• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Jumat, 06 Juni 2014

Perhitungan Daya Kapsitor Bank MV Yang Akan Dipasang (Diinstal)

          Sobat blogger yang berbahagia, untuk pertemuan yang ketiga pada pokok bahasan kapasitor bank MV in kita akan membahas tentang sub pokok bahasan yang ketiga yaitu perhitungan daya kapasitor bank MV yang akan dipasang atau diinstal pada jaringan atau instalasi listrik. Agar sobat blogger dapat dengan mudah memahami bahasan ini sebaiknya sobat blogger ikuti dan simak uraian berikut ini dengan pelan-pelan dan penuh konsentrasi.

Perhitungan Daya Terpasang
         Daya kapasitor bank yang akan dipasang/diinstal (Qc) dapat dihitung dengan persamaan:
Qc = Pa (tang φ - tang φ ') dimana Qc = daya kapasitor bank dalam KVAR,
Pa = daya aktif beban dalam KW,
tang φ = tangen sudut fase (U, I) pada instalasi,
tang φ '= tangen sudut fase (U, I) setelah instalasi kapasitor bank.
          Rumus yang diberikan di atas juga dapat ditulis dengan persamaan Qc = kPa, dimana faktor k dapat ditentukan dengan sangat mudah menggunakan diagram di bawah ini (gambar 4), jika telah diketahui tang φ atau cos φ dari instalasi yang ada dan tang φ'atau cos φ' yang akan diperoleh.

Gambar 4. Diagram Faktor K

Contoh :
          Sebuah instalasi memiliki nilai daya aktif sebesar 1.000 KW dan cos φ = 0,75 atau tang φ = 0,88. Dalam rangka untuk meningkatkan cos φ menjadi 0,928 atau mengurangi tang φ  menjadi 0,40, maka daya reaktif yang akan dipasang (diinstal) harus : Pa (tang φ - tang φ') = 1.000 (0,88 - 0,40) sehingga Qc = 480 KVAR. Hasil ini dapat dilakukan dengan membaca nilai faktor k pada tabel berikut ini (gambar 5).

Penentuan daya reaktif (Qc)  yang akan dipasang/diinstal pada kapasitor mulai dari tang φ hingga  tang φ'


Gambar 5. Tabel Nilai Faktor K

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar