• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Jumat, 26 Juli 2013

Regulasi Teganagn Generator (Modul GV)

PENGATURAN (REGULASI) TEGANGAN OUTPUT GENERATOR 
DENGAN MENGGUNAKAN MODUL-MODUL

          Untuk mengatur tegangan output generator pada harga yang aman, diperlukan rangkaian yang kompak berupa module-module guna pengaturan eksitasi dan pengaturan tegangannya. Module-module tersebut diantaranya adalah modul GV (generator voltage), modul GX (genertor exitation), modul RC (rate control), modul SE (sensor eksiter), modul TH (throtle response), modul EL(eksitasi limit), dan modul FP (feedback power). Tetapi pada pertemuan kali ini hanya akan dijelaskan secara singkat tentang modul GV, sdangkan modul-modul yang lainnya akan dijelaskan pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

1. Modul GV (Generator Voltage Regulating Module)
          Modul GV membatasi keluaran tegangan sampai batas maksimum aman pada generator utama (main generator). Pengaturan ini dilakukan dengan cara memodulasikan sinyal kontrol ke Modul SE pada saat tegangan yang keluar dari Main Generator cenderung meningkat. Dengan sinyal control yang meningkat akibat dari peningkatan tegangan yang keluar pada Main Generator, maka akan mengakibatkan penurunan eksitasi pada medan magnet Main Generator.
          Pengaturan tegangan oleh Modul GV adalah dengan sebuah Transistor yang dikendalikan oleh adanya kenaikan amplitudo pulsa-pulsa yang diperoleh dari kecenderungan kenaikan tegangan. Dengan demikian, maka bekerjanya Transistor adalah menggunakan pulsa-pulsa sebagai umpan balik untuk mengatur eksitasi terhadap tegangan.


Gambar 1. Generator voltage regulating module

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar