• Home
  • About Me
  • Katalog
  • Video
  • Daftar Isi

Jumat, 25 April 2014

Sejarah Perkembangan Sumber Cahaya 7

LAMPU DOME LED

          Lampu LED adalah jenis lampu listrik terkini yang dikembangkan dari teknologi LED. Teknologi LED sendiri sebenarnya teknologi yang sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang hobi elektronika, karena LED merupakan salah satu bahan semikonduktor seperti halnya komponen deoda, transistor dsb yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronika. Dalam hal ini LED adalah deoda yang dapat mengeluarkan cahaya sesuai dengan kepanjangan dari singkatan LED (Light Emition Deodes). Konstruksi dan simbol LED dalam rangkaian elektronika ditunjukkan seperti pada gambar 1 berikut ini.


Gambar 1. Konstruksi dan simbol LED 

          Saat ini LED tidak hanya digunakan untuk komponen rangkaian elektronika, tetapi sudah berkembang untuk lampu penerangan listrik baik untuk penerangan ruangan/kabin kendaraan (mobil), penerangan ruangan rumah/gedung, penerangan jalan raya maupun untuk lampu hias dan reklame pada pusat-pusat hiburan dan pertokoan. Lampu LED adalah lampu masa kini dan masa depan yang SUPER HEMAT dan RAMAH LINGKUNGAN , dan juga TAHAN sampai dengan 10 Tahun ( >50.000jam) .
          Secara teori, teknologi LED banyak memberikan manfaat apabila dibandingkan dengan menggunakan teknologi lampu pijar, antara lain seperti ditampilkan pada tabel 1di bawah ini.

Tabel 1. Karakteristik Lampu LED VS Lampu Pijar
Karakteristik                                          Lampu LED                                        Lampu Pijar
Umur pakai rata-rata                              100.000 jam                                         2.000 jam
Pengaruh seringnya on/off terhadap
umur pakai                                               Tidak berpengaruh                              Berpengaruh
Suhu kerja                                                 Rendah                                                Tinggi
Kebutuhan daya listrik                              Kecil                                                    Besar


          Namun pada kenyataannya, teori atau pernyataan yang menyatakan bahwa umur pakai lampu LED yang hingga 50 kali lipat dari umur pakai lampu pijar, lampu SL, lampu halogen dan sejenisnya tidaklah sepenuhnya benar, karena proses produksi (kualitas produksi) hingga material yang digunakan untuk membuat LED tersebut sangat mempengaruhi umur pakai LED itu sendiri.. LED yang cepat mati umumnya termasuk kategori produk abal-abal atau KW10, karena material/komponen yang digunakan tidak dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

          Untuk bahasan kali ini kita akan membahas tentang penggunaan teknologi LED untuk penerangan kabin/interior ruangan kendaraan/mobil yang biasa dikenal dengan dome light. Sedangkan tentang penggunaan teknologi LED untuk penerangan ruangan rumah/gedung, penerangan jalan raya dan lampu hias/reklame masing-masing akan kita bahas pada pertmuan-pertemuan berikutnya. 
          Bentuk dan jenis lampu dome led yang ada di pasaran banyak macamnya, mulai dari bentuk lampu yang sederhana hingga yang lebar untuk dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dan merata (lihat gambar 2). Seperti yang disebutkan di atas, dome led tetap punya kemungkinan mati/putus, namun tidak seperti lampu pijar, jika putus maka sama sekali tidak akan ada cahaya dan sama sekali tidak bisa diperbaiki.


Gambar 2. Macam-macam bentuk lampu dome led

           Lampu dome led umumnya menggunakan rangkaian Seri-Paralel dengan resistor penurun tegangan. Rangkaian seri membuat sederetan LED akan mati jika salah satu dalam rangkaian tersebut ada yang putus/terbakar, namun jika salah satu LED yang putus/terbakar tadi telah diganti maka sederetan lampu LED tersebut akan menyala kembali. Rangkaian Seri-Paralel Dome led menggunakan resistor untuk menurunkan tegangan. Kualitas penyolderan komponen LED tentunya akan mempengaruhi kecerahan dan umur pakai lampu Dome led. 
          Gambar-gambar di bawah ini memperlihatkan perbandingan cahaya yang dihasilkan oleh lampu pijar dibandingkan dengan LED yang digunakan pada kabin mobil (dome light). Lampu pijar mempunyai ciri khas dengan cahaya yang sedikit kekuningN dan lembut, sementara LED menghasilkan cahaya putih terang dengan sedikit kebiruan. Cahaya penerangan LED membuat interior mobil seperti disinari oleh lampu neon (putih).


Gambar 3. Perbandingan cahaya lampu pijar dengan lampu LED



Gambar 4. Cahaya interior mobil menggunakan lampu pijar



Gambar 5. Cahya interior mobil menggunakan lampu LED

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar