• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Senin, 07 Agustus 2017

Pekerjaan Instalasi Pipa Reaktor Biogas

          Instalasi pipa merupakan penghubung antara reaktor dengan instalasi kompor di dapur dan berfungsi menyuplai gas yang dihasilkan di reaktor biogas tersebut.Untuk sistem penyuplai gas ini digunakan pipa PVC dan pipa besi. Diameter pipa besi dan pipa PVC yang digunakan adalah sebesar ½ inchi. Pemasangan instalasi jaringan pipa ke rumah bisa terletak di atas atau ditanam di dalam tanah dengan kedalaman 30 cm minimal. Karena umumnya diperlukan pipa yang cukup panjang, maka pipa harus disambung dengan menggunakan fitting. Setiap fitting harus dililit dengan selotip teflon pipa. Berhubung kebocoran gas dapat terjadi pada sistem perpipaan, maka sebaiknya sambungan pipa diminimalisir agar dapat mengurangi peluang kebocoran gas. Selain gas, reaktor juga menghasilkan air. Air yang terperangkap di dalam gas dapat mengakibatkat tidak lancarnya aliran gas yang menuju kompor. Salah satu indikator bahwa terdapat air yang terperangkap di dalam pipa adalah nyala api di kompor yang bercampur warna kuning. Untuk membuang air yang terperangkap tersebut, maka dibuatkan instalasi Water drain. Water drain diletakkan pada titik terendah pada jaringan pipa, sedangkan jumlah Water drain dimungkinkan lebih dari satu, tergantung pada kondisi lapangan.

Gambar 1. Jalur instalasi pipa gas

          Langkah-langkah pemasangan instalasi pipa reaktor biogas adalah sebagai berikut :
1. Pasang pipa penyambung antara pipa gas utama dengan pipa PVC yang telah tersedia dan memenuhi standar pada pipa gas utama.

Gambar 2. Memasang pipa penyambung

2. Pasang pipa PVC dari pipa gas utama hingga ke dapur atau tempat lain dimana kompor atau lampu terdapat.

Gambar 3. Memasang pipa PVC dari pipa gas utama hingga ke dapur

3. Tentukan letak titik terendah dari jaringan pipa PVC tersebut dimana Water drain akan dipasang, bila perlu dengan melakukan penggalian tanah.

Gambar 4. Menggali tanah untuk kotak water drain

4. Konstruksi Water drain adalah sebagai berikut,

Gambar 5. Skema konstruksi kotak water drain

Gambar 6. Konstruksi kotak water drain dengan pasangan bata

5. Contoh kasus Water drain tanpa menggunakan kotak pelindung.

Gambar 7. Water drain tanpa kotak pelindung

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    BalasHapus