• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Jumat, 09 Januari 2015

Membuat Elemen Pemanas Baking Pan Listrik

          Baking Pan Listrik merupakan peralatan listrik rumah tangga yang termasuk dalam kelompok pemanas, karena fungsi dari pada baking pan tersebut adalah untuk memanaskan atau memasakan adonan kue yang telah dituangkan ke dalam pan cetakan dan dimasukan ke dalamnya. Baking Pan Listrik ini biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk membuat kue basah seperti kue bolu, kue tart, black foreest ataupun kue lapis legit.

A.  Jenis-Jenis Baking Pan Listrik
          Menurut bentuk fisiknya baking pan listrik dapat dikelompokan menjadi dua macam yaitu Baking Pan Listrik bentuk bulat dan Baking Pan Listrik bentuk kotak persegi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Gambar 1. Baking Pan Listrik bentuk bulat



Gambar 2. Baking Pan Listrik bentuk kotak persegi

          Sedangkan menurut daya elemen pemanasnya Baking Pan Listrik terdapat dua macam yaitu Baking Pan Listrik dengan daya listrik 350 watt dan 450 watt dengan tegangan 220 volt AC.

B.  Elemen Pemanas Baking Pan Listrik
          Elemen pemanas merupakan bagian vital dari sebuah Baking Pan Listrik, karena melalui elemen pemanas inilah baking pan dapat menghasilkan energi panas sehingga dapat memasakan adonan kue. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa di pasaran elemen pemanas ini tersedia dalam dua ukuran daya listrik yaitu 350 watt dan 450 watt dengan tegangan 220 volt AC. Elemen pemanas ini terbuat dari kawat nicrom yang dililit berbentuk spiral dan diisolasi dengan manik-manik batu keramik tahan panas seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Gambar 3. Elemen Pemanas Baking Pan yang telah tersedia di pasaran

          Oleh karena seringnya frekuensi pemakaian baking pan, maka elemen pemanas ini sering mengalami kerusakan atau putus yang disebabkan antara lain oleh pemuaian panas, hempasan, hubung singkat (konsleting antara phasa dan neutral). Jika elemen pemanas putus atau rusak cara yang paling mudah adalah mengganti dengan elemen pemanas baru yang sudah tersedia di pasaran, tentunya harus disesuaikan dengan spesifikasi elemen pemanas yang lama. Tetapi jika tidak menemukan elemen pemanas yang sesuai dijual di pasaran, kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan kawat nicrom.
          Berdasarkan perhitungan rumus : R = (L x ρ) / q, dimana R = tahanan kawat nicrom (Ohm), L = panjang kawat nicrom (meter), ρ = tahanan jenis kawat nicrom dan q = luas penampang kawat nicrom (mm²). Maka didapatkan angka-angka sebagai berikut :
-  Jika menggunakan kawat nicrom berdiameter 0,3 mm, untuk kapasitas daya elemen pemanas 350 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 9 meter, sedangkan untuk kapasitas daya elemen pemanas 450 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 7 meter.
-   Jika menggunakan kawat nicrom berdiameter 0,25 mm, untuk kapasitas daya elemen pemanas 350 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 6,5 meter, sedangkan untuk kapasitas daya elemen pemanas 450 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 5 meter.
-  Jika menggunakan kawat nicrom berdiameter 0,2 mm, untuk kapasitas daya elemen pemanas 350 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 4 meter, sedangkan untuk kapasitas daya elemen pemanas 450 watt diperlukan kawat nicrom sepanjang 3 meter.

          Selanjutnya kawat nicrom sepanjang yang tersebut di atas digulung atau dililit seperti spiral dengan diameter sekitar 2 mm, kemudian diisolasi atau dimasuki manik-manik keramik tahan panas sampai kawat nicrom spiral tersebut tidak nampak lagi (tertutup habis) dan terakhir kedua ujung kawat nicrom spiral tersebut dibulatkan dengan diameter sebesar diameter terminal kontak baking pan, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


Gambar 4. Elemen Pemanas Baking Pan yang telah dililit berbentuk spiral

30 komentar:

  1. Izin belajar di blognya pa..
    Saya sedang belajar elektronik otodidak ..
    Maaf pa boleh tahu buku apa saja yg sudah di tulis ... ??

    BalasHapus
  2. Gimna cara bersihin nya ya yg bentuk persegi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal buka aja murbautnya terus bersihin kotoran yg menempel dengan kain basah atau larutan penghilang noda

      Hapus
  3. Hello bos... Saya butuh elemen trsebut 2 bh... Bisa di beli di mana yaa... Saya di padang.... Cm. 082213537897,,,
    Terima kasih... Ditunggu konfirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli di toko2 listrik/elektronik di kota anda. Atau bisa pesan ke 085249824004

      Hapus
  4. Izin bertanya gan, itu kedua ujung ny langsung di hubungkan ke listrik ya? Atau di beri komponen elektronik seperti dioda, mohon penjelasanya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya langsung dihubungkan ke sumber tegangan listrik, tanpa dihubungkan dengan komponen elektronik apapun, supaya didapatkan panas sesuai dengan daya yg telah diperhitungkan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Mau nanya ni ... Berapa harga element yg seperti pic ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya aja ke toko2 listrik/elektronik di kota anda. Atau bisa wa ke 085249824004

      Hapus
  6. Malam mas.. kalo pesan utk kebutuhan 10amper brp??? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 x 220 = 2200 w, kami tidak jual elemen yg berdaya 2200 w

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Pak mohon bantuannya.. Kalo saya mau membuat sendiri, kawatnya yg brp ohm aq pakai spy gk putus2? Panjangnya brp meter? Utk kebutuhan 10A

      Hapus
    4. Tinggal hitung aja dg rumus yg telah dijelaskan di atas

      Hapus
  7. Saya gak habis mikir kenapa enggak konslet listrik nya ya.a

    BalasHapus
  8. Hehee...belajar dulu rangkaian listrik ya, pada kawat elemen tsb kan ada tahanannya shg besar arus yg mengalir dihambat oleh besar tananan tsb

    BalasHapus
  9. Mau tny,oven daya 110 mau di ganti ke daya 220 gmna? Apa cuma ganti elemen atas dan bawah saja? (Misal Tanpa harus menggunakan trafo)

    BalasHapus
  10. Ya langsung ganti kedua elemen tsb dengan elemen yg bertegangan kerja 220 v

    BalasHapus
  11. bapak suhu, saya mau nanya nih,.... kalau buat spiral buat pemanas tp ukuran diameter 30-40cm ada gak yah,... mau buat box dryer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen bakingpan tsb bisa juga dipakai utk elemen box dg deameter 30-40 cm

      Hapus
  12. Bos alamat telp kantor nya? Aku perlu 450w 50bh? @rp?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Maaf bos mau nanya ,saya butuh elemen tegangan 220v dan arus 500w diameter berapa saya harus pakai kawat dan pamjangnya berapa ,terimakasi

    BalasHapus
  15. Pak maaf kalo mau beli kawat ini bisa

    BalasHapus
  16. Gimana cara memperbaiki jika arus bocor/nyetrum

    BalasHapus
  17. Tanya dong kenapa kalau element tidak menimbulkan konslet, tapi kalau kabel menimbulkan konslet.

    BalasHapus
  18. Mau tanya bos kalau kita beli elmen pemanas air masih perlu di tambah alat lagi tidak atau tingga sambung kelistrik saja mohon penjelasan nya trimakasi

    BalasHapus