• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Sabtu, 03 Agustus 2013

Regulasi Tegangan Generator (Modul EL)

PENGATURAN (REGULASI) TEGANGAN OUTPUT GENERATOR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL EL (EXCITATION LIMITER AND PROTECTOR MODULE)

          Selain modul GV, modul GX, modul SE dan modul TH, modul selanjutnya yang juga digunakan untuk keperluan pengaturan tegangan generator adalah modul EL (excitation limiter and protector modul) atau modul sistem pengaman dan pembatas eksitasi.

5. Modul EL (Modul Sistem Pengaman dan Pembatas Eksitasi)
          Sistem pengaman dan pembatas eksitasi ini terdiri dari Modul EL dan sebuah transducer yang memberikan sinyal ke modul EL sebanding dengan arus yang mengalir ke medan main generator. Modul EL berfungsi untuk mencegah terjadinya arus eksitasi yang berlebihan pada main generator dengan cara mengatur bekerjanya rangkaian relay-relay eksitasi EQP bila arus eksitasi yang melewati modul GX melebihi harga yang aman.
          Transducer ini menerima sinyal AC dari exciter yang terpasang seri dengan modul EL. Sinyal yang dibangkitkan dari adanya induksi pada sebuah kumparan yang intinya terinduksi oleh arus listrik yang mengalir untuk keperluan eksitasi.
          Apabila terjadi arus eksitasi lebih dari pada harga yang aman, maka akan terbangkit sinyal yang besarnya sebanding dengan kenaikan arus eksitasi, hal ini akan menyebabkan rangkaian modul EL pada transistornya bekerja dan selanjutnya akan memutus rangkaian pada sistim eksitasi. Bersamaan dengan itu akan menyalakan lampu indikator yang memberi tanda terjadinya arus eksitasi lebih.

*) untuk memperbesar gambar silahkan klik gambar

Gambar 5. Rangkaian Sistem Pengaman dan Pembatas Eksitasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar