• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 30 Juli 2013

Regulasi Tegangan Generator (Modul SE)

PENGATURAN (REGULASI) TEGANGAN OUTPUT GENERATOT DENGAN MENGGUNAKAN MODUL SE (SENSOR EXCITER MODULE)

          Modul selanjutnya yang digunakan untuk regulasi tegangan generator setelah modul GV dan modul GX adalah modul SE. Penjelasan secara singkat mengenai modul SE dapat diuraikan sebagai berikut :

3. Modul SE (Sensor Exciter Module)
         Sensor Modul mengendalikan besarnya arus listrik untuk eksitasi pada medan magnet Main Generator. Arus ini berasal dari eksiter (exciter) melalui SCR (silicon control rectifier) assembly yang dirangkai sistem jembatan 3 phase. SCR ini belum ON sampai nilai-nilai pada anoda lebih positip terhadap katodanya dan juga apabila sinyal sulut belum diberikan pada gate SCR, maka SCR ON, begitu sinyal sulut diputut, SCR tetap ON selama anoda positip terhadap katoda.
          Modul SE berfungsi memberi sinyal pada masing-masing gate pada SCR sehingga SCR tersebut ON yang memungkinkan arus listrik dari eksiter (exciter) mengalir ke lapang magnetik Main Generator. Arus listrik yang mengalir dari exciter adalah arus bolak balik, karena rangkaian SCR merupakan rangkaian jembatan 3 phase, maka arus dapat mengalir ke lapang magnet hanya berlangsung pada saat tegangan sinusoidal bernilai positip. Arus yang dapat mengalir maksimum terjadi pada setengah gelombang di daerah positip. Pada saat nilai tegangan mulai menjadi positip dari lintasan negatip dan saat tegangan akan bernilai 0 akan menuju daerah negatip itulah jumlah arus maksimum yang dapat mengalir ke lapang magnet dari tiap-tiap phase.
          Apabila penyulutan SCR dimulai pada saat tegangan mulai positip, maka SCR akan kerja selama periode positip penuh berarti arus mengalir maksimum dan mengakibatkan eksitasi dengan maksimum pula. Sebaliknya, bila penyulutan SCR terjadi pada saat positip mendekati nilai 0 maka SCR kerja hanya selama saat penyulutan sampai nilai positip akan bertukar menuju negatip. Demikianlah fungsi utama dari Modul SE mengatur waktu penyulutan SCR untuk memperoleh jumlah arus untuk eksitasi yang sesuai dengan kebutuhan.

*) klik gambar untuk memperbesar gambar

Gambar 3 Rangkaian Modul SE (Sensoe Exciter Module)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar