• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Minggu, 28 Juli 2013

Regulasi Tegangan Generator (Modul GX)

          Kita lanjutkan pembahasan tentang pengaturan (regulasi) tegangan output generator dengan menggunakan modul-modul. Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan dengan membahas modul GX (generator excitation regulating module).

2. Modul GX (Generator Excitation Regulating Module)
           Modul GX berfungsi untuk membatasi eksitasi pada Main Generator bila terjadi arus yang mengalir ke medan magnet Generator meningkat melebihi batas aman. Cara kerja dari sistem ini adalah menggunakan sinyal dari sebuah transduser yang besarnya sinyal sebanding dengan arus listrik yang mengalir ke medan magnet Main Generator. Sinyal ini selanjutnya dimodulasikan kedalam Modul SE bila terjadi arus yang meningkat melebihi batas aman.
          Modul GX terdiri dari dua buah transformator untuk meModulasikan kedua sinyal dari besarnya arus yang mengalir dari exiter ke medan magnet Generator dan yang lain dari nilai besarnya tegangan keluaran dari exiter. Kedua sinyal ini selanjutnya sebagai pengendali bekerjanya Transistor pada Modul GX dan selanjutnya berangkai dengan Modul GV untuk bersama mengatur sistem eksitasi Main Generator.

*) Untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

Gambar 2. Rangkaian Modul CX

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar