Setelah sistem
AC telah terkontaminasi atau mengalami gagal melakukan kinerja pendinginan,
bagian yang paling penting dari servis AC untuk mengembalikan kinerja
pendinginan tersebut adalah dengan melakukan FLUSHING sistem AC. Tanpa prosedur
flushing yang tepat, membersihkan dan memasang ulang kompresor baru kemungkinan
yang nyata untuk mengembalikan kinerja pendinginan sistem AC tidak akan
tercapai.
A. PENGERTIAN
FLUSHING
Flushing dilakukan dalam
rangka untuk menghilangkan semua kontaminasi (kotoran) dari sistem AC. Dengan
flushing partikel terkecil dari kontaminasi penyebab masalah dan terhambatnya
fungsi kompresor dengan baik dapat diatasi. Flushing dapat membersihkan sekitar
1/10 satu sendok teh serpihan (kotoran) yang benar-benar menghambat aliran
refrigeran dan minyak dalam sistem AC mobil. Prosedur flushing dan pembersihan
yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan flushing dan
cleaning sistem AC mobil.
B. KENAPA
DAN KAPAN DILAKUKAN FLUSHING
Kompresor AC harus dilumasi setiap
saat, karenaa kompresor AC adalah bagian yang hanya bergerak pada seluruh
sistem AC dan satu-satunya alasan kenapa kompresor AC harus diberi minyak dalam
sistem. Oleh karena minyak beredar di seluruh sistem, yang berarti bahwa semua
komponen seperti kondensor, selang, tabung, evaporator, drier, dan akumulator memiliki
beberapa lapisan minyak di dalamnya (internal). Jika kotoran, serpihan atau
kontaminasi terjadi dalam sistem AC semua komponen tersebut dapat terpengaruh.
Melepaskan minyak dan lapisan (film) minyak di dalam komponen sistem AC akan
menghilangkan semua kontaminasi dari sistem AC. Dalam hal ini adalah minyaklah
yang menarik, mengumpulkan dan mempertahankan kontaminan dalam sistem AC. Makan
menghilaangkan minyak bekas sama dengan menghilangkan atau membersihkan kontaminasi.
Sistem AC harus di-flushing setiap
kali kompresor AC sedang diperbaiki (diganti) atau apabila terdapat indikasi
kontaminasi dalam sistem AC. Biasakan untuk membersihkan dan memeriksa tabung
orifice (jika sistem dilengkapi dengan komponen tersebut). Tabung orifice
dengan penyaring inlet filter akan selalu menjelaskan tentang kondisi sistem AC
mobil. Setiap serpihan kotoran atau bahan asing yang ditemukan pada tabung
orifice harus menyebabkan kita untuk mencari indikasi lain dari kontaminasi.
Gambar 1. Tabung Orifice
C. CARA
MELAKUKAN FLUSHING & CLEANING
Langkah-langkah melakukan flushing & cleaning adalah sebagai berikut :
1. Mengeluarkan
Refrigeran
Recoveri semua refrigeran sesuai
dengan kebutuhan sistem AC.
2. Membongkar
sistem AC dan melepas komponen yang tidak perlu di-flushing
Jangan pernah mencoba untuk flushing
komponen-kompone sebagai berikut High Side Muffler Assembli, Receiver Drier, Akumulator,
Kompresor, Katup Ekspansi atau Tabung Orifice.
Komponen
yang seharusnya tidak perlu di flushing
a. Blok
Konvensional Jenis Katup Ekspansi
Blok jenis katup ekspansi seperti
pada gambar 2 di bawah ini tidak boleh di-flushing Jika kita pikir terdapat
hambatan atau penyumbatan pada katup ini, maka harus diganti dengan yang baru.
Gambar 2. Blok Katup Ekspansi
b. Drier
dan Akumulator
Drier dan akumulator harus diganti
setiap kali melakukan flushing sistem AC.
Gambar 3. Drier dan Akumulator
c. High
Side Muffler Assembli
Komponen ini digunakan pada beberapa
sistem AC mobil untuk mengurangi apa yang disebut "pumping noise" dari
sebuah kompresor. Desain komponen ini tidak memungkinkan di-flushing untuk membersihkan
dan menghilangkan semua serpihan kotoran. Bahkan desain muffler yang lebih tua termasuk
bagian-bagian kecil di dalamnya yang dibongkar terdapat serpihan kotoran ketika
kompresor gagal bekerja.. Jika kita pikir terdapat hambat atau penyumbatan pada
komponen ini, jangan mengambil risiko apapun untuk mem-flushing-nya, sebaiknya
mengganti dengan komponen yang baru.
Gambar 4. High Side Muffler Assembli
d. Tabung
Orifice
Tabung orifice terdapat macam-macam warna
yang berbeda tergantung dari aplikasi sistem AC mobil yang digunakan. Tidak
semua sistem AC mobil dilengkapi dengan tabung orifice. Tabung orifice harus
diganti setiap kali melakukan lushing sistem AC mobil.
Gambar 5. Macam-Macam Warna Tabung Orifice
e. Kompresor
Tidak pernah sebuah kompresor AC di
flushing, dan tidak pernah ada waktu, tanpa alasan yang harus kita mengerti
untuk memasukkan larutan (solvent) flushing ke dalam kompresor AC.
Gambar 6. Kompresor AC Mobil
3. Membongkar
Komponen Sistem AC Yang Di-flushing
Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita
harus melakukan flushing setiap komponen sistem AC secara masing-masing (individual).
Melakukan hal yang akan memberikan hasil yang lebih baik dan benar-benar akan
menjadi lebih cepat. Pada umumnya untuk menghindari kegagalan kita harus
konsentrasi pada flushing sisi tinggi dari sistem ditambah sisi rendah pipa
(hose) yang terhubung ke kompresor. Oleh karena itu kita harus melakukan
flushing komponen-komponen sebagi berikut :
a. Pipa
(Hose) dari kompresor ke kondensor
Jika pipa ini mencakup muffler
assmbli, maka muffler assembli harus diganti dengan yang baru.
b. Kondensor
Kebanyakan desain kondensor dapat
di-flushing dan dibersihkan dengan baik. Pada kebanyakan aplikasi sistem AC
mobil model terbaru menggunakan aliran paralel atau desain tabung piccolo,
dengan lintasan tabung yang sangat kecil. Flushing kondensor AC tergantung pada
kontaminasi dan serpihan kotoran dalam kondensor, jika kontaminasi dan serpihan
kotoran terlalu banyak mungkin mustahil untuk membersihkannya dengan baik dan mungkin
kondensor harus diganti.
Gambar 7. Kondensor AC Mobil
Untuk mendapatkan hasil terbaik saat flushing
kondensor AC, sebaiknya keluarkan kondensor dari kendaraan (mobil). Tambahkan secukupnya
larutan flush untuk pembukaan dan goyangkan kondensor secara bolak-balik. Hal ini
akan membantu mendistribusikan larutan flush dan melepasrkan minyak dan
kontaminan di seluruh kondensor. Setelah prosedur ini dilakukan, gunakan
prosedur flushing biasa untuk memastikan kita telah menghilangkan semua
kontaminan yang ada.
c. High
Side Liquid Hose dari
kondensor ke :
- Receiver drier (dan kemudian hose dari
drier ke katup ekspansi) atau
- Tabung orifice, ini akan tergantung pada
desain sistem AC tertentu yang kita flushing. Jika kita menghadapi kontaminasi
yang ekstrim (minyak gelap atau hitam) dianjurkan bahwa kita juga harus
mem-flushing evaporator.
- Suction hose harus terpasang ke
kompresor.
d. Evaporator
Ketika flushing evaporator (hanya
dilakukan dalam kasus ekstrim kontaminasi yang serius) kita harus melepasnya
dari kendaraan (mobil) sehingga komponen dapat diatur untuk memindahkan larutan
(solvent) flush sepanjang dan memungkinkan untuk pengeringan lengkap dari seluruh
minyak dan larutan flush. Oleh karena konfigurasi desain evaporator, maka hampir
tidak mungkin untuk "meniup keluar" seluruh minyak dan larutan flush
jika evaporator tetap terpasang di kendaraan (mobil).
Setelah melakukan flushing,
tinggalkan evaporator terbuka di udara bebas setidaknya selama 24 jam.
Menyemprotkan atau mengalirkan gas bertekanan (udara kering atau nitrogen)
berjalan melalui evaporator akan membantu untuk menguapkan larutanflush yang
mungkin masih terjebak dalam evaporator. Setiap kali melakukan flushing
evaporator dan rencana untuk menvakum sistem AC setidaknya selama 2-3 jam.
Gambar 8. Evaporator AC Mobil
4. Memulai
Flushing
Tergantung pada metode flushing yang
kita gunakan, dapat dimulai dengan mendapatkan beberapa larutan flush hingga komponen
yang diperlukan. Gunakan gas bertekanan (udara kering atau nitrogen) untuk
mendorong larutan flush melalui komponen. Pegang wiper bersih pada ujung
komponen yang kita flushing secara berhadapan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk
menerapkan beberapa tekanan kembali (memegang dan melepaskan wiper untuk
bertindak sebagai plug). Bantuan ini untuk mengusir dan menghilangkan kotoran
yang mungkin terjebak dalam tempat yang sulit dijangkau. Pastikan untuk
melakukan prosedur flush yang sama dalam dua arah, dan melakukan beberapa kali
pada setiap komponen.
Setelah melakukan flushing komponen,
biarkan komponen terbuka di udara bebas setidaknya selama 1 jam untuk
memastikan sisa larutan flush telah menguap. Perlu diingat bahwa komponen AC
tidak akan pernah bisa menjadi "sangat bersih", tetapi jika masih ragu
akan kebersihan komponen AC tersebut, kita daapat melakukan flush ulang dalam dua
arah..
5. Merakit
Ulang atau Mengganti Komponen
Pasang kembali semua komponen,
penggantian receiver drier atau
akumulator harus dipasang lebih dahulu sebelum divakum. Kita juga akan
memerlukan ring-O baru dan atau gasket untuk setiap koneksi komponen yang masih
terpisah. Ketika memasang ring-O baru atau gasket, tidak perlu menggunakan minyak
PAG atau ESTER untuk melumasi seal. Minyak ini sangat higroskopis (menarik kelembaban)
dan menerapkan minyak untuk seal pada sendi sambungan bisa menyebabkan karat
atau korosi pada sendi sambungan itu. Sebaiknya selalu gunakan pelumas yang
dirancang untuk seal ring-O.
6. Membersihkan (Cleaning) Sistem AC
Untuk mendapatkan hasil terbaik,
setelah sistem AC dirakit/dipasang, tapi sebelum benar-benar diseal, bersihkan
sistem AC dengan gas nitrogen. Gunakan selang karet berujung pistol semprot
dengan seting regulator tekanan gas nitrogen antara 5,0 - 7,0 bar, semprotkan
gas nitrogen melalui sistem AC. Halini akan membantu untuk menghilangkan
kelembaban yang mungkin masih tertinggal dalam sistem AC setelah di-flushing,
dan juga membantu untuk mengurangi jumlah total waktu yang dibutuhkan untuk
mencapai kedalaman vakum sistem AC.
Gambar 9. Selang Semprot Dilengkapi Regulator Tekanan
7. Memvakum,
Mengetes Kebocoran dan Mengisi Ulang
Dengan dirakitnya kembali sistem AC
secara lengkap, kita siap untuk mulai memvakum. Kedalaman vakum harus dilakukan
untuk setidaknya selama 1 jam pada setiap sistem AC yang telah di-flushing.
Sedangkan ketika evaporator telah di-flushing, dianjurkan untuk divakum minimal selama 2 jam.
Setelah kondisi vakum telah dicapai,
metode cepat yang dapat kita gunakan untuk menguji kebocoran sistem AC adalah
dengan memeriksa bahwa setelah beberapa saat sistem masih dalam kondisi vakum.
Tetapi metode ini tidak 100% dapat diandalkan karena banyak sistem AC akan mengalami
kebocoran di bawah tekanan tetapi tidak di bawah vakum. Metode ini lebih baik, hanya
saja mengharuskan kita menutup sumber vakum (off) untuk waktu yang singkat dan
memperhatikan penunjukkan pressure gauge. Jika terdapat penurunan/pengurangan
vakum, berarti kemungkinan masih ada kelembaban dalam sistem AC atau ada
kebocoran sistem AC. Selanjutnya kita harus melakukan vakum lagi selama 15
menit dan melakukan tes ulang.
Setelah vakum dipastikan selesai,
kita siap untuk memulai mengisi refrigeran. Sebelum mengisi refrigeran akukan
tes kebocoran pada semua sendi sambungan yang telah dibongkar. Kita dapat
menggunakan alat detektor kebocoran elektronik atau tes kebocoran eksternal
cairan yang dirancang untuk menunjukkan gelembung terkecil pada titik
kebocoran.
Saat pengisian, selalu gunakan
spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya untuk jumlah
refrigeran yang harus kita isikan. Setelah diisi, sebelum menghidupkan sistem
AC, pastikan telah "mencoba dengan tangan" kopling kompresor
setidaknya sebanyak 10 kali. Yang akan menjamin beberapa cairan (refrigeran dan
minyak) secara perlahan dihilangkan dari kompresor, dan tidak akan mengalami
hidrolik terkunci pada saat start up. Hal ini penting dilakukan untuk memantau
pembacaan pressure gauge setelah start up.
8. Melumasi
Kompresor
Semua kompresor TEAMEC telah disuplai
minyak pelumas dengan jumlah yang tepat sesuai keperluan sistem AC secara
lengkap. Jangan menambahkan minyak ekstra kedalam sistem AC. Jumlah total
minyak yang ditambahkan tidak harus melebihi total kapasitas sistem AC. Dengan
menambahkan minyak ekstra dalam suatu sistem AC seperti yang dijelaskan di atas
akan merusak/menghancurkan sistem AC, kecuali telah dilakukan flushing lengkap secara
total.
D. DISCLAIMER
DAN PERINGATAN
1. Disclaimer
Semua informasi teknis yang diberikan
telah dikumpulkan dari pabrik pembuatnya dan / atau sumber teknis lainnya yang
telah diakui. Sementara jika ada sumber informasi lain yang diyakini akurat,
penulis tidak menjamin atau merepresentasi keakuratannya dan tidak bertanggung
jawab atas kesalahan atau kelalaian. Oleh karena itu, pembaca bertanggung jawab
untuk memverifikasi informasi tersebut dan bagaimana seharusnya digunakan atau
diterapkan dalam kondisi pengoperasian mereka sendiri. Pembaca bertanggug jawab
atas semua risiko yang terkait dengan penggunaan atau interpretasi atau
informasi yang diberikan. Tidak ada jaminan bahwa informasi ini diberikan
secara langsung berkaitan dengan sistem AC kendaraan (mobil) anda yang
mengalami gejala atau masalah khusus.
2. Peringatan
Selalu memakai pelindung mata ketika
melakukan servis sistem AC. Refrigeran dan sistem AC berada di bawah tekanan. Tumpahan
dan kebocoran berkelanjutan dari refrigeran apapun dapat menyebabkan cedera
atau kerusakan. Oleh karena itu sepenuhnya terserah kepada pembaca informasi
ini untuk mengambil segala tindakan pencegahan dan proteksi yang diperlukan.