• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Kamis, 12 Juni 2014

Kompensasi Kapasitor Bank Pada Jaringan Tegangan Menengah (MV)

          Selamat malam sobat blogger, perlu sobat blogger ketahui bahwa malam Jum'at Pon ini adalah malam Nisyfu Sya'ban yang jatuh pada malam tanggal 13 Juni 2014 atau 15 Sya'ban 1435 H, dan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa barang siapa yang mengingatkan kedatangan bulan ini kepada sesama, Haram Api Neraka Baginya. Untuk itu agar penulis juga ikut diharamkan masuk neraka, maka pada kesempatan malam hari ini penulis juga ikut mengingatkan kepada sobat blogger mengenai kedatangan malam Nisyfu Sya'ban ini.
          Selanjutnya pada pertemuan kali ini masih pada pokok bahasan kapasitor bank MV kita lanjutkan dengan membahas sub pokok bahasan yang keenam yaitu tentang kompensasi kapasitor pada jaringan distribusi tegangan menengah (MV). Ok sobat ikan sepat ikan lele dan ikan gabus, makin cepat dan tidak bertele-tele makin bagus, jadi langsung aja ikuti dan simak uraian berikut ini.
           Kapasitor bank-kapasitor bank yang terhubung ke jaringan listrik tegangan menengah dapat berupa :

1.  Kapasitor Bank Tetap (Fixed Bank Capasitor)
          Kapasitor bank jenis ini biasanya dipasang :
·  Ketika daya reaktif  rendah (< 15% dari daya transformator hulu) dan beban relatif stabil. 
·  Pada  jaringan distribusi tegangan tinggi (HV) dan tegangan ekstra tinggi (EHV) untuk daya reaktif yang dapat mencapai 100 MVAR

Gambar 9.Single line pemasangan kapasitor bank tetap 
(fixed bank capasitor)


2.  Kapasitor Bank Langkah Dialihkan (Switched Steps Bank)
        Mode kompensasi dengan kapasitor bank jenis ini biasanya disebut dengan "kembali ke belakang atau back to back". Kapasitor bank jenis ini sering digunakan oleh industri yang sangat besar (daya terpasang tinggi) dan otoritas distribusi daya listrik di gardu induk. Kapasitor bank jenis dapat mengatur daya reaktif langkah demi langkah. Penutupan atau pelepasan kapasitor bank-kapasitor bank dapat dikendalikan oleh relay varmetric.
 
 Gambar 10. Single line pemasangan kapasitor langkah dialihkan 
(switched steps bank capasitor)


3.  Kompensasi Kapasitor Bank Pada Gardu MV / LV
          Kapasitor bank-kapasitor bank yang umumnya dipasang di sisi tegangan rendah (LV). Daya reaktif yang digunakan dapat mencapai 720 KVAR di bawah tegangan 400 V, dalam hal ini tegangan rendah (LV) standard secara otomatis dikendalikan oleh kapasitor bank. Nilai-nilai berikut ini biasanya digunakan untuk memilih mode kompensasi : 
    ·Jika daya reaktif (Q) KVAR  < 15% dari daya semu (S) KVA, kompensasi dapat menggunakan kapasitor bank tetap (fixed bank). 
    ·Jika daya reaktif (Q) KVAR  > 15% dari daya semu (S) KVA, kompensasi dapat menggunakan kapasitor bank langkah dialihkan (switched steps bank) yang dikontrol secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar