• Home
  • About Me
  • Katalog Buku
  • Video
  • Daftar Isi Buku

Kamis, 04 Juni 2015

Membuat Voltage Stabilizer Untuk Mobil/Motor

          Perlu sobat blogger ketahui bahwa fungsi pemasangan atau penambahan perangkat voltage stabilizer pada sistem pengisian accu pada mobil atau motor adalah untuk menstabilkan tegangan charger yang berasal dari dinamo (generator) mobil/motor menuju ke accumulator. Dengan tujuan agar accumlator, lampu-lampu dan peralatan kelistrikan lainnya menjadi lebih awet karena besar tegangannya stabil sesuai dengan tegangan peralatan kelistrikan pada mobil/motor tersebut dan tidak mungkin mengalami overvoltage.
          Perangkat voltage stabilizer ini bisa dibuat sendiri dengan biaya yang relatif murah, yang hanya terdiri dari beberapa komponen elektronik seperti elektrolit kondensator (Elco), kapasitor, resistor, LED, PCB, wadah (casing), kabel dan sepatu kabel (Cablescoon). Untuk lebih jelasnya skema rangkaian dan ukuran (spesifikasi) komponen-komponennya dapat dilihat pada gambar 1 dan gambar 2 di bawah ini. Sedangkan peralatan yang diperlukan untuk pembuatan perangkat voltage stabilizer ini antara lain adalah solder listrik dan kawat timah, multitester, tang potong, tang lancip (buaya), tang kombinasi, cutter dan obeng.

Gambar 1. Rangkaian voltage stabilizer untuk mobil/motor

Gambar 2. Komponen-komponen voltage stabilizer untuk mobil/motor

          Langkah-langkah pembuatan atau perakitan perangkat voltage stabilizer tersebut adalah sebagai berikut  :
1. Siapkan peralatan dan komponen-komponen yang diperlukan sesuai dengan spesifikasi ukuran pada skema rangkaian.
2. Buat jalur rangkaian pada PCB polos seperti pada gambar 3 dan gambar 4 di bawah ini dengan menggunakan spidol permanen atau cat, kemudian rendam ke dalam larutan FeCl.

Gambar 3. Jalur rangkaian tampak depan (atas) PCB

Gambar 4. Jalur rangkaian tampak belakang (bawah) PCB

3. Jika menggunakan PCB lubang-lubang buat jalur dengan menggunakan inti kabel NYA 1,5 mm atau 2,5 mm seperti pada gambar 5 di bawah ini.

Gambar 5. Jalur rangkaian menggunakan inti kabel NYA 1,5 mm atau 2,5 mm

4. Pasang komponen dengan measukkan kaki-kakinya pada lubang jalur PCB yang telah disediakan sesuai dengan skema rangkaian, kemduian solderlah dengan baik agar melekat kuat seperti terlihat pada gambar 6 berikut ini.

Gambar 6. Komponen-komponen voltage stabilizer yang telah terpasang pada PCB

5. Potong kabel serabut (NYAF) 4 mm berwarna merah dan hitam, masing-masing sepanjang 30 cm. Kemudian pasang sepatu kabel pada ujung-ujung kabel tersebut seperti terlihat pada gambar 7 berikut ini.

Gambar 7. Ujung-ujung kabel yang telah dipasang sepatu kabel

6. Pasang kabel warna merah untuk kutub positif dan kabel warna hitam untuk kutub negatif seperti terlihat pada gambar 8 berikut ini.

Gambar 8. Pemasangan kabel pada kutub-kutub rangkaian voltage stabilizer

7.  Kemas PCB rangkaian pada wadah (casing) yang telah disediakan seperti terlihat pada gambar 9 berikut ini.

Gambar 9. PCB rangkaian voltage stabilizer yang telah dikemas kedalam casing 

8. Uji coba perangkat voltage stabilizer dengan memberi sumber tegangan 12 VDC, hingga lampu LED menyala.seperti terlihat pada gambar 10 berikut ini.

Gambar 10 Uji coba voltage stabilizer hingga lampu LED menyala

9. Pasang perangkat voltage stabilizer paralel dengan kutub-kutub accumulator mobil/motor sesuai dengan skema yang ditunjukkan pada gambar 11 berikut ini.

Gambar 11. Skema pemasangan voltage stabilizer pada accu mobil/motor

30 komentar:

  1. Yang tepat itu utk aki 12V pakai MINICON , Komponennya sudah menggunakan teknologi jepang. Dijamin tidak akan meledak di colok melalui lighter, pakai kendaraan apa saja selama aki nya 12v.
    "GARANSI 10 TAHUN"
    Silahkan Call/W saya Loan di 081382831977

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joss, tp akan lebih bangga jika produk Indonesia bisa dipakai secara luas di negeri sendiri, #akucintaindonesia

      Hapus
    2. Saya bikin rangkaian ini cm habis 120 rb beli di glodok. Isi minicon sama persis kaya yg diatas.

      Hapus
  2. minicon isinya ini juga ya?

    BalasHapus
  3. Penjual minicon gak bakalan suka artikel ini..haha..tetap berbagi ilmu bro..good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat sendiri bisa kenapa harus beli, kenapa harus impor ?

      Hapus
  4. Bikin sendir beli kapasitor qualitas terbaik... Ngapain barang inpor jk isinya samimawon
    Hehehe

    BalasHapus
  5. Terima kasih ilmunya. Patut dicoba dan dibuktikan.
    Teman saya ada yg mencoba membuat voltage stabilizer menggunakan elco 10.000 mf 50 volt, kira kira berfungsi baik dan aman ga ya? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti saja skema rangkaian dan petunjuk di atas, kalau diluar itu silahkan diuji coba sendiri

      Hapus
  6. Saya sdh buat, belanja abis 50 rb an, ama casing sekitar 90 rb dan beres... lumayan drpd beli produk yg mahal isi dan fungsi nya sama

    BalasHapus
  7. betul kwn, minicon menang merek dan casing, isinya y kurang lbh capasitor, ditambah voltage meter. pura2 canggih.bagusan bkn sendiri bangga.

    BalasHapus
  8. Bisa dibuatin rangkaian yg bisa colok ke lighter kayak m*nicon gx, gan...? Bkn dipasang di aki langsung seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih lebih suka pasang di termial accu.
      Socket ligther bisa buat yang lain.

      Hapus
  9. Top Markotop Joss markojos duh badigdug ayo ciptakan karya anak bangsa untuk tidak komersil rezeki Allah yang ngatur ga usah takut bersaing, bro usul tambahkan Ahir dg kapasitor 12 A 10.000mf supaya arus Buster tersimpan oke bro semoga jadi ladang ibadah, wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitornya di tambahkan di bagian mana bang

      Hapus
  10. Bang kira2 casingnya ajah itu beli dimana yaa? Toko elektronik jual gak ya? Lagi butuh bang. Butuh casingnya ajah

    BalasHapus
  11. Bang...dlm rangkauan yg abang buat gak ada mosfetnya.
    Apa hasilnya sama dgn minicon?

    BalasHapus
  12. Bang...dlm rangkauan yg abang buat gak ada mosfetnya.
    Apa hasilnya sama dgn minicon?

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat artikel ini. produsen minicon ngga akan senang. pasang aja kapasitor bank yg buat audio sama juga hasilnya. hanya buat perbaikan stabilisasi dan memperbaiki harmonisa tegangan saja. buat mobil tua bisa nambah stabil tegangannya kalo mobil baru belum tentu ngaruh.

    BalasHapus
  14. Efek dari pemasangan rangkaian ini bener-bener sangat signifikan dikendraan. Josssss mantap

    BalasHapus
  15. Led nyala terus2an dong,kalau tidak ada switch nya.apa tegangan tidak berkurang kalau lama mobil saat di parkir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Led 1pcs ga ngefek ke aki yg sehat meski 1bulan full nyala tanpa di starter mobilnya

      Hapus
  16. Mas, kapasitor 10000mF/12A dipasang sesudah LED apa sebelum LED, terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas, Saya pakai motor matik ada efeknya nggak Ya? kalau dipasang, terima kasih.

      Hapus
  17. Mas ini WA Saya +6287738121475

    BalasHapus