• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Selasa, 10 Juni 2014

Tempat atau Letak Pemasangan (Install) Kapasitor Bank

          Sobat blogger yang setia, bagaimana kabar anda hari ini? mudah-mudahan Allah swt tetap melindungi kita sekalian dan tetap memberikan rahmat dan hidayahNya. Dalam suasana kampanye pilpres tahun 2014 yang diramaikan dengan debat capres dan cawapres di media elektronik, media cetak dan media sosial ternyata tidak mempengaruhi sobat blogger mengunjungi blog ini, buktinya makin hari makin banyak aja pengunjung yang tercatat dalam register dan makin banyak aja sobat bloger yang memesan buku-buku teknik karya penulis, sehingga membuat penulis semakin semangat aja menulis dan membagi ilmu melalui blog ini. Untuk itu sekali lagi melalui tulisan ini penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengunjung blog ini, khususnya kepada sobat bloger yang telah membeli buku-buku teknik karya penulis.
          Tapi sayang sobat bloger hanya ilmu yang bisa penulis bagikan, habis hanya itu yang penulis miliki, itupun berkah atau pemberian dari Allah swt, tidak seperti para caleg yang suka bagi-bagikan uang seperti masa kampanye pileg bulan yang lalu. Ok sobat blogger kita kembali ke pokok bahasan kapasitor bank MV, pada pertemuan kali ini kita lanjutkan dengan membahas sub pokok bahasan yang kelima yaitu tentang tempat atau letak pemasangan (instal) kapasitor bank MV. Sobat blogger sudah siap mengkuti dan menyimak materi pada pertemuan kali ini, ok jika sudah siap berikut ini uraiannya.
          Pemasangan kapasitor pada instalasi (jaringan) listrik biasa disebut dengan "modus kompensasi faktor daya". Dalam hal ini biasanya ditentukan oleh :
·  Tujuan, yaitu untuk menghilangkan denda, menghilangkan stres pada kabel & transformator, dan memperbaiki tegangan jaringan listrik (network votage).
·  Mode distribusi tenaga listrik.
·  Sistem beban.
·  Prediksi efek kapasitor pada karakteristik jaringan listrik.
·  Biaya pemasangan (instal).
          Sementara kompensasi daya reaktif dengan memasang kapasitor bank dapat dilakukan secara : 

1.  Umum 
Contoh :
- Kapasitor bank tegangan tinggi (HV) dipasang di jaringan distribusi tegangan tinggi (HV), (lihat no.1 pada gambar 8 di bawah ini)
- Kapasitor bank tegangan menengah (MV) dipasang di jaringan pelanggan tegangan menengah (MV Customer),(lihat no.2 pada gambar 8 di bawah ini)
- Kapasitor bak tegangan rendah (LV) yang dapat diatur ataupun tetap dipasang di jaringan pelanggan tegangan rendah (LV Customer), (lihat no.3 pada gambar 8 di bawah ini).

2.  Per Sektor 
Contoh : 
- Kapasitor bank tegangan menengah (MV) dipasang di jaringan distribusi tegangan menengah (MV), (lihat no.4 pada gambar 8 di bawah ini).
- Kapasitor bank tegangan rendah (LV) dipasang per workshop di jaringan pelanggan tegangan menengah (MV), (lihat no.5 pada gambar 8 di bawah ini).

3.  Per Unit (lihat no.6 pada gambar 8 di bawah ini)
          Jenis kompensasi dengan memasang kapasitor bank per unit beban listrik ini merupakan cara atau solusi yang ideal secara teknis, karena daya reaktif yang dihasilkan kapasitor bank sesuai dengan konsumsi atau memenuhi jumlah permintaan beban listrik (motor MV yang besar). Biasanya biaya akan berkurang pada pemasangan (menginstal) kapasitor bank tegangan tinggi (HV) dan tegangan menengah (MV) untuk tingkat daya yang lebih besar yaitu sekitar 800 KVAR ke atas. Tetapi dalam hal ini telah dilakukan penelitian pada jaringan listrik berbagai negara bahwa tidak ada aturan khusus yang mewajibkan pemasangan kapasitor bank HV dan MV harus di atas 800 KVAR. Mode kompensasi kapasitor bank tergantung pada kebijakan energi dan otoritas distribusi daya listrik setiap negara. Sebagai contoh di Amerika Serikat, kompensasi kapasitor bank lebih utama dipasang di jaringan distribusi tegangan menengah (MV), karena kebijakan tarif. Di Jerman, kompensasi kapasitor bank dipasang  di jaringan tegangan rendah (LV). Di Perancis, pihak otoritas memasang (menginstal) kapasitor bank tetap pada jaringan bertegangan 63 KV dan 90 KV dengan kapasitor bank tunggal (single bank) dan kapasitor bank terbagi (switched steps banks) di gardu induk jaringan HV / MV tegangan 10 KV, 15 KV dan 20 KV. Dimana daya langkah bisa mencapai 4,8 MVAR dibawah tegangan 20 KV.

 *) klik gambar untuk memperbesar view gambar

Gambar 8. Letak pemasangan (instal) kapasitor bank

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar