• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Sabtu, 29 November 2014

Membuat Perpanjangan Kabel USB Extender

          Pada aplikasi antena-antena penerima sinyal wifi yang telah kita buat, khusunya antena yang harus dipasang di luar (outdoor) dengan ketinggian tertentu membutuhkan kabel yang panjang untuk dapat tersambung ke PC atau laptop. Karena antena outdoor tersebut membutuhkan koneksi line of sight, maka tidak jarang harus memasang antena outdoor pada ketinggaian tertentu untuk memperoleh line of sight agar tidak terhalang oleh apapun. Jika menggunakan kabel USB biasa jelas tidak akan mungkin karena pada umumnya kebel USB biasa pendek, dan jika dipaksakan disambung sampai panjang maka data akan loss di tengah jalan. Jika menggunakan kabel USB active extender harganya sangat mahal. Sehingga kita perlu memodifikasi kabel USB yang pendek tadi disambung dengan kabel UTP yang cukup panjang, maka akan didapatkan kabel USB extender.
         Untuk itu pada pertemuan kali ini penulis akan menyajikan artikel tentang cara pembuatan atau perpanjangan kabel USB extender, agar kabel USB extender tersebut bisa sampai ke atap genteng.  Tetapi dalam perpanjangan kabel USB dengan UTP ini ada beberapa persyaratan wajib yang harus diikuti. Adapun persyaratan wajib tersebut adalah :
1. Jika sobat blogger sudah mempunyai kabel UTP, maka cek duu kualitas kabel tersebut. Jika belum punya, silahkan beli kabel UTP baru yang berkualitas cukup baik dengan harga sekitar Rp. 800 ribuan per box. Jangan membeli kabel UTP di bawah harga tersebut, karena tentu saja kualitasnya kurang baik dan tidak dijamin perpanjangan kabel bisa lebih dari 5 meter. Ingat kualitas kabel UTP sangan menentukan perpanjangan kabel.
2.  Belilah kabel USB 2 dan jangan membeli yang USB 1, karena kualitasnya jauh berbeda tapi harganya hampir sama.

          Sedangkan alat dan bahan yang diperlukan serta cara pembuatan atau perpanjangan kabel USB Ekstender tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

Alat yang diperlukan :
1.  Cutter
2.  Solder listrik
3.  Gergaji besi

Bahan yang diperlukan :
1.  Kabel UTP (10 meter s/d 20 meter
2.  Kabel USB extender  (1 meter)
3.  Kawat timah solder
4.  Selotip / Isolasi tape
5.  Pipa PVC/Paralon kecil (5 cm x 2 buah)
6.  Thermofit (kondom kabel)

Cara Merangkai Kabel :
1. Potong ksbel USB 2 tepat di tengah-tengah, kenudian kupas sedikit ujung-ujung isolasinya sehingga kelihatan seratnya.
2. Ukur/hitung panjang kabel UTP yang telah dibeli tadi hingga 8 meter.
3. Sambung kabel USB yang telah dipotong tadi dengan kabel UTP seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. Cara penyambungan kabel UTP dan kabel USB

          Ada beberapa kiat khusus yang akan menyebabkan USB Extender ini berhasil, antara lain :
1.  Seting USB pada motherboard PC agar menjadi USB 1.1, jangan USB 2.0, karena USB 1.1 mempunyai kecepatan maksimum 10 Mbps jadi lebih reliable untuk dapat menjangkau jarak jauh dibandingkan dengan USB 2.0.
2.  Gunakan kabel Ethernet / UTP yang berkualitas baik, direkomendasikan merek Belden yang asli. Jangan pakai kabel UTP yang berkualitas jelek (abal-abal).
3.  Coba lebih dahulu dengan jarak pendek, misalnya 5 meter, jika berhasil tingkatkan jaraknya. Karena semakin panjang jaraknya, semakin tinggi tingkat kegagalannya.

Langkah Penyambungan Kabel USB Extender :
1.   Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat USB extender, seperti Kabel USB bawaan Wifi, Kabel UTP, Pipa PVC / Paralon kecil, Selotipe / isolasi tape dan Thermofit / Kondom kabel. Jika sulit utk memperoleh thermofit, dapat di akali dengan menggunakan solder dan lakban / plester.

Gambar 2. Bahan-bahan pembuatan kabel USB Ekstender

2.   Ambil kabel LAN / UTP untuk memperpanjang kabel USB, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
3.    Kupas kabel LAN / UTP di kedua ujungnya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 3. Ujung kabel LAN/UTP yang telah dikupas

4.   Potong kabel USB bawaan Wifi dan kelupas ke dua ujungnya agar terlihat serat kabel di dalamnya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. 

Gambar 4. Kabel USB yang telah dipotong dan dikupas kedua ujungnya

5.   Perhatikan warna kabel USB, biasanya, ada warna merah, hitam, dan putih, hijau. Merah dan hitam biasanya untuk tegangan daya 5V. Hijau putih biasanya merupakan kabel data USB,

Gambar 5. Warna-warna kabel USB

6.    Potong pipa PVC/Paralon kecil dan masukan pipa tersebut ke masing-masing ujung kabel UTP sebelum ujung-ujung kabel disambung dengan ujung-ujung kabel USB.

Gambar 6. Pipa PVC/Paralon kecil yang telah dimasukan pada ujung kabel UTP

7. Perhatikan baik-baik warna ujung kabel yang dijadikan satu, sehingga kita mempunyai "empat" kabel dari delapan kabel UTP, ujung-ujung kabel yang dijadikan satu adalah :
a.  Kabel UTP Putih oranye – Oranye (2 kabel) disatukan untuk dihubungkan dengan pin +5V (kabel USB Merah)
b.  Kabel UTP Putih hijau (1 kabel) dihubungkan dengan pin Data + (kabel USB Putih)
c.  Kabel UTP Hijau (1 kabel) dihubungkan dengan pin Data – (kabel USB Hijau)
d. Kabel UTP Putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel) disatukan untuk dihubungkan dengan ground (kabel USB Hitam).

Gambar 7. Cara penyambungan kabel USB dengan kabel UTP

8.   Siapkan kabel UTP untuk di sambungkan ke kabel USB. Masukan thermofit / kondom kabel ke kabel USB. Perhatikan baik-baik warna kabel UTP yang di siapkan untuk di sambung ke kable USB, seperti terlihat pada gambar dan tertulis pada tabel di bawah ini.

Gambar 8. Ujung-ujung kabel UTP yang akan disambung dengan kabel USB

     NO
Kabel UTP
Kabel USB
1
Putih oranye – Oranye (2 kabel)
Merah
2
Putih hijau (1 kabel)
Putih
3
Hijau (1 kabel)
Hijau
4
Putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel)
Hitam


9.  Pastikan semua kabel telah tersambung dengan baik menggunakan thermofit / kondom kabel.

Gambar 9. Kabel UTP yang telah tersambung dengan kabel USB

10. Setelah yakin bahwa sambungan kabel menggunakan thermofit berhasil di lakukan dengan baik. Tutup semuanya menggunakan pipa pvc kecil. Selotape dengan baik semua ujung pipa pvc kecil agar kuat tertutup dan menempel ke kabel USB / UTP. Selesai sudah pembuatan USB extender agar kabel USB dapat cukup panjang mencapai atap.

Gambar 10. Kabel USB Extender yang telah jadi

11. Jika kita menginginkan kabel USB extender yang lebih panjang / jauh, tampaknya ada baiknya menggunakan kabel USB repeater sepanjang 5 meter sebelum di injeksikan ke kabel USB extender yang panjangnya bisa mencapai 20 meter.

Gambar 11. Kabel USB Extender disambung dengan kabel USB Repeater

Catatan :
1.  Konstruksi kabel USB extender ini tanpa di tambah apa-apa dapat mencapai jarak 10 meter dengan baik.
2.   Teknik untuk mencapai jarak sedemikian panjang (20 meter) tidak mudah dan banyak yang mengalami kegagalan dalam mencapai jarak yang sedemikian jauh.

Kemungkinan Penyebab Kegagalan Penayambungan Kabel USB Extender :
          Setelah digunakan ternyata kabel USB extender terdeteksi tapi REGNORIZZE, maka kemungkinan penyebab Trouble Shoootihng tersebut adalah :
1.  Kualitas kabel UTP Jelek (Kabel UTP kepanjangan), jika kualitas kabel UTP bagus seharusnya bisa mencapai jarak 15 meter, jika kualitas kabel UTP agak bagus (sedang) bisa mencapai jarak 8 – 9 meter dan jika kualitas kabel UTP jelek hanya bisa mencapai jarak 5 meter.
2.   Kedua ujung kabel tidak konek (Solderan tidak melekat), sebelum menyolder serat kabel tembaga antara ujung kabel UTP dan kabel USB sebaiknya rekatkan atau pilin telebih dahulu kedua ujung kabel tersebut baru kemudian disoder.
3.  Salah PORT pada konfigurasi, perpanjangan kabel ini lebih efektif digunakan pada USB Port 1, jadi seting saja pada device manager atau lewat BIOS lalu pada bagian USB Port 2 didisable terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan USB Port 1 memang menghantarkan Power lebih banyak daripada USB Port 2, sedangkan USB Port 2 memang menghantarkan data lebih banyak.
4.   Data losses, pada sambungan (solderan) jangan lupa di plester atau diisolasi yang bagus, karena dikhawatirkan nantinya ada serat kabel yang menempel satu sama lain atau konslet.

7 komentar:

  1. Cara yang paling mudah membuat extension kabel usb menggunakan utp cable, menggunakan RJ45 to usb kabel gan, ane buktikan sudah berhasil hingga 25 meter.bisa dlihat disini https://www.youtube.com/watch?v=mBbonGRaKuU
    yang mau tanya2 nie pin bb:5a3cea53, minat hanya 60000

    BalasHapus
  2. Mas saya mau tanyak nie untuk melihat settingan usb nya itu di laptop dan PC di mana ya?
    Apakah Klau pake settingan 1.1 bisa di pake semua usb ya mas takutnya dak bisa mas tolong bantu saya ini pin saya 513C715E

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sistem informasi USB matherboard PC atau laptop, ya bisa

      Hapus
  3. Saya sudah coba dengan kabel utp 15m. Tapi data tidak samapai di laptop. Kalo di pakai mouse bisa. Kenapa ya bang. Apa hanya suppord dengan pc aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop jg bisa, pakai mouse ataupun gak pakai mouse

      Hapus
  4. Apa kabel yang di sambung bisa conek dengan webcam gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa juga asal pc atau laptop mendukung

      Hapus