari salah satu set sumber cahaya ditunjukkan seperti pada kurva utilisasi, kurva iso candela, faktor distribusi vertikal dan lateral, dan faktor penyusutan lampu dan luminer yang telah dibahas pada pokok bahasan sebelumnya. 

d. Pencocokan ketepaatan ketinggian pemasangan dengan ukuran sumber cahaya harus menghasilkan atau memenuhi kriteria iluminasi minimum dan keseragaman yang ditetapkan dalam buku panduan desain penerangan jalan, sementara itu juga harus memenuhi kriteria ekonomi dan keamanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar