• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Selasa, 12 Agustus 2014

Merakit Charger Baterai 6 V Menggunakan Solar Sel

          Oke sobat masih tetap membahas tentang charger baterai menggunakan solar sel, kalau pada pertemuan sebelumnya kita membahas tentang merakit charger baterai 12 V, tetapi untuk pertemuan kali ini kita akan membahas tentang merakit charger baterai 6 V tetap menggunakan sumber listrik dari panas matahari (solar sel).

          Berikut ini (gambar 1) adalah rangkaian charger solar sel yang digunakan untuk mengisi bataerai Lead Acid atau baterai Ni-Cad 6 V/4,5 AH menggunakan sumber listrik tenaga surya (solar sel). Charger ini memiliki tegangan regulasi yang lancar dan lebih unggul dari tegangan yang dihasilkan oleh charger non solar sel, serta arusnya benar-benar rata tanpa riak (ripple) sedikitpun.

          Rangkaian ini menggunakan panel surya (solar sel) betegangan 12 V dan regulator tegangan variabel IC LM 317. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya yang masing-masing bertegangan 1,2 volt, sehingga total tegangan sebesar 12 V DC dihasilkan dari panel surya untuk mengisi baterai 6 V/4,5 AH. Pengisian arus melewati D1 untuk regulator tegangan IC LM 317, dengan menyesuaikan atau menyetel VR agar tegangan dan arus dapat diatur sesuai kebutuhan.


Gambar 1. Skema rangkaian charger solar sel untuk baterai 6V/4,5AH

          VR ditempatkan antara pin adjust LM317 kopel pin kolektor T1 dan ground untuk memberikan tegangan output 9 volt ke baterai. Resistor R3 membatasi arus pengisian dan dioda D2 mencegah keluarnya arus dari baterai. Transistor T1 dan dioda zener ZD bertindak sebagai cut off bila baterai sudah penuh. Biasanya jika T1 dimatikan maka baterai akan diisi arus pengisian. Ketika tegangan terminal baterai naik di atas 6,8 V, dioda zener ZD bekerja dan memberikan arus ke basis T1. Kemudian beralih pada saluran output LM317 untuk menghentikan pengisian.

          Seperti halnya pada rangkaian charger solar sel untuk baterai 12 V yang telah penulis sajikan pada pertemuan sebelumnya, rangkaian charger solar sel untuk baterai 6 V ini juga menggunakan IC LM317. Untuk memudahkan perakitan berikut ini disajikan posisi kaki-kaki (pin) berbagai kemasan IC LM317 (gambar 2).


Gambar 2. Posisi kaki-kaki (pin) berbagai kemasan IC LM317 

          Sedangkan untuk transistornya kalau pada rangkaian charger solar sel untuk baterai 12 V menggunakan TIP122, pada rangkaian charger solar sel untuk baterai 6 V ini menggunakan BC548. Perlu diingat bahwa BC546, BC547, BC548, BC549, BC550 adalah transistor jenis NPN yang merupakan transistor switching dan penguat dengan noise rendah dan bekerja pada tegangan tinggi. Berikut ini disajikan posisi kaki-kaki (pin) dari jenis transistor tersebut (gambar 3).


Gambar 3. Posisi kaki-kaki (pin) transistor BC546 hingga BC550

9 komentar:

  1. gan? rangkaian ini bisa untuk baterai 7.4V 9.9Ah?? ada yang harus diubah?

    BalasHapus
  2. bisa, tinggal atur VR untuk dapatkan tegangan output yang sesuai dengan kebutuhan

    BalasHapus
  3. untuk baterai jenis li-ion bisa pak?

    BalasHapus
  4. bagaimana cara mengatur VR nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal putar-putar aja kekiri atau kekanan sampai didapatkan tegangan yg diinginkan

      Hapus
  5. Bisa dibuatkan skema untuk charger powerbank atau hp pak.biar kita bisa berkreasi.makasih

    BalasHapus
  6. pak ini kalau dikasih indikator 5 led gitu gimana ya pak?? terimakasih

    BalasHapus