• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Jumat, 24 Mei 2013

Software VEDCLEMPS

SOFTWARE PROGRAM MIKROKONTROLER VEDCLEMPS

          Pada pertemuan yang keempatbelas untuk sesi sistem mikrokontroler kali ini kita lanjutkan dengan membahas software program mikrokontroler VEDCLEMPS. Mikrokontroler VEDCLEMPS dilengkapi dengan software VEDCLEMPSWIN For Windows yang tersedia dalam satu disket HD 1,44 MB. Untuk menginstall software ini, kita hanya memasukan disket VEDCLEMPS ke drive A dan jalankan file SETUP.EXE yang terdapat pada direktori A:\VEDCLEMP. Dari hasil setup, kita akan mendapatkan program VEDCLEMPS berbahasa Indonesia yang dipergunakan untuk membuat program mikrokontroler.
          Selain program utama VEDCLEMPS WIN, disertakan pula beberapa contoh program aplikasi mikrokontroler yang disediakan dalam direktori c:/VEDCLEMP/PROG. Pada direktori ini diperlihatkan contoh program digital untuk menyalakan deretan led, aplikasi pulsa wide modulation (PWM) untuk program suara notasi lagu, mengakses LCD 4 baris 20 kolom, contoh progran interupt, lampu lalu lintas dan led matrik. Selain program contoh tersebut, disertakan pula sebuah program aplikasi under windows Analag dan Digital Input/ Output Test yang tampil pada layar monitor sekaligus sambung melalui RS 232 ke modul mikrokontroler VEDCLEMPS.

Gambar 1. Jendela Utama Software VEDCLEMPS

          Dari program aplikasi ini kita dapat mengkomunikasikan komputer dan mikrokontroler melalui RS232 untuk membaca dan mengirim data. Melalui tombol mouse kita dapat menghidupkan deretan led yang tersambung pada PORTA , membaca deretan saklar pada PORTG serta data analog yang masuk ke PORTE dari mikrokontroler VEDCLEMPS.
          Modul Mikrokontroler VEDCLEMPS memungkinkan untuk dipergunakan sebagai alat pelatihan mikrokontroler yang ideal karena selain didukung oleh software yang baik juga dilengkapi dengan beberapa modul lain yang mendukung proses pembelajaran antara lain :
- Modul Sevent Segment, untuk display counter, jam, stopwatch, scoring board.
- Modul Input Output Test, untuk membuat simulasi program besar, penampil biner 8 bit, masukan 8 bit serta aneka program deretan led.
- Modul Input Analog Test, untuk pembuatan program masukan analog, voltmeter, kecepatan motor, pulsa wide modulation (PWM), simulasi tegangan ke perubahan teperatur dan lainnya.
- Modul suara, untuk pembuatan program suara berupa alam, lagu dan pulsa wide modulation (PWM).
- Modul Led Matrik, untuk display teks panjang yang atau bergerak horizontal maupun vertikal serta segala animasi teks.
- Modul Motor Steper, untuk program pengaturan putaran motor steper.
- Modul Model Lampu Lalu Lintas (Traffic Light)
          Selain dukungan hardware dengan tersedianya macam-macam modul percobaan serta program VEDCLEMPSWIN, pada extended EPROM yang terpasang pada modul mikrokontroler juga dilengkapi fasilitas tambahan program monitor yang lengkap dengan fungsi-fungsi yang sangat diperlukan dalam pembuatan program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar